Spot Foto Berlayar di Atas Awan – Jurang Tembelan

Jurang Tembelan – Tempat-tempat wisata dengan panorama alam dari ketinggian dan spot selfie yang menarik telah menjadi tren bagi anak muda yang gemar berpetualang ke tempat-tempat alam untuk menghiasi setiap frame pada kamera atau akun sosial media mereka. Banyak tempat-tempat wisata alam yang kini menggabungkan panorama-apnorama nuansa alam dengan berbagai bentuk spot menarik untuk berfoto yang tentunya memiliki ciri khas nya masing-masing di setiap tempat.

Jurang Tembelan – Photo by @astrie_citra

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Jurang Tembelan

Jurang Tembelan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Bantul, Jogja. Jurang Tembelan Kanigoro letaknya bersebelahan dengan puncak kebun buah mangunan, dan juga merupakan salah satu spot menarik untuk menikmati pemandangan dari tepi jurang sungai Oya. Dahulu, tempat ini merupakan sebuah lading dari masyarakat sekitar dlingo, namun kemudian seiring berjalannya waktu, tempat ini dibuka oleh warga setempat untuk diusahakan menjadi tempat wisata menikmati pemandangan alam. Jurang Tembelan ini tergolong sebagai tempat wisata baru di bantul yang mulai hits karena adanya spot selfie gardu pandang berbentuk kapal dengan pemandangan kabut tebal, perbukitan lembah, dan lika-liku sungai Oya. Wisata ini baru dibuka di Kota Yogyakarta pada bulan Agustus 2016.

Jurang Tembelan dibangun atas ide para kelompok umum di desa Kanigoro. Awalnya Jurang Tembelan hanyalah merupakan sebuah tempat dilengkapi kios-kios penjual makanan yang dibuka dengan tujuan sebagai tempat singgah atau beristirahat setelah habis berkunjung dari bukit panguk.

Jurang Tembelan Kanigoro Bantul kini menjadi salah satu tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sedang populer. Bisa dibilang, Jurang Tembelan juga merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk berfoto selfie di spot-spot selfie unik yang telah disediakan, dan juga untuk memotret pemandangan sunrise atau matahari terbit.

Lokasi Jurang Tembelan

Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro Bantul letaknya tidak jauh dari Gardu Pandang Mangunan yang berada di dekat Kebun Buah Mangunan. Selain Jurang Tembelan, lokasi lain yang juga dijadikan tempat wisata untuk berburu foto matahari terbit biasanya di tempat wisata Bukit Panguk. Namun banyak juga wisatawan-wisatawan terutama wisatawan luar kota yang lebih memilih Gardu Pandang Mangunan untuk mengabadikan momen melihat matahari terbit.

Bagi anda yang tertarik ingin berlibur ke tempat wisata alam Jurang Tembelan ini, anda bisa datang langsung ke alamat Jurang Tembelan yang berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 km dan dapat ditempuh dengan transportasi darat kurang lebih satu setengah jam. Jurang Tembelan memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Setiap akhir pecan atau hari libur, tempat wisata yang berada di kawasan Mangunan ini hampir selalu ramai dipadati oleh para remaja muda dan juga pasangan muda-mudi yang ingin datang untuk sekedar berfoto selfie di spot-spot unik.

Jurang Tembelan – Photo by @ingrid_hapsari

Tempat wisata Jurang Tembelan Imogiri Jogja sudah dilengkapi dengan adanyawarung kopi, jadi para wisatawan bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunrise tiba. Namun cukup agak sulit untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan Gunung Kidul ini. Karena biasanya kabut dan awan selalu turun menyelimuti pemandangan terutama saat musim hujan tiba. Waktu terbaik untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan ini tentu saja pada musim kemarau. Karena akan lebih mudah untuk mendapatkan momen sunrise. Sedangkan jika datang pada musim hujan, suasana akan tertutup kabut tebal dan awan. Jalanan menuju lokasi saat itu juga sangat licin.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Salah satu daya tarik dari Jurang Tembelan adalah pemandangan Kebun Buah Mangunan dan Sungai Elo. Lokasinya yang berada di dataran tinggi sangat cocok untuk dijadikan tempat mengabadikan foto berukuran landscape. Ketika berlibur ke daerah Mangunan, banyak wisatawan yang melewatkan Jurang Tembelan karena biasanya tujuan utama wisata mereka adalah ke Kebun Buah Mangunan. Untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan, anda pasti akan melewati Jurang Tembelan. Sempatkanlah diri anda untuk pergi ke Jurang Tembelan setelah pulang dari Kebun Buah Mangunan.

Tiket Masuk Jurang Tembelan

Tiket masuk Jurang Tembelan Kanigoro adalah gratis. Ya, gratis, tidak dikenakan biaya masuk apapun untuk menikmati keindahan alam dari atas sini. Namun anda tetap harus membayar harga parkir jika membawa kendaraan pribadi yakni Rp. 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda 4. Hal ini tentu juga tidak akan menjadi masalah bagi anda karena tetap bisa menikmati dan berfoto dengan keindahan alam yang ditawarkan. Alasan mengapa Jurang Tembelan menjadi tempat wisata yang lebih menarik perhatian di mata para wisatawan dibandingkan tempat wisata lain di Dlingo Bantul seperti Bukit Punguk dan Bukit Mojo adalah, adanya keberadaan spot Gardu Pandang yang sangat menarik untuk dijadikan tempat berfoto dan sangat ramai di sosial media seperti Instagram.

Tak perlu heran jika kini tren spot selfie dan spot instagram memang menjadi daya tarik para muda mudi yang sangat suka memposting foto-foto mereka di sosial media. Mereka biasanya akan merasa sangat bangga karena bisa memamerkan destinasi wisata terbaik yang pernah mereka kunjungi lewat akun instagramnya. Tentu ini menjadi hal yang sangat baik karena mereka dapat ikut serta membantu mempromosikan tempat wisata baru di Kota Yogyakarta. Namun sayangnya, ada sejumlah wisatawan yang datang berkunjung tetapi malah mengotori dan berpotensi merusak alam. Karena itu, perlu adanya kesadaran dari wisatawan untuk ikut serta menjaga lingkungan.

Rute Menuju Jurang Tembelan

Jika anda berencana ingin berlibur ke tempat wisata Jurang Tembelan, anda dapat mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi anda. rute menuju Jurang tembelan patokannya untuk memasuki kawasan ini ada pada area masuk gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan. Dari situ sudah bisa terlihat terdapat papan petunjuk menuju Jurang Tembelan. Lebih tepatnya dari arah Jogja ambil arah terminal Giwangan dan lurus terus saja ke Selatan. Teruskan hingga menuju pasar imogiri lalu ambil arah ke kiri, kemudian terus ikutu saja ke arah makam raja dan ada pertigaan dengan plang petunjuk arah kebun buah mangunan dan hutan pinus. Ikuti saja plang-plang tersebut untuk sampai ke Mangunan. Sesampainya di daerah pintu masuk Gardu Pandang, ada plang petunjuk bertuliskan arah menuju Bukit Panguk. Ikuti prtunjuk yang tertera di papan maka anda akan mendapatkan petunjuk menuju Jurang Tembelan.

Papan-papan petunjuk ini sangat membantu sekali untuk anda menemukan destinasi tujuan anda. Medan jalan menuju daerah Mangunan cukup terjal dan menantang. Karena itu diperlukan kehati-hatian dan keterampilan dalam berkendara jika anda membawa kendaraan pribadi. Terutama pada saat cuaca hujan, jalan akan semakin licin. Jadi, pastikan kendaraan pribadi anda juga dalam kondisi yang baik saat ke Mangunan.

Jurang Tembelan – Photo by @mr.kuy

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Jurang Tembelan

Jurang Tembelan memang termasuk salah satu lokasi wisata yang masih tergolong baru namun lokasi ini menawarkan beberapa fasilitas yang cukup lengkap untuk dapat dinikmati para wisatawan yang ingin berlibur di sini. Mulai dari tempat parkir yang nyaman, mosholla bagi yang muslim, toilet, dan beberapa warung makan yang menyediakan makanan kecil untuk mengganjal perut di kala lapar melanda. Gazebo juga tersedia di sini sebagai tempat untuk beristirahat setelah lelah berjalan-jalan menikmati keindahan alam dari tempat wisata ini. Anda bisa menikmati the panas dan gorengan sambil menyaksikan pemandangan yang menyejukkan hati.

Bagaimana? Sudahkah menyiapkan rencana berlibur ke Jurang Tembelan ini?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.