Sejuknya Udara Pagi di Kali Kuning

Kali Kuning – Kali Kuning Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata menarik yang berlokasi di sekitar lereng Gunung merapi. Bukit ini memiliki panorama indah yang dapat menyejukkan mata ketika melihatnya. Wisata di lereng gunung merapi ini merupakan tempat yang paling pas bagi keluarga untuk bersantai. Daerah lereng gunung merapi memang salah satu daerah yang memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Wisata di lereng gunung merapi juga terkenal akan cerita-cerita sejarahnya. Beberapa lokasi wisata di lereng Merapi ini tentunya dapat menjadi alternative wisata pilihan ketika anda mengunjungi Yogyakarta daerah bagian Utara.

Kali kuning – Photo by @tputrasu

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Kali Kuning

Lokasi bukit Kali Kuning ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan berkemah atau camping, dan outbond training. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat pemandangan eksotis di sekitar bukit ini karena dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang begitu menawan. Anda juga bisa mencapai tebing andesit tersebut dengan menyusuri jalan setapak sejauh 1 km.

Kali Kuning Jogja dikelola sebaik mungkin oleh pihak dari Taman Nasional Gunung Merapi. Tempat ini mulai dikembangkan menjadi tempat wisata pada pertengahan bulan Januari 2017 lalu. Lalu pada pertengahan bulan Februari, tempat ini mulai dibuka untuk umum. Kawasan bukit tersebut memiliki panorama alam yang berpotensi untuk menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang akan digemari oleh masyarakat sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa bukit ini dikembangkan menjadi tempat wisata. Tujuan pembangunan tempat tersebut menjadi tempat wisata adalah agar menjadi tempat yang tidak terbengkalai pasca erupsi gunung merapi. Masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi lereng merapi tersebut juga diajak untuk terlibat langsung dalam menjaga dan merawat alam yang ada di lokasi tersebut.

Selain beragam bentuk spot selfie flora dan fauna yang bisa dijadikan latar untuk berfoto, Kali Kuning memiliki beberapa pemandangan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Di sisi sebelah barat, terdapat bukit Plawangan yang begitu megah dengan tumbuhan hijau yang rimbun yang dapat anda saksikan dari Kali Kuning. Sementara di ujung sebelah utara terlihat betapa megahnya panorama Gunung Merapi yang menjadi daya tarik tersendiri ketika berada di tempat tersebut.

Berkunjung ke Kali Kuning pagi hari juga merupakan salah satu pilihan yang tepat karena suasana hangat di Kali Kuning akan membuat kita hanyut menikmati indahnya alam dari atas bukit ini. Saat fajar, terlihat matahari dari ufuk timur mulai menampakkan cahayanya. Menikmati pemandangan di Kali Kuning pada pagi hari dapat membuat jiwa dan raga ini kembali segar setelah dibuat penat oleh kesibukan rutinitas di hari kerja.

Harga Tiket Masuk Kali Kuning

Tak heran jika Kali Kuning menjadi salah satu destinasi liburan di Jogja yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Membawa serta keluarga, sahabat, atau rekan kerja untuk menikmati wisata alam di bukit Jogja yang istimewa ini sungguh akan menjadi momen bahagia yang tidak akan pernah terlupakan. Takjarang sebagian dari pengunjung ada yang sudah bermalam di wisata Kali Kuning, ada juga yang melakukan camping di sana karena terdapat fasilitas camping yang disediakan oleh pengelola. Cukup dengan membayar tiket masuk Kali Kuning seharga 20.000 rupiah saja pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas camping yang disediakan.

Kali Kuning – Photo by @dewi_yuli19

Jika anda menyusuri bukit Kali Kuning, anda akan sampai di tempat yang bernama Kali Adem. Di dalam perjalanan tersebut, anda akan menjumpai dan merasakan ada banyak sekali pemandangan yang sangat indah dan menarik seperti hutan pinus, puspa, rasamala, udara yang menyegarkan dan terasa sejuk, suara-suara gemercik air dari aliran sungai, dan masyarakat setempat yang sedang mencari rumput untuk ternak mereka. Kadangkala kita juga akan bertegur sapa dengan mereka. Anda juga bisa melihat dengan jelas di sini tanaman bunga kantung semar yang sedang mekar, ayam hutan, pohon kina, elang hutan, dan hewan lainnya yang sedang beraktivitas di dalam hutan tersebut.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Sumber air dari Kali Kuning Jogja berasal dari mata air yang bernama Umbul Wadon dan berketinggian sekitar 1250 mpl di atas permukaan laut. Mata air ini berasal dari aliran air sungai Das Opak, Das Progo, dan juga Das Oya. Menurut cerita dari para sesepuh yang beredar di masyarakat disana, lokasi munculnya Umbul Wadon merupakan tempat berhentinya lahar gunung merapi yang meluap dikarenakan letusan besar yang terjadi ratusan tahun yang lalu. Debit air di Kali Kuning ini sekitar 650 liter per detik saat musim penghujan, dan 400 liter per detik di saat musim kemarau.

Lokasi Kali Kuning

Lokasi wisata Kali Kuning Jogja berada tepat di daerah lereng gunung merapi di bagian selatan dan terletak di kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan untuk tiket masuknya, cukup membayar 3000 rupiah saja per orang. Dengan harga semurah ini kita sudah bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat wisata Kali Kuning disertai menikmati pemandangan alam yang indah.

Rute Menuju Kali Kuning

Untuk rute menuju Kali Kuning ini sendiri terdapat akses yang memiliki dua jalur yang dapat ditempuh. Untuk rute yang pertama dari Kota Yogyakarta pergilah Jalan Kaliurang, lanjutkan hingga menuju Pasar Pakem, setelah itu beloklah ke kanan arah timur menuju tempat wisata Kali Kuning. Turunlah dari kendaraan anda kemudian turuni tangga bebatuan sejauh 1 km yang akan mengantarkan anda menuju Bukit Kali Kuning. Ikuti saja jalannya hingga menuju lokasi.

Untuk rute menuju Kali Kuning yang kedua bisa dari terminal Prambanan. Dari terminal Prambanan, naiklah bus jurusan Kaliurang lalu turun di Desa Doyo, setelah itu naiklah angkutan desa yang berwarna kuning hingga mencapai lokasi menuju Kali Kuning. Dari situ, turunlah kemudian turuni tangga bebatuan hingga mencapai lokasi.

Selama perjalanan menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan, anda akan menjumpai beberapa penduduk yang ramah dan melihat pepohonan hijau yang rindang. Disini anda juga bisa menjumpai elang jawa (Spizaetus bartelsi) yang merupakan burung unik dan menjadi inspirasi terciptanya lambang Garuda Pancasila. Burung elang jawa merupakan salah satu burung yang dilindungi oleh undang-undang sehingga menjadi burung yang tidak dapat dirawat di rumah. Selain Elang jawa, terdapat pula elang hitam dan ayam Hutan yang bebas berlarian di hutan. Terdapat pula bunga Kantung Semar dan juga Pohon Kina. Sungguh merupakan pengalaman yang sangat berharga apabila bisa merasakan indahnya suasana alam Jogja yang penuh keindahan.

Kali Kuning – Photo by @oktavianadwii

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Kali Kuning

Wisata Kali Kuning ini menyediakan fasilitas berupa pusat informasi yang memiliki pelayanan yang baik, warung jajanan makanan dan minuman, penginapan dengan harga sewa terjangkau, toilet yang memadai, serta parkir yang luas dan aman. Keseruan yang terdapat di Kali kuning ini wajib anda rasakan, menikmati udara segar, dan rindangnya pepohonan akan membawa anda kembali pada suasana damai hati. Jadi, sempatkanlah diri anda untuk datang di kawasan wisata alam Kali Kuning Jogja ini jika anda berkunjung ke Yogyakarta.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *