Eloknya Kebun Buah Mangunan bak Negeri di Atas Awan

Kebun Buah Mangunan – Menikmati pemandangan udara yang sejuk dapat menjadi sarana relaksasi di tengahnya penatnya kesibukan di daerah perkotaan. Karena itulah banyak orang-orang berbondong-bondong mencari tempat liburan yang seru untuk menghilangkan stress mereka. Mangunan adalah tempat yang berisi banyak sekali tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi. Salah satu tempat wisata di daerah Bantul Yogyakarta adalah Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan Bantul ini letaknya berada di dalam satu wilayah dengan Bukit Panguk Kediwung dan Bukit Mojo Gumelem, hanya berbeda arah belokan saja menuju tempat ini. Tempat ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi jika kita pergi ke daerah Bantul.

Kebun Buah Mangunan – Photo by @namasayakanti

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan sering juga dijuluki dengan sebutan Negeri di atas awan karena tempatnya yang sangat tinggi di permukaan awan dan memiliki udara sangat sejuk. Jika anda mengunjungi tempat ini pada pagi hari, anda akan mendapati pemandangan hijaunya peguningan yang diselimuti awan putih dan pancaran sinar matahari yang mulai menyeruak dari ufuk timur. Sensasi negeri di atas awan benar-benar akan dapat anda rasakan.

Salah satu daya tarik utama dari kebun ini adalah Gardu Pandang Mangunan. Gardu pandang ini memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan gumpalan awan yang membalut pegunungan sewu. Kebun ini memiliki pemandangan gunung seribu.

Taman Kebun buah mangunan berdiri sejak tahun 2003 dibangun oleh pemerintah Kabupaten Bantul dan memiliki lahan yang seluas 23 hektar. Kebun tersebut ditanami oleh berbagai jenis pohon buah seperti pohon buah rambutan, buah belimbing, buah durian, dan lain sebagainya. Terdapat juga belasan ekor Rusa yang dipelihara di lokasi tersebut sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang karena mereka bisa ikut memberi makan Rusa yang ada di lokasi tersebut. Tak lupa juga mereka akan berfoto bersama Rusa-rusa tersebut sambil berpose sedang memberi makan rusa.

Dari tempat ini pula, pengunjung dapat melihat keindahan dari pantai Parangtritis yang terdapat pada bagian selatan serta pemandangan kota Bantul yang luas yang berada di bagian barat. Keelokan sungai Oya yang sangat curam dari satu lokasi ini pun juga dapat terlihat. Merekaa dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari Kebun Buah Mangunan. Banyak juga populasi monyet disini sehingga menambah daya tarik pengunjung.

Para wisatawan yang datang berkunjung ke Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul untuk liburan selalu meningkat dengan pesat karena tempat ini telah menjadi viral di social media. Banyak orang yang memposting foto-foto mereka di Kebun Buah Mangunan yang kemudian menjadi daya tarik masyarakat lain untuk berkunjung ke tempat ini. Mereka melihat keindahan foto liukan Sungai Oya dengan pepohonan hijau lebat yang berada di sekitarnya, juga tanaman-tanaman buah-buahan dan tanaman-tanaman hias lainnya. Saat pagi hari, kabut datang menyelimuti ditambah dengan pancaran sinar matahari yang akan terbit berwarna kuning oranye. Menghasilkan sebagai tempat yang sangat menakjubkan sekali untuk difoto.

Kebun Buah Mangunan – Photo by @sesejuk_solo

Wisatawan yang datang untuk berlibur ke tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini juga dapat sekaligus mempelajari tentang aneka tumbuh-tumbuhan secara langsung. Karena, mereka bisa mengamati secara jelas berbagai macam buah-buahan yang didata dengan rapi sesuai dengan kondisi kemiringan dari bukit mangunan tersebut. Buah-buahan tersebut antara lain adalah durian, manga, jambu air, rambutan, sawo, jeruk, duku, serta manggis. Selain itu, terdapat pula buah-buahan yang jumlahnya relative sedikit dan jarang ditemui seperti matoa, belimbing, kelengkeng, jambu biji, dan cempedak. Selain tanaman buah-buahan, ada pula tanaman pohon yang ditanam untuk menambah kesejukan antara lain tanaman pohon jati, pagar hidup berupa salak, king grass, tanaman magium, serta pohon pinus.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Di Kebun Buah mangunan, pengunjung dapat pula melihat proses pembibitan sapi. Tujuan dari adanya pembibitan sapi ini adalah untuk menambah populasi ternak sapi agar terjadi siklus yang berkesinambungan antara ternak sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Mangunan. Selain menjadi tempat wisata, Kebun Buah Mangunan sangat cocok dijadikan tempat sebagai kegiatan Study Banding yang biasa diadakan di sekolah-sekolah untuk mengajarkan ilmu tentang tumbuh-tumbuhan.

Loaksi Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebun Buah Mangunan secara tepat berada di daerah Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tempat ini selalu ramai dan tidak pernah sepi akan pengunjung meskipun pada hari yang bukan hari libur. Saat liburan, tempat ini menjadi lebih ramai pengunjung. Kebun ini juga sangat cocok untuk menjadi tempat menikmati memandang terbit dan tenggelamnya matahari. Kita akan merasakan betapa nikmat dan indahnya alam semesta ini sembari bersyukur kepada yang maha Kuasa karena telah menciptakan keindahan alam beserta isinya.

Harga Tiket Masuk ke Kebun Buah Mangunan

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan sangatlah murah. Cukup membayar dengan harga 5.000 rupiah per orang, kita sudah bisa menikmati fasilitas yang ada dan menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa ini. Selain itu para pengunjung akan dikenakan juga biaya parkir kendaraan seharga 4.000 rupiah. Terdapat fasilitas penginapan, gedung pertemuan, serta kolam renang. Sehingga pengunjung dapat menginap di tempat ini sambil menikmati pemandangan indah yang ditawarkan oleh Kebun Buah Mangunan.

Selain itu, fasilitas lain yang terdapat di Kebun Buah Mangunan ini adalah outbond, Flying fox, jembatan goyang, bumi perkemahan, reflying, lahan pembelajaran pembibitan tanaman, pembelajaran pembuatan pupuk, dan aneka tanaman buah dan tanaman hias. Hal itulah yang menyebabkan Kebun Buah Mangunan ini selalu ramai pengunjung karena tempatnya yang luas dan bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada.

Kebun ini dibuka sekitar pada pukul 05.30 pagi selepas petang dan tutup pada pukul 18.00 WIB yaitu pada saat terbenamnya matahari. Setelah melihat matahari terbenam, para pengunjung diharuskan untuk pulang karena wilayah sudah menjadi gelap dan tidak ada tempat lagi yang bagus untuk difoto.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Rute Kebun Buah Mangunan ini tidaklah begitu sulit karena lokasinya tidak begitu jauh dari kota. Kebun Buah Mangunan terletak di kecamatan Dlingo Bantul sekitar 35 kilometer dari Kota Yogyakarta. Untuk jalan menuju kebun buah mangunan dibutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan kendaraan dari Kota Yogyakarta. Berikut adalah cara untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan Bantul :

Dari terminal Giwangan, jalan terus ke selatan melewati jalan Imogiri timur, dari jalan Imogiri Timur, lurus mentok hingga menemui pertigaan, dari pertigaan itu belok ke kiri arah timur sampai menemukan pertigaan yang ada papan petunjuknya. Papan itu menunjukan lokasi Kebun Buah Mangunan yang berada di sebelah selatan. Belok kanan ke arah selatan sesuai petunjuk yang tertera, setelah itu terus saja mengikuti jalan hingga menemukan papan-papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan.Ikuti petunjuk di papan-papan tersebut hingga sampai ke Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul.

Kebun Buah Mangunan – Photo by @dimas.hy

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Kebun Buah Mangunan

Bagi anda yang berencana berlibur ke kota Jogja khususnya di daerah Bantul, Kebun Buah Mangunan sangat waib dikunjungi sebagai destinasi liburan anda. Selain spot foto negeri di atas awan yang menakjubkan, harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan Imogiri ini terbilang cukup murah. Selepas dari sini, anda juga dapat mengunjungi tempat wisata lainnya di daerah Mangunan seperti jurang tembelan, bukit mojo, hutan pinus pengger, dan masih banyak tempat wisata lainnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.