Menikmati Hamparan Pemandangan Hijau Di Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo

Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi menuju Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo. Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang ada di jawa tengah. Selama ini, Yogyakarta terkenal dengan julukan kota pelajar karena terdapat beberapa perguruan tinggi favorit yang ada di Yogyakarta.

Namun, kini Yogyakarta sudah mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi wisata baru di Indonesia. Di Yogyakarta terdapat banyak tempat wisata yang dapat dijadikan tujuan untuk menikmati hari libur bagi keluarga maupun pasangan muda-mudi.

Wisata yang ada di Yogyakarta tergolong cukup lengkap, mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan semuanya ada di Yogyakarta. Salah satu destinasi wisata alam yang terdapat di Yogyakarta adalah Kebun Teh Nglinggo yang terletak di Kabupaten Kulonprogo.

Kebun Teh Nglinggo cocok dijadikan sebagai salah satu tujuan jika berkunjung ke Yogyakarta. Hamparan hija kebun teh dapat memanjakan mata para pengunjung dan udara yang masih segar karena terletak di dataran tinggi merupakan salah satu keunggulan yang ada di Kebun Teh Nginggo.

Selain berwisata, pengunjung juga dapat menikmati langsung suguhan teh dari Kebun Teh Nglinggo yang terdapat di area wisata.

Wisata Kebun Teh Nglinggo

Melihat Pemandangan Hijau Di Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo

Pada awalnya, Kebun Teh Nglinggo adalah sebuah hamparan bukit yang biasa. Namun, pada tahun 1990, penaman pohon teh mulai dilakukan di salah satu puncah yang ada di Dusun Nglinggo, Kulonprogo. Penanaman teh dilakukan oleh pihak Dinas Perkebunan Kulonprogo.

Seiring dengan berkembangnya jaman, Dinas Perkebunan Kulonporgo selaku pemilik dan pengelola lahan, melihat peluang wisata yang ada di perkebunan teh tersebut. Tempatnya yang berada di dataran tinggi dan memiliki pemandangan yang indah, merupakan salah satu alasan dijadikannya Kebun Teh Nglinggo sebagai tempat wisata.

Kemudian pada tahun 2004, Dinas perkebunan membuka wisata yang dijulik sebagai Desa Wisata Nglinggo dengan ikon wisata utamanya adalah Kebun Teh Nglinggo yang memiliki luas lahan kebun teh sekitar 200 hektar. Menariknya pada tahun 2009, desa wisata Nglinggo mendapatkan gelar sebagai desa wisata ter unik se Yogyakarta.

Di Kebun Teh Nglinggo, pengunjung tidak hanya dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah, tetapi banyak spot foto menarik yang dapat digunakan unutk mengabadikan momen para pengunjung.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati kesegaran teh yang diolah langsung dari kebun tersebut yang berada di area wisata Kebun Teh Nglinggo. Di Kebun Teh Nglinggo juga terdapat spot untuk melihat matahari terbit dan matahari terbenam.

Untuk dapat mencapai Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo, pengunjung dapat menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Selain itu, para wisatawan juga dapat menggunakan jasa paket wisata jogja untuk mengantarkan ke Kebun Teh Nglinggo.

Di Kebun Teh Nglinggo, pengunjung juga dapat melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan tracking ke beberapa puncak bukit untuk melihat pemandangan, melakukan camping, dan menaiki mobil jeep untuk berkeliling di area wisata Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo

Lokasi kebun Teh Nglinggo Kulonprogo terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pgerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di dataran tinggi sekitar 900-1000 mdpl, menjadikan lokasi wisata Kebun Teh Nglinggo memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang dapat memanjakan mata para pengunjung.

Lokasi wisata Kebun Teh Nglinggo sangat cocok dijadikan destinasi wisata bagi para pengunjung yang menginginkan ketenangan dan kesejukan untuk menghilangkan stres.

Rute Menuju Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Yogayakarta atau dapat ditempuh sekitar 1-1,5 jam dengan kendaraan pribadi. Rute Menuju Kebun Teh Nglinggo jika dari pusat kota Yogyakarta adalah dengan menuju ringroad barat ke arah Jl. Godean, kemudian lurus ke arah barat melewati jembatan sungai progo.

Sesampainya di perempatan lampu merah kenteng, belok ke kanan sampi perempatan desa Dekso, kemudian belok ke kiri dan mengikuti jalan utama hingga pertigaan Pasar Plono. Sesampainya di pertigaan Pasar Plono, kemudian tinggal mengikuti petujunkuk arah menuju Kebun Teh Nglinggo yang banyak di sisi jalan tersebut.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo terletak di perbatasa antara Kab. Magelang dan Kan. Purworejo pada sisi utara dan barat. Jalan menuju lokaso Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo sudah cukup bagus. Namun karena lokasinya di ketinggian, pastikan kendaraan dalam keadaan prima.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Fasilitas Kebun Teh Nglinggo

Sebagai tujuan destinasi wisata, Fasilitas Kebun Teh Nglinggo dapat dibilang cukup lengkap. Karena fasilitas pendukung pada tempat wisata merupakan bentuk pelayanan kepada para pengunjung aga selalau merasa nyaman untuk berwisata. Berikut adalah fasilitas yang terdapat di Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo.

  1. Toilet
  2. Mushola
  3. Tempat Parkir
  4. Warung Makan dan Minuman
  5. Penginapan
  6. Tempat Istirahat

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo sangat terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per orang. Untuk area parkir, pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Namun untuk menikmati wahana yang ada di lokasi tersebut, anda harus membayar tiket sendiri. Wahana yang dapat dinikmati adalah berkeliling menggunakan jeep, spot foto bukit isis, spot foto jalan kayu, dan camping ground.

Namun, untuk menikmati keindahan sunnrise dan sunset, anda tidak dikenakan biaya apapun.

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Di Kebun Teh Nglinggo

Jika anda berkunjung ke wisata Kebun Teh nglinggo, anda dapat melakukan beberapa kegiatan menarik di sana. Kegikatan Yang Dapat Dilakukan Di Kebun Teh Nglinggo diantaranya seperti tracking, camping, offroad, dan lain-lain.

Bagi pengunjunng yang suka berfoto, terdapat banyak spot foto menarik yang tersedia di area wisata Kebun Teh Nglinggo. Beberapa diantaranya adalah spot foto berlatar belakang kebun teh, spot foto bukit isis, dan spot foto di area sunrise dan sunset.

Di Kebun Teh Nglinggo, pengunjung juga dapat menguji adrenalinnya dengan menaiki mobil jeep untuk melakukan kegiatan offroad di area wisata. Jika pengunjung ingin bermalam di Kebun Teh Nglinggo, pengunjung dapat menyewa penginapan yang tersedia disana.

Untuk rute tracing, pengunjung dapat mengunjungi beberapa puncak bukit yang berada di area wisata Kebun Teh Nglinggo. Beberapa puncak bukit yang dapat dijadikan tempat tracking adalah Puncak Gunung Jaran dan Puncak Kendeng.

Setelah anda capek menikmati keindahan di Kebun Teh Nglinggo, pengunjung dapat menikmati seduhan teh asli dari kebun teh Nglinggo. Di tengah area wisata, terdapat sebuah kedai kopi dan teh Mr. Tamsil yang dapat dijadikan tempat beristirahat.

Bagi para wisatawan dari luar kota atau luar pulau, untuk dapat mengunjungi destinasi wisata Kebun teh Nglinggo Kulonprogo, dapat menggunakan jasa paket wisata Jogja yang  bisa ditemukan di pusat kota Yogyakarta.

Dengan menggunakan paket wisata jogja, pengunjung akan mendapat kemudahan dalam hal akomodasi ke berbegai tempat wisata lainnya yang berada di Yogyakarta. Anda juga bisa memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour.

Sudah Wisata di Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini