Panorama Wisata Kedung Bendo di Kulon Progo

Kedung Bendo – Kabupaten Gunung Kidul yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki puluhan bahkan ratusan wisata alam yang bisa anda temui di sini. Namun, daerah Kulon Progo juga tidak mau kalah. Kulon Progo juga mengahdirkan beberapa wisata-wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Kedung Bendo – Photo by @yuli_maseko

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Kedung Bendung

Salah satunya adalah objek wisata air terjun yang paling terkenal di Kulon Progo, yaitu Kedung Bendo. Kedung bendo masih berada dalam satu wilayah dengan curug glimpang yang juga merupakandestinasi wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi kedua wisata tersebut cukup berdekatan sehingga pengunjung dapat mengunjungi kedua tempat tersebut sekaligus.

Lokasi Kedung Bendo

Lokasi kedung bendo dan curug glimpang tersebut lebih tepatnya berada di desa purwosari kecamatan grimulyo. Untuk rute menuju kedung bendo ini sendiri dapat diakses melalui Kota Jogja yanga jalanannya sudah diaspal sedemikian rupa untuk mempermudah wiasatawan yang ingin beberpergian ke area ini. Ketika sudah mendekati grimulyo, pemandangan di sini akan tampak lebih hijau dan asri.

Ketika anda sudah tiba di sesa purwosari pun, anda harus menitipkan kendaraan anda karena kendaraan anda tidak bisa dibawa menuju lokasi wisata, anda perlu berjalan kaki dari tempat parkir menuju kedung bendo. Meskipun jalanan yang dilalui agak sempit, namun ini merupakan akses jalan termudah untuk dilalui. Berhati-hatilah karena jalanan di sini cukup licin.

Kedung Bendo – Photo by @spotunik

Ada baiknya jika anda mengunjungi kedung bendo ketika cuaca sedang cerah dan panas, karena jalanan akan menjadi kering dan tidak licin. Namun, mengunjungi lokasi wisata ini pada saat musim hujan juga tidak masalah karena justru saat musim hujan, aliran air terjun terlihat lebih indah. Bawalah perbekalan yang cukup dan pakailah sepatu yang tidak licin ketika berwisata ke tempat ini.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Kedung bendo merupakan tempat yang sangat asyik untuk main air. Berada di bawah curug glimpang dengan derasan air terjun yang mengalir, kedung bendo dapat dijadikan sebagai tempat berenang yang menyenangkan. Untuk kedalamannya sendiri, kolam ini memiliki kedalaman hingga 250 cm, maka dari itu anda harus berhati-hati. Jangan paksakan diri anda untuk terjun apabila anda tidak bisa berenang.

Di antara kedung bendo dan curug glimpang, terdapat sebuah lokasi kolam lagi yaitu kedung ratmi. Anda bisa mengunjungi lokasi kolam ini juga apabila anda memiliki waktu yang banyak. Karena sangat disayangkan sekali apabila anda sudah datang tapi tidak mencicipi semua lokasi wisata yang sangat indah dan menyenangkan di sini.

Selain itu, ada lagi air terjun yang berada di bawah dari kedung bendo, yaitu curug gandu. Namun area wisata ini tidak begitu seluas kedung bendo dan hanya dapat dimasuki oleh beberapa wisatawan saja. Meskipun begitu, anda tetap bisa menyempatkan diri anda untuk mengunjungi air terjun ini. Jika anda membawa serta keluarga anda, berhati-hatilah jika anda membawa anak-anak. Tetap awasi mereka agar tidak bermain yang membahayakan.

Kedung Bendo – Photo by @8tie7

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Kedung Bendo

Harga Tiket Masuk Kedung Bendo

Untuk harga tiket masuk kedung bendo anda cukup membayar biaya parkir dan juga biaya retribusi saja apabila diminta. Fasilitas yang terdapat di lokasi wisata ini juga terbilang masih minim dikarenakan lokasinya yang berada di alam terbuka. Ada mushola, toilet, area parkir yang luas, dan beberapa gazebo yang dibangun sebagai tempat peristirahatan.

Karena fasilitasnya yang masih minim ini, jangan lupa untuk selalu membawa perbekalan anda di kala anda merasa lapar dan lelah, karena tak banyak ada warung-warung penjaja makanan di sini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *