Keunikan Tempat Wisata Kedung Pengilon

Kedung Pengilon – Objek wisata alam berupa air terjun di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu objek wisata di daerah Provinsi Yogyakarta yang baru – baru ini hits adalah Kedung Pengilon di Desa Bangunjiwo. Kelebihan dari tempat wisata yang satu ini adalah memiliki air terjun dengan ketinggian sampai 10 meter.

Kedung Pengilon – Photo by @mayangpalupi

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Kedung Pengilon

Lokasi Kedung Pengilon

Seperti namanya, lokasi Kedung Pengilon adalah di Desa Bangunjiwo yang masih masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana, pengunjung dapat menemukan kolam luas dengan kedalaman 8 meter yang merupakan aliran air dari puncak sumber. Selain kolam, ada juga sungai yang mengalir dengan steady sehingga bisa dimanfaatkan untuk bersantai.

Karena kedalamannya yang cukup tinggi, maka sebaiknya pengunjung tanpa skill renang tidak nekat masuk ke dalam kolam tanpa perlindungan ekstra. Traver bisa juga membawa pelampung atau rompi yang bisa menyelamatkan dan mengamankan posisi saat bersantai menikmati keindahan kolam di sana.

Keindahan air terjun yang jernih di tempat ini amat didukung oleh keberadaan pepohonan hijau. Jadi, nuansa alamnya sangat terasa dan begitu menyenangkan untuk dipandang mata. Udaranya yang khas tempat wisata air terjun dengan kesejukan sangat mampu menyihir para wisatawan untuk bisa lebih rileks setelah menghadapi rutinitas selama bekerja atau kuliah.

Kedung Pengilon – Photo by @abrahamyussuf

Air terjun ini masih tergolong baru nge – hits. Itulah sebabnya rata – rata pengunjung adalah muda mudi atau remaja yang menemukannya lewat foto – foto instagram traveler. Memang, tempat ini sangat cocok digunakan sebagai objek wisata fotografi yang menarik.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Menuju Kedung Pengilon

Untuk bisa mencapai air terjun ini, maka rute menuju Kedung Pengilon yang bisa diikuti adalah dari pusat Yogyakarta traveler bisa mengambil jalan melewati Bantul ke arah barat. Terus ambil jalan ini sampai menemukan ujung perempatan besar. Setelah itu, ambillah arah ke kiri menuju Kasongan. Dari sana, daerah Desa Krebet sudah dekat. Jika sudah sampai Desai Krebet, maka lokasi Desa Bangunjiwo adalah setelahnya. Sesampainya di sana, traveler tinggal menanyakan pada warga detail tempat tersebut.

Jika ingin mencapai puncak air terjun, maka wisatawan harus berjalan kaki sejauh 300 m. Di sana, sepanjang kanan kiri jalan akan ditemukan banyak pemandangan menarik seperti rindangnya pepohonan, jalan kecil, jalan setapak, beberapa satwa yang bebas berkeliaran, serta suara gemericik air yang sangat menenangkan.

Harga Tiket Masuk Kedung Pengilon

Yang menarik dari objek wisata ini adalah harga tiket masuk Kedung Pengilon masih gratis karena air terjunnya masih tergolong baru. Jadi, jika ada waktu sempatkan untuk menjelajah lokasi ini sebelum banyak orang yang kesana. Keindahan alam nan eksotis memang menjadi daya tarik utama lokasi ini.
Meskipun tidak ada penarikan harga tiket, tetapi jangan khawatir soal keamanan karena kendaraan akan dijaga oleh para petugas parkir. Untuk biaya parkir sendiri sangat standar yaitu Rp 2.000,00 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda 4.

Kedung Pengilon – Photo by @fendi.maulanahanif

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Kedung Pengilon

Jadi, tempat wisata yang satu ini tidak hanya menawarkan lokasi fotografi, tempat yang aman untuk relaksasi, dan air terjun nan eksotik. Tetapi, harga terjangkau untuk kantong pelajar atau mahasiswa pun tidak kelewatan. Hampir bisa dibilang tempat wisata ini memang begitu komplit dan ekstra sempurna.

Mungkin ke depan akan lebih banyak pengaturan terhadap objek wisata ini seperti penambahan fasilitas yang membangun untuk meningkatkan kenyamanan traveler. Namun, saat ini pun Kedung Pengilon sudah sangat indah meskipun masih alami apa adanya. Yang harus dilakukan oleh para pengunjung adalah mempertahan kan kebersihan dan keindahan dari tempat ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.