Berwisata Menengok Sejarah Kraton Jogja

Kraton Ygyakarta – Kraton Yogyakarta merupakan istana yang resmi dari kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berada di pusat kota Yogyakarta. Kraton ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di jogja yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing untuk mengetahui sejarah salah satu kerajaan kesultanan di Indonesia.

Kraton Jogja – Photo by @syaeful_anwar87

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Kraton Yogyakarta

Sebagian tempat di kraton ini menyimpan beberapa koleksi harta yang dulu dimiliki oleh sultan terdahulu termasuk barang-barang hasil pemberian dari raja-raja Eropa seperti replica pusaka keratin, gamelan, dan kereta kencana. Kraton ini sendiri telah didirikan oleh Sultan Hamengku Bowono I yang pertama sekitar tahun 1755. Konon katanya, Kraton ini merupakan bekas dari pesanggerahan dari Garjitawati.

Lokasi Kraton Yogyakarta

Lokasi Kraton Yogyakarta lebih tepatnya berada di sebelah selatan dari alun-alun kota Jogja yang berada di sebelah utara dari pusat Kota Jogja. Dari Malioboro hanya berjarak sekitar 50 meter saja. Untuk rute menuju kraton Yogyakarta mudah ditempuh karena masih berada dalam satu kota. Jika anda menggunakan kereta api, anda bisa turun di Stasuin Tugu.

Kraton Jogja – Photo by @ijoeel

Dari stasiun tugu anda hanya tinggal berjalan lurus saja ke arah selatan sampai melewati sbuah perempatan Jalan Malioboro dan anda akan menemukan sebuah lapangan yang luas yaitu Alun-alun Kota Jogja. Dari situ tidak jauh terdapat kraton Yogyakarta ini berada. Jika anda sering mempir ke Malioboro untuk berbelanja, anda bisa menyempatkan diri untuk datang ke kraton ini sebentar.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Harga Tiket Masuk Kraton Yogyakarta

Untuk harga tiket masuk Kraton Yogyakarta dikenakan biaya sebesar 7500 rupiah bagi wisatawan lokal Indonesia, namun untuk wisatawan asing dari luar negeri dikenakan biaya yang lebih mahal yaitu 12.500 rupiah. Tempat wisata ini buka setiap harinya pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB, namun untuk hari Jumat, tempat ini khusus dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB saja.

  • Selain itu, jika mengunjungi tempat ini, anda bisa menikmati berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan yaitu :
    Melihat berbagai koleksi bersejarah. Di kraton ini banyak terdapat benda-benda bersejarah seperti lukisan, kereta kencana, benda pusaka seperti keris dan tombak, dan beberapa alat musik zaman dahulu seperti gamelan dan gong.
  • Berfoto selfie ataupun memotret latar dan objek benda-benda bersejarah. Untuk mengambil gambar, anda harus membayar 1000 rupiah terlebih dahulu sebagai tanda perizinan mengambil foto, setelah itu barulah anda bisa berfoto dengan bebas.
  • Menyaksikan penampilan dari pagelaran seni yang diselenggarakan. Anda bisa melihat secara langsung bagaimana para abdi yang berada di dalam kraton tersebut menyambut para wisatawan dengan begitu khasnya menggunakan pakaian adat kraton Jogja. Ada juga pagelaran pentas seni yang dapat anda tonton yang digelar setiap harinya. Namun anda harus mengetahui terlebih dahulu jadwal dilaksanakannya pagelaran tersebut. Biasanya jadwal pagelaran tertempel di bagian pintu masuk kraton.

Lalu, beberapa fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk merasakan kenyamanan tempat wisata ini adalah area parkir yang luar dan dekat dengan pusat berbelanjaan Malioboro, masjid besar untuk ibadah kaum muslim, tempat makan, tempat penjualan oleh-oleh, dan juga beberapa lokasi penginapan yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal ketika mengunjungi kraton ini.

Kraton Jogja – Photo by @ijoeel

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Kraton Yogyakarta

Bagaimana? Tertarikkah anda untuk mengunjungi wisata Kraton Yogyakarta yang bersejarah ini? Sekedar tips bagi anda ketika mengunjungi kraton ini, jagalah perilaku dan kesopanan anda selama berada di lingkungan kraton, jangan sampai berbuat onar yang mengganggu kenyamanan orang lain. Perhatikanlah aturan-aturan yang terdapat di kraton dan jangan sampai melanggar aturan tersebut karena anda sendiri yang akan rugi.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.