Hobi Mancing Sekaligus Bisa Camping? Nikmati Suasana Bermalam Pantai Kesirat

Pantai Kesirat Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Pantai Kesirat. Tak sama dengan pantai pada umumnya, pantai ini tak dihiasi oleh hamparan pasir putih. Tetapi berhiaskan tebing-tebing tinggi yang banyak dimanfaatkan oleh para pemancing. Pantai yang bisa ditemukan di Gunung Kidul ini masih alami dengan kondisi alam yang indah.

Jadi kontur tanah pantai ini tidak landai sebab banyak tebing curam yang langsung berbatasan dengan laut dalam. Tebing ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisawatan, serta area pinggiran tebing dengan hamparan rumput hijau yang menyejukkan mata.

Hobi Mancing Sekaligus Bisa Camping?

Nikmati Suasana Bermalam Pantai Kesirat

Selain  memancing dan camping, pantai ini menjadi tujuan untuk menikmati indahnya pemandangan alam dengan tebing-tebing yang berbentuk tak teratur. Ditambah suara ombak yang kuat sehingga suasana laut semakin terasa. Bagi pecinta alam  sekaligus pecinta laut, tempat ini cukup direkomendasikan untuk dikunjungi.

Karena selain indahnya gambaran laut, juga dihiasi oleh hamparan hijau berbagai tumbuhan. Kontur tanah yang berbukit-bukit membuat kesan alam semakin terasa sehingga sangat bagus bagi siapa saja yang ingin menenangkan diri.

Menikmati kesejukan di pagi hari saat camping di pantai kesirat juga kegiatan yang tak boleh dilewatkan bagi pecinta camping. Selain bisa melihat indahnya matahari terbit juga akan mempesona dengan warna senja yang indah bisa dilihat langsung. Sangat direkomendasikan untuk menikmati sajian mentari terbenam yang sangat indah. Pantai ini memang sebuah tempat yang bagus untuk bermalam jadi jangan lupa sediakan tenda dan bangunlah di titik lokasi yang diinginkan.

Berbagai sudut pantai bisa dinikmati oleh pengunjung, jangan lupa mengabadikan kesan indahnya. Perasaan tenang akan didapatkan dengan harmoni yang khas ditambah hembusan angin laut yang lembut berpadu dengan suara ombak yang khas. Berkunjung ke pantai ini bisa menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Jika ingin camping di pantai ini, pengunjung tak akan menemukan pasir putih yang terhampar luas tetapi yang ada tebing, hamparan rumput dan pepohonan. Seperti yang disebutkan menjadi lokasi yang cocok menikmati sajian matahari terbenam. Senja di pantai ini tidak dihalangi oleh gedung-gedung yang tinggi.

Objek wisata ini memiliki padang rumput yang luas dan ini lokasi camping favorit para wisatawan. Tenda bisa dibangun menghadap ke laut lepas untuk menikmati hembusan angin, matahari terbit dan matahari terbenam saat waktunya tiba.

Memancing di Pantai Kesirat

Bagi yang suka memancing perlu tahu  bahwa pantai kesirat menjadi lokasi yang sangat tepat untuk memancing. Desain alami tebing yang tinggi menjadi titik lokasi memancing yang bagus untuk pengalaman menakjubkan. Bahkan pantai ini menjadi lokasi memancing yang paling diminati  di sekitaran Panggang, Gunung Kidul. Jika berkunjung ke sini, bukan anda sendiri yang menikmati sesi pancingan sebab juga banyak pengunjung lain yang melemparkan pancingan dari atas tebing.

Ada banyak ikan dan lobster yang bisa dipancing, bahkan penduduk lokal pun ikut memancing di objek wisata ini. Tentu saja pengunjung yang ingin memancing harus membawa semua alat dan perlengkapan sehingga bisa memancing dengan mudah dan nyaman.

Keunikan Pantai Kesirat

Dengan berbagai keindahannya, pantai kesirat cukup unik sebab bukan saja sebagai tempat untuk menenangkan diri, namun juga bisa dimanfaatkan bagi siapa saja yang suka memancing dan camping yang bisa dilakukan sekaligus di tempat ini.

Selain itu, ada sebuah pohon yang dikenal dengan nama Pohon Abadi. Pohon ini tak tumbuh berbaur dengan berbagai pohon yang lainnya, tetapi berdiri sendiri di pinggiran tebing.

Saat sampai dilokasi, pohon ini cukup menambah kesan tertentu bagi pengunjung karena hanya ada satu-satunya pohon  di titik tersebut. Pohon ini pun menjadi latar belakang berfoto yang menakjubkan dengan ciri khas tersendiri.

Lokasi Pantai Kesirat

Pantai Kesirat berlokasi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pengunjung bisa menemukan lokasi objek wisata ini tak jauh dari Pantai Gesing.

Rute Menuju Pantai Kesirat

Cara akses menuju pantai kesirat bisa ditempuh dengan dua jalur.

  • Pertama, pengunjung melewati Jalan Raya Wonosari. Ini adalah jalan yang biasa digunakan oleh pengguna jalan yang ingin ke Gunung Kidul.
  • Kedua menggunakan Jalan Imogiri – Panggang. Ini adalah jalur paling dekat untuk sampai di pantai ini. Kemudian dilanjutkan dengan memilih Jalan Raya Panggang – Saptosari. Nanti pengunjung akan menemukan persimpangan terakhir untuk menuju ke Pantai Gesing.  Selanjutnya akan tampak gang yang menuju kawasan pemukiman. Pengunjung bisa melihat tulisan Pantai Kesirat kurang lebih 200 meter dari jalan  hingga  bertemu dengan sebuah masjid yang terletak di sebelah kiri jalan. Jalan untuk bisa sampai ke pantai ini banyak lika-liku dengan akses yang belum memadai. Terdapat jalan setapak untuk pengunjung yang ingin berjalan hingga ke tebing bibir pantai.

Selanjutnya  pengunjung akan melihat jalan ber-cor semen, kemudian jalan yang banyak turunan dan tanjakan.  Nanti sampai diperbukitan barulah ada jalan setapak untuk sampai di lokasi objek wisata kesirat.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kesirat

Pengunjung yang ingin menikmati indahnya Pantai Kesirat seharga Rp 5 ribu. Sedangkan harga parkir untuk pengunjung yang membawa kendaraan beroda dua sebesar Rp 2 ribu dan bagi yang membawa kendaraan beroda empat dikenakan Rp 5 ribu.

Fasilitas Pantai Kesirat

Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung meskipun belum terlalu memadai sebab pantai ini adalah pantai yang tersembunyi. Jika pengunjung lapar, ada penjual makanan di sekitar lokasi wisata ini.

Lahan parkir yang luas juga salah satu fasilitas yang bisa dirasakan pengunjung serta disediakan toilet. Tetapi perlu diketahui bahwa warung makanan atau minuman di lokasi wisata tak dibuka selama 24 jam penuh.

Jadi, pantai kesirat bukan hanya objek wisata untuk menenangkan pikiran namun juga tempat yang  bagus untuk lokasi memancing. Tentu sangat menyenangkan jika bisa berkunjung ke pantai ini. Karena pantai ini cukup unik dan istimewa berbeda dengan pantai pada umumnya. Tak ada pasir putih yang bisa dimainkan, jadi bayangkan saja bagaimana pantai ini.

Meskipun begitu tetap menjadi pantai yang  banyak dikunjungi pengunjung, salah satunya untuk aktivitas memancing serta camping. Camping di lokasi ini akan terasa berbeda dengan camping pada umumnya. Umumnya camping dilakukan di bukit atau digunung dimana yang bisa dilihat dan dinikmati hanya udara sejuk pegunungan dengan hamparan hijau pepohonan.

Sangat berbeda jika camping di objek wisata Gunung Kidul sebab selain dihiasi bukit dan hamparan rumput hijau yang luas, pengunjung juga bisa menikmati deburan ombak dari pantai lengkap dengan hiasan bentuk tebing yang bervariasi. Ketinggian tebing menjadi lokasi banyak pengunjung memancing dan ini juga memberikan pemandangan khas dari pantai ini.

Sejauh ini, dengan pemaparan di atas, tentu sangat menarik objek wisata alam yang satu ini. Coba pikirkan, objek wisata mana lagi yang mampu menyajikan keistimewaan seperti yang dimiliki pantai ini. Gunakan paket wisata Jogja untuk memudahkan perjalanan Anda. Anda juga bisa memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour.

Sudah Wisata di Pantai Kesirat?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *