Pemandangan Elok dari Mercusuar di Pantai Baron

Mercusuar Pantai Baron – Banyak pilihan wisata alam di Gunungkidul yang dapat anda kunjungi sebagai destinasi liburan yang tepat. Salah satu destinasi wisata yang sangat unik untuk dikunjungi adalah Mercusuar Pantai Baron Gunungkidul yang berada di sebelah timur dari bukit pantai baron. Pada dasarnya, mercusuar tersebut hanyalah merupakan sebuah bangunan menara yang terdiri dari tiang-tiang seperti tower pemancar sinyal TV.

Mercusuar Pantai Baron – Photo by @ekahandaa

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Mercusuar Pantai Baron

Lalu pada tahun 2014, bangunan tersebut mulai dibangun kembali hingga menjadi mercusuar seperti yang dikenal masyarakat. Untuk menuju lokasi bangunan mercusuar ini cukup mudah karena anda hanya perlu pergi menuju pantai Baron. Dan setelah pantai Baron, anda bisa langsung belok ke tempat dimana mercusuar tersebut berada. Tenang saja karena sudah ada papan petunjuk yang akan membimbing anda menuju lokasi tujuan.

Mercusuar Pantai Baron – Photo by @desiekaard

Sedangkan untuk harga tiket masuk Mercusuar Pantai Baron ini, anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 5000 rupiah per orang. Sebelum anda menaiki mercusuar yang tingginya 40 meter tersebut, sebaiknya siapkan air mineral yang banyak sebagai energi karena anda akan menaiki tangga memutar dan pastinya akan membuat tenaga anda terkuras begitu banyak. Jika sudah sampai di tangga terakhir mercusuar, anda akan disuguhi oleh pemandangan pantai Baron yang indah.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Dari atas mercusuar, anda bisa melihat berbagai pemandangan laut yang beragam dari berbagai sisi. Pegunungan Sewu Gunungkidul yang berada di sebelah utara dari mercusuar ini pun juga bisa anda lihat dengan jelas dan seksama. Tengok ke sebelah timur maka anda akan melihat pemandangan pantai Indrayanti dan pantai kukup dengan begitu sempurna. Lokasi Mercusuar Pantai Baron sangat mudah untuk ditemukan, jika anda bingung anda bisa melihat melalui map lewat browser anda.

Lalu di arah barat, terdapat pemandangan pantai baron, bukit baron techno park, dan juga anda akan menemukan pemandangan dari pantai tersembunyi yaitu Pantai Kayu Arum. Bagian luar dan dalam dari Mercusuar ini secara umum sama seperti yang terdapat di Pantai Pandansari, namun di setiap lantai terdapat berbagai macam beranda yang dibangun untuk mempermudah petugas dalam mengawasi lalu lintas dari perairan laut. Rute menuju Mercusuar Pantai Baron juga sangat mudah untuk dilalui.

Mercusuar Pantai Baron – Photo by @baronfestival

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Mercusuar Pantai Baron

Selain itu, mercusuar ini menggunakan tenaga listrik dari tenaga surya. Jika anda berada di mercusuar ini, janganlah sekali-kali berada di dekat lampu dan bermain-main dengan lampu. Karena tegangan listriknya cukup tinggi sehingga bisa membahayakan nyawa anda. Dan anda juga dapat beresiko merusak lampu tersebut. Jika lampu rusak, hal tersebut dapat berbahaya bagi nelayan karena mereka akan kesulitan untuk menemukan jalan pulang ketika di malam hari.

Bagaimana? Apakah anda cukup tertarik untuk mengunjungi wisata alam ini? Jika anda berkunjung ke pantai baron, tidak ada salahnya untuk singgah sementara ke mercusuar ini karena akan menjadi sangat rugi bagi anda apabila jauh-jauh datang ke Jogja namun tidak menikmati semua wisata alam yang lokasinya cukup berdekatan ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *