Museum Anak Kolong Tangga, Museum Mainan Anak Terlengkap di Indonesia

Wisata Museum Anak Kolong Tangga – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Jam Buka, Lokasi Menuju Museum Anak Kolong Tangga. Museum Anak Kolong tangga adalah pilihan yang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Merupakan museum anak pertama dan satu-satunya di Indonesia, tempat wisata ini layak untuk  mengisi liburan anak-anak.

Telah dibuka sejak 8 Februari 2008, museum ini mengajarkan nilai seni dan budaya. Untuk mengunjungi museum ini, para wisatawan dalam dan luar kota biasa menggunakan paket wisata Jogja 3 hari 2 malam.

Wisata Museum Anak Kolong Tangga

Nyaman Berwisata di Museum Anak Kolong Tangga

Berganti nama menjadi Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga, tempat wisata ini dikelola oleh Yayasan Dunia Damai. Organisasi sosial non-profit yang bekerja di bidang seni, budaya dan pendidikan alternatif bagi anak-anak. Salah satu pencetus terbentuknya museum wisata ini adalah Rudi Corens. Seorang seniman berdarah Belgia yang menyumbangkan koleksi mainannya pada Yayasan Dunia Damai.

Museum Anak Kolong Tangga didesain sebagai area publik dengan kecenderungan terhadap dunia anak-anak. Hal ini karena lahirnya kepedulian dan antusiasme terhadap pendidikan moral dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam mainan dan permainan tempo dulu. Tidak hanya sebagai ruang tamu umum yang memamerkan benda-benda antik saja, disini juga terdapat wahana edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak.

Koleksi Teratas Museum Anak Kolong Tangga

Ada sekitar 16.000 koleksi mainan Museum Anak Kolong Tangga. Namun hanya berkisar 300-500 mainan yang dipajang karena terbatasnya ruang dan dirotasi setiap dua tahun sekali. Namun ada tiga mainan teratas yang menjadi unggulan koleksi mereka, yakni :

  • Kuda tunggang kayu, mainan buatan tahun 1930 yang berasal dari Kepulauan Nusa Tenggara. Konon mainan inilah yang digunakan oleh anak laki-laki yang tengah menjalani ritual khitan.
  • Mainan sepeda kayu, dibuat oleh anak-anak dari daerah Magelang menggunakan bahan-bahan yang disediakan oleh alam.
  • Miniatur gerobak sapi, replika gerobak sapi lengkap dengan sapi sebagai gerobak menjadi media pengetahuan dan imajinasi yang menggambarkan tentang alat transportasi tradisional yang sangat populer pada masanya.

 

Kegiatan seru yang dapat Anda ikuti di museum ini, antara lain:

  1. Guiding, adalah mengikuti pemandu wisata untuk menjelajah seluruh bagian museum disertai dengan penjelasan oleh pihak pemandu. Kegiatan ini menjadikan anak-anak atau pengunjung dapat memaknai apa yang mereka lihat sesuai dengan keterangan dan informasi yang benar.
  2. Workshop, adalah aktivitas yang bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan dan daya kreatifitas anak dalam membuat mainan tempo dulu. Anak-anak akan diarahkan untuk memanfaatkan barang bekas dan hasil alam untuk dijadikan mainan baru yang unik.
  3. Majalah kelereng, terbit setiap bulan sekali dengan tema yang beragam. Selain memberikan media untuk memperkaya ilmu dan pengetahuan mereka, majalah kelereng juga mampu menjadi wadah bagi anak-anak untuk mempublikasikan karyanya.
  4. Perpustakaan burung biru, adalah ruang baca yang disajikan khusus untuk anak-anak. Tak hanya membaca buku, di perpustakaan ini pun anak-anak dapat bermain, bersenandung dan bercerita bersama. Kegiatan ini secara rutin digelar setiap hari Sabtu pukul 15.00 – 17.00 WIB di wilayah Tirtodipuran.
  5. Pameran tahunan, merupakan kegiatan rutin jangka tahunan yang mengangkat tema-tema spesifik seputar dunia anak dan permainannya. Beberapa nama pameran yang sudah diselenggarakan diantaranya, Boneka Bukan Hanya Mainan (2017), Poster (2015), Beutiful Book Beautiful Picture (2014), dan You Cook I Eat ( 2012).

Lokasi Museum Anak Kolong Tangga

Sebagian orang masih asing dengan destinasi wisata yang satu ini. Namun ternyata tempatnya cukup strategis dan mudah ditemukan. Lokasi Museum Anak Kolong Tangga di Jalan Tirtodipuran No. 26 Mantrijeron, Kec. Mantrijeron Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tepatnya di belakang taman pintar (dulu pusat perbelanjaan). Diberi nama Anak Kolong Tangga karena bangunannya berada tepat di bawah tangga Concer Hall TBY (Taman Budaya Yogyakarta). Tidak jauh dari Pasar Beringharjo, sebelah utara Taman Pintar.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-sejarah-budaya-jogja” ]

Rute Menuju Museum Anak Kolong Tangga

Untuk sampai di museum anak ini, Anda dapat melalui rute yang cukup singkat dimulai dari pusat kota. Berikut rute Museum Anak Kolong Tangga.

  • Dari pusat kota, ambillah arah langsung menuju Jl. Panembahan Senopati.
  • Lalu belok kanan ke Jl. Brigjend Katamso.
  • Kemudian lurus mengikuti jalan raya sampai bertemu dengan pertigaan dekat Charisma Motor Anda belok ke kanan, masuk Jl. Mayjend Sutoyo.
  • Anda akan menemukan lagi pertigaan lalu belok kiri ke Jl. Parangtritis.
  • Kemudian belok kanan ke di perempatan dekat Kinara Rental Motor terus ke Jl. Tirtodipuran.
  • Lurus saja dan Anda akan sampai di tujuan.

Agar memudahkan perjalanan Anda, gunakan aplikasi peta di ponsel yang dapat membantu mengarahkan langkah-langkah Anda tanpa khawatir salah jalan.

Fasilitas Museum Anak Kolong Tangga

Demi menunjang tujuan utama didirikannya museum ini, tersedia fasilitas Museum Anak Kolong Tangga yang cukup memadai, menarik dan menjadi ciri khas museum ini.

  • Ruang galeri mainan tradisional, adalah fasilitas utama yang paling diburu pengunjung. Disini Anda dapat menikmati pemandangan mainan-mainan yang tertata rapi dan epik. Pengunjung diperkenalkan dengan kekayaan mainan tradisional dari dalam dan luar negeri.
  • Perpustakaan burung biru, ialah ruang baca yang menyediakan berbagai buku bacaan bertema mainan anak. Pengunjung dapat memperluas pengetahuan tentang seluk beluk mainan anak-anak.
  • Beragam tempat pajangan koleksi. Ada ratusan koleksi yang dipajang di beberapa ruangan.

Jam Buka Operasional Museum Anak Kolong Tangga

Sebelum memutuskan untuk berkunjung penting untuk diingat mengenai jam operasional Museum Anak Kolong Tangga, yaitu pada jam :

  • 00 – 13.00 WIB pada hari Selasa – jum’at
  • 00 – 16.00 WIB pada hari Sabtu – Minggu
  • Libur pada hari Senin

Tiket Masuk Museum Anak Kolong Tangga

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui adalah harga tiket masuk Museum Anak Kolong Tangga. Mengetahui harga tiket masuk di awal atau sebelum Anda berangkat ke tujuan akan mempermudah persiapan dana yang harus Anda bawa. Serta dapat memudahkan alokasi keuangan lain, misal untuk belanja oleh-oleh dan sebagainya.

  • Tarif dewasa sebesar Rp 4.000,-
  • Tarif anak-anak <14 tahun GRATIS
  • Tarif foto di dalam museum minimal Rp 5.000,-

Tergolong dalam tarif yang sangat terjangkau untuk sajian menarik yang dapat kita nikmati. Hanya dengan merogoh rupiah dibawah Rp 10.000,- Anda dapat puas melihat-lihat mainan yang sangat bervariasi, membaca buku, dan belajar membuat mainan dari bahan reuse dan hasil alam.

Nah, rangkuman data di atas adalah informasi yang dapat Anda jadikan bekal sebelum berwisata ke Museum Anak Kolong Tangga. Anda tinggal mengatur waktu dan tanggal yang sesuai dengan kemampuan untuk segera berangkat. Ajak buah hati atau agendakan untuk kelompok belajar pun bisa. Jangan lupa untuk mengatur perjalanan agar semuanya benar-benar siap dan dapat tercapai dengan lancar. Nikmati serunya berlibur dengan paket wisata Jogja 3 hari 2 malam.

Sudah Wisata di Museum Anak Kolong Tangga ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *