Berekreasi Sambil Belajar di Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi – Pada tahun 2010, sebuah museum yang berada di kaki gunung merapi resmi didirikan sebagai perekam jejak dari kenangan letusan gunung merapi yang pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Museum ini meninggalkan sejarah yang sangat memorable sekali mengenai letusan pertama dari gunung merapi yang pernah terjadi. Museum ini didirikan sebagai wadah edukasi kepada masyarakat Indonesia untuk lebih mengetahui tentang sejarah alam Indonesia.

Museum Gunung Merapi – Photo by @nazmy.jr

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Museum Gunung Merapi

Ketika memasuki museum ini, anda akan disambut dengan replica letusan gunung merapai yang terjadi pada tahun 1969, 1994, dan tahun 2006 silam. Jika anda menekan salah satu tombol dari replica tersebut, maka akan keluar awan panas tiruan dan juga lava yang menggambarkan bagaimana kejadian letusan gunung merapi terjadi pada waktu itu.

Kemudian ketika menjelajahi ruangan lainnya, akan ditemukan beberapa pajangan tiruan dari letusan gunung merapi, dan ada juga koleksi benda-benda dan bebatuan sisa dari letusan gunung merapi yang terjadi pada tahun 2006. Di sini juga banyak terdapat ilustrasi-ilustrasi yang digambarkan secara kartun dan tentunya sangat bersahabat sekali dengan anak-anak.

Di lantai dua, terdapat beberapa peraga yang dibuat sedemikian rupa yang menggambarkan simulasi bagaimana gempa tersebut bisa terjadi. Sebagian dari koleksi-koleksi alat peraga yang dipajang masih dapat berfungsi dengan baik. Jadi, di sini para pengunjung dapat merasakan bagaimana bencana alam tersebut sebegitu dahsyatnya bisa terjadi, agar semua manusia bisa lebih menghargai alam yang diciptakan oleh sang Pencipta semesta alam di dunia ini.

Museum Gunung Merapi – Photo by @ojaaaaan

Setelah puas menjelajahi berbagai koleksi dan alat peraga museum, pengunjung dapat menikmati tontonan sebuah film pendek dari gunung merapi yang berdurasi 24 menit. Di film tersebut, diceritakan sisi-sisi lain dari gunung merapi yang indah dengan kesuburan mahluk hodup yang berada di sekitarnya. Sungai-sungai pun mengalir indah dari gunung untuk memenuhi kebutuhan air warga.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi Museum Gunung Merapi

Jika anda berniat mengunjungi tempat wisata ini, lokasi museum gunung merapi lebih tepatnya berada di alamt Jl. Boyong Dusun Banteng Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta. Dari luar sudah terlihat sekali museum ini memiliki bangunan yang unik dengan puncaknya yang berbentuk segitiga. Ketika cuaca sedang cerah, dari bangunan ini juga akan terlihat adanya pemandangan gunung merapi yang indah.

Rute Menuju Museum Gunung Merapi

Rute menuju museum gunung merapi dapat dilalui dari jalan kaliurang menuju utara. Kemudian di sana terdapat papan petunjuk yang menunjukan arah menuju museum yang terdapat di sebelah kiri. Ikuti saja jalan ke kiri tersebut maka anda kan sampai pada sebuah perempatan jalan. Beloklah ke kanan sampai menemukan papan petunjuk menuju museum. Ikutilah petunjuk tersebut hingga kira-kira sekitar 1,5 km anda akan sampai di tempat wisata museum gunung merapi.

Museum Gunung Merapi – Photo by @prasetyoeri76

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Museum Gunung Merapi

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Untuk harga tiket masuk museum gunung merapi, anda cukup membayar tiket seharga 3000 rupiah per orang. Dan untuk tiket nonton film gunung merapi, anda perlu membayar lagi seharga 5000 rupiah per tiket nonton. Namun jika anda ingin membeli tiket masuk sekaligus nonton anda dapat membayar seharga 8000 rupiah. Biaya parkir motor di sini juga dikenakan harga 2000 rupiah per mototr.

Jam buka museum ini adalah dari jam 8 pagi hingga jam setengah 4 sore dari hari Selasa sampai Minggu, kecuali hari Jumat yang buka hanya dari jam 8 pagi hingga setengah 3 sore. Sedangkan untuk hari senin, semua museum diliburkan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *