Museum Sonobudoyo, Museum Seni & Budaya Terlengkap di Indonesia

Museum Sonobudoyo Yogyakarta – Tiket Masuk, Jam Buka, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Museum Sonobudoyo. Sebagai daerah istimewa, Yogyakarta kental dengan budayanya. Ada banyak tempat yang memiliki dan menyimpan benda budaya dan sejarah. Salah satunya ada di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Museum ini berada tidak jauh dari titik nol km Yogyakarta, sehingga bisa Anda masukkan ke dalam paket wisata Jogja yang Anda buat.

Wisata Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Belajar Sejarah dengan Cara Modern di Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Museum Sonobudoyo Yogyakarta atau Sonobudoyo merupakan museum kebudayaan dan sejarah Jawa. Museum ini memiliki tampilan arsitektur khas Joglo Limasan atau arsitektur klasik Jawa. Di dalam museum ini terdapat banyak benda bersejarah mulai dari zaman neolitik hingga kebudayaan Jawa seperti keris

Museum terlengkap kedua setelah Museum Nasional yang ada di Jakarta ini terdiri dari 2 unit. Unit pertama museum ada di Jl. Trikora No. 6 Yogyakarta. Sedangkan unit II di Ndalem Condrokiranan, yaitu sebelah utara dari Alun-Alun Utara.

Awalnya museum ini adalah yayasan yang bergerak di bidang kebudayaan Jawa, Madura, Lombok dan Bali yang disebut dengan Java Institute dan berdiri di Surakarta tahun 1919. Di tahun 1924, didirikan museum yang disebut dengan Sonobudoyo yang awalnya mengoleksi beragam jenis artefak. Jumlah artefak di museum ini bahkan sudah mencapai puluhan ribu.

6 November 1935, Museum SOnobudoyo diresmikan langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VI Peresmian ini ditandai dengan Candra Sengkala “Kayu Kinayang ing Brahmana Budha”.

Museum yang awalnya dikelola oleh Kantor Sosial Bagian Pengajaran ini, kini dikelola oleh Pemerintahan Provinsi DIY. Sebelumnya, pengelolaan sempat diberikan ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, diserahkan kembali ke DInas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta.

Secara keseluruhan, Museum Sonobudoyo merupakan museum umum. Ini disebabkan karena di Museum ini terdapat 10 jenis kategori koleksi. Kategori tersebut dan contoh koleksinya yaitu :

  • Teknologi: misalnya gramofon.
  • Biologi: misalnya burung yang diawetkan.
  • Geologi: contohnya batu barit.
  • Seni Rupa: misalnya lukisan.
  • Etnografi: seperti kacip.
  • Arkeologi: seperti Cermin atau darpana.
  • Filogika: misalnya naskah kuno atau tulisan tangan mengenai suatu peristiwa.
  • Historika: misalnya meriam dan senapan laras panjang.
  • Numismatika dan Heraldika: contohnya mata uang dan lambang ataupun cap/stempel.
  • Keramologi: misalnya guci.

Banyak benda yang dipamerkan di tempat ini dan keris merupakan salah satunya. Dalam museum ini, terdapat setidaknya terdapat keris luk 7, keris urus, keris luk 11, keris luk 13. Keris yang dipamerkan di museum ini tidak hanya sebatas keris dari Jawa namun ada juga ada yang lainnya yaitu :

  • Rencong dari Aceh.
  • Mandau dari Kalimantan.
  • Keris Madura dan Bali.
  • Keris Sulawesi.

Selain jenis keris, museum ini juga memiliki koleksi berupa bahan baku pembuatan keris yang dipergunakan di tahun 700 masehi. Koleksi tersebut bernama Wesi Buddha. Uniknya, Anda tidak hanya bisa mengenal beragam jenis kering dengan melihat bentuk aslinya, namun juga lewat teknologi. Dengan teknologi inilah, Anda bisa lebih mengenal sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan.

Selain keris, ada juga benda masa pra sejarah hingga masa datang Islam di Indonesia. Seperti kapak batu, kubur batu, wayang, topeng, teracota, kain batik. Di Museum Sonobudoyo Jogja terdapat topeng yang terbuat dari bahan emas yang disebut Puspa Sarira. Konon, topeng ini merupakan perwujudan dari Gayatri.

Karena koleksi yang lengkap, termasuk buku mengenai kebudayaan dan naskah yang bersejarah, tempat ini kerap dijadikan tempat untuk mencari referensi. Tidak jarang pula Museum Sonobudoyo ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian.

Selain koleksi, di Museum SOnobudoyo juga diselenggarakan pagelaran wayang kulit. Di pertunjukan ini, Anda bisa menonton wayang kulit yang diiringi gending gamelan, dan dibawakan dengan bahasa Jawa. Namun, untuk menikmati pertunjukan ini, Anda harus datang pukul 20.00-22.00 setiap hari senin-sabtu.

Lokasi Wisata Museum Sonobudoyo

Lokasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta, terdiri dari 2 unit. Unit I di Jl. Trikora No. 6, Yogyakarta. Unit II di Ndalem COndrokiranan, WIjilan atau sebelah timur dari Alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Dibandingkan dengan museum unit I, unit II lebih dikenal. Salah satu alasannya adalah karena lokasinya yang strategis. Anda bahkan bisa berjalan kaki dari arah alun-alun utara Yogya sekitar 10 menit atau sekitar 5 menit dari titik 0 km.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Rute ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Rute Museum Sonobudoyo Yogyakarta cukup mudah karena lokasinya yang strategis. Anda bisa menggunakan semua jenis alat transportasi jika Anda dari arah Malioboro. Mulai dari jalan kaki, becak, andong, kendaraan pribadi, trans jogja, taxi, sepeda.

Untuk menuju ke Museum Sonobudoyo, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah kantor Pos besar. Sesampainya di titik nol km, Anda belok kiri dan nanti sekitar 100 meter, museum ada di sisi kanan jalan.

Fasilitas Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Selain kamar mandi dan ruang koleksi, berikut ini merupakan fasilitas yang disediakan di Museum Sonobudoyo baik di unit I ataupun II. Fasilitas Museum Sonobudoyo Yogyakarta tersebut yaitu:

  • Unit I:
    • Auditorium yang dapat dipergunakan sebagai ruang rapat, seminar ataupun pelatihan. Terdapat 2 auditorium yaitu di lantai 1 dengan kapasitas 75 orang dan lantai 2 dengan kapasitas 100 orang.
  • Unit II:
    • Ruang serba guna yang bisa dipergunakan untuk sarasehan, bahkan pernikahan yang berkapasitas 500 orang. Tempat ini sudah dilengkapi dengan kursi lipat, sound system, AC, meja seminar, ruang transit dengan kapasitas 15 orang.
    • Pendopo untuk ruang pengunjung.

Jam Operasional Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Jika Anda ingin ke Museum Sonobudoyo, Anda harus mempertimbangkan Jam operasional Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Museum ini libur setiap hari senin dan hari libur Nasional. Buka mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 15.30 untuk hari Selasa-Kamis serta weekend namun tutup pukul  14.00 WIB di hari Jumat.

Tiket Masuk ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Tiket masuk Museum Sonobudoyo Yogyakarta hanya Rp 2.500 untuk anak-anak, Rp 3000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk wisatawan asing. Namun, jika Anda datang dengan rombongan Anda, tiket per orang yaitu Rp 2000 untuk anak-anak dan Rp 2.500 untuk orang dewasa.

Di museum Sonobudoyo terdapat pagelaran wayang yang diselenggarakan pukul 20.00-22.00 WIB. Namun, untuk melihat pagelaran yang menggunakan bahasa Jawa dan Gamelan ini, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 20.000. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi (0274) 385664.

Jadi, ingin berlibur disini namun tidak ingin repot merencanakan liburan, seperti menggunakan kendaraan apa, mengurusi tiket masuk terutama untuk rombongan? Anda bisa menggunakan Paket tour Jogja. Selain ke museum Sonobudoyo Yogyakarta, Anda juga akan diantar berwisata di tempat lain yang tidak kalah menarik, misalnya berkunjung ke Keraton. Tunggu apalagi, rencanakan liburan Anda dan nikmati liburan menyenangkan dengan harga hemat!

Sudah Wisata di Museum Sonobudoyo?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *