Mengintip Keunikan Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu – Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghibur dan juga menghilangkan kejenuhan dari aktifitas rutin pekerjaan. Walaupun saat ini wisata bisa ketempat rekreasi, namun berwisata ke tempat bersejarah juga sangat direkomendasikan. Selain dapat menambah wawasan Anda tentang beragam artefak, sejarah perjalanan hidup juga dilihat sebagai motivasi menjalankan hidup kedepannya.

Museum Ullen Sentalu – Photo by @deo_carmelita

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Museum Ullen Sentalu

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Museum Ulen sentalu adalah salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi, dimana lokasi Museum Ullen Sentalu berada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman,Yogyakarta. Musem yang buka setiap hari ini mulai jam 08.30–15.00 sore ini merupakan museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik didalamnya.

Rute Menuju Museum Ullen Sentalu

Mulai dari museum tersebut pengunjung dapat mempelajari budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram khususnya pada Kasunanan Surakarta atau Kesultanan Yogyakarta, serta Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman. Tidak hanya budayanya saja pengunjung juga bisa melihat beragam koleksi khas Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu ditampilkan pula tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya. Rute menuju Museum Ullen Sentalu juga sangat mudah.

Museum tersebut dinamakan Ullen Sentalu dikarenakan berasal dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya ialah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.

Museum Ullen Sentalu – Photo by @ojaaaaann

Museum tersebut didirikan oleh seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta. Dalam museum tersebut juga dapat diketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Keadaan museum yang dibangun dengan baik, mampu membuat pengunjung seolah terbawa kembali ke masa Jawa kuno.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Museum Ullen Sentalu ini merupakan museum terbaik diIndonesia bahkan Negara lain pun mengakui museum tersebut benar-benar menyuguhkan seauatu yang lain. Bahkan Dari Natonal Geographic pun juga memberikan predikat museum terbaik pada websitenya. Jadi merupakan pengalaman yang sangat berharga dan kesempatan yang membanggakan bila bisa berwisata kemuseum tersebut.

Salah satu artifak lain yang dapat ditemui adalah Topeng, dimana dilingkungan masyarakat Jawa,Madura, dan Bali, topeng tidak hanya digunakan dalam pertunjukan topeng Panji, tetapi juga digunakan dalam pertunjukan wayang wong Ramayana dan Mahabharata. Pada pertengahan abad 18 wayang wong mulai dikembangkan di Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Mangkunegaran, Surakarta. Wayang wong yang dikembangkan oleh kedua kraton ini merupakan renaissance dari pertunjukan wayang wong Majapait pada abad ke 13. Selain topeng ada pula patung dan barang kuno lainnya khaas Museum tersebut.

Museum Ullen Sentalu – Photo by @noniaprana

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Museum Ullen Sentalu

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Keunikan lain juga dapat ditemukann di Museum Ullen Sentalu, yakni dari harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu yang berbeda mulai dari pengunjung lokal maupun mancanegara. Untuk wisatawan loka orang dewasa hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 30,000 dan anak- anak dikenakan Rp 15,000 saja. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara orang dewasa akan dikenakan Rp 50,000 dan anak-anaknya akan dikenakan Rp 30,000, berlaku bagi wisatawan yang sudah memiliki Kitas.

Dengan harga tiket masuk yangbberbeda tersebut antara wisatawan lokal dan mancanegara maka Anda harus bangga sebagai masyarakat yang memiliki museum tersebut. Selain lebih dekat juga harga tiket masuk dibuat murah dan terjangkau. Itulah perbedaannya harga tiket masuk karena sudah dikenal sebagati Museum terbaik.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *