Pantai Baru – Wisata Jogja Unik dengan Kincir Angin

Pantai Baru – Mendengar namanya, mungkin sebagian traveler sudah familiar dan ada juga yang belum. Pantai Baru adalah salah satu tempat wisata yang bisa memberikan ketenangan saat berlibur. Lokasi Pantai Baru adalah di Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762. Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru menjadi tempat wisata terdekat yang berbatasan langsung dengan objek wisata ini dengan jarak amat dekat. Selain itu tempat ini juga dekat dengan Muara Sungai Progo.

Pantai Baru – Photo by @ijalnst

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Baru

Harga Tiket Masuk Pantai Baru

Harga tiket masuk Pantai Baru atau retribusinya adalah Rp 3.000,00. Nominal tersebut tentu sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan alam serta berbagai biaya perawatan objek wisata ini. Karena biayanya cukup murah, maka banyak orang yang mengambil spot foto di sana. Apalagi dengan keberadaan kincir angin yang anti mainstream, para penyuka foto instagramable juga berbondong – bondong piknik di Pantai Baru.

Rute Menuju Pantai Baru

Rute menuju Pantai Baru adalah melalui Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS), Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat melalui rute ini, para traveler akan menemukan bahwa lalu lintasnya cukup lenggang dengan view indah dari gumuk pasir luas yang terlapisi oleh deretan semak kecoklatan. Keunikan dari objek wisata ini adalah di sana ada banyak kincir angin yang dibuat dengan ukuran berbeda.

Pengunjung dapat mulai melihat aneka kincir angin dalam jumlah banyak dan unik karena tidak dibuat sama dengan yang ada di Belanda. Kincir angin tersebut didesain menyatu dengan lampu jalan. Di objek wisata ramah lingkungan ini kincir anginnya tidak bertiang lurus berbentuk tabung seperti di Belanda. Keunikan dari tiang – tiang panjang yang ada di Pantai Baru yakni tampak seperti menara listrik atau tower sutet.

Pantai Baru – Photo by @athiyyahkamilia

Setelah sampai dari JJLS, pengunjung akan mendapati petugas parkir yang mengarahkan untuk penataan kendaraan dengan jasa Rp 2.000,00. Jika sudah memarkirkan kendaraan maka selanjutnya para traveler bisa mulai berlarian di atas pasir dengan puluhan spot instagramable seperti pohon cemara dan ombak laut yang berkejaran.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Nama pantai ini dikatakan sebagai baru karena jika dihitung dari masa operasional resminya memang belum genap 7 tahun. Peresmian Pantai Baru sebagai objek wisata dilaksanakan pemerintah sejak Mei 2010. Lokasi ini juga bisa menjadi tempat wisata di jogja edukasi bagi anak – anak karena memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). PLTH tersebut ada di bagian dekat pintu entrance.

Kincir angin yang dibangun sendiri merupakan salah satu perangkat untuk menangkap lebih banyak angin sebagai sumber tenaga listrik bagi para warga. Kemenristek menjadi fasilitator pengatur keberadaan dan pembangunan benda tersebut di area pantai yang strategis. Karena berada di bagian yang banyak angin, maka sistem PLTH semakin maju dan berkembang disamping peningkatan kualitas sarana prasarana pariwisatanya.

Inilah yang membuat bentuk kincir angin di Pantai Baru berbeda dengan Belanda. Karena fungsinya dibuat berbeda sehingga saat pembangunan pun menyesuaikan dengan tujuan masing – masing. Bagi para pengunjung yang ingin berfoto bisa melakukannya dari jauh karena daerah kincir angin dipenuhi tanah bersemak – semak tinggi dan lebat.

Pantai Baru – Photo by @agungdhani

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Baru

Lebih baik jika ingin berfoto bersama kincir angin pengunjung mengambil spot yang agak jauh supaya bisa memperlihatkan lebih banyak tower tinggi tersebut. Selain kincir angin, beberapa hal menarik lainnya dari Pantai Baru adalah pasir hitam dan ATV. Para traveler bisa naik ATV dan mencobanya di trek pasir yang menantang. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri yang menyenangkan saat liburan tiba di sana.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.