Pantai Butuh – Pilihan Tepat Jika Anda Pergi ke Gunung Kidul

Pantai Butuh – Pantai Butuh merupakan salah satu pantai dengan kekayaan alam memukau yang berada di kawasan Gunungkidul Yogyakarta. Seperti yang kita tahu bahwa Gunungkidul merupakan kawasan Jogja yang terkenal dengan wisata alam pantainya yang indah. Salah satunya adalah pantai butuh tersebut. Lokasi Patnai Butuh ini terletak di dusun Bedalo, desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Butuh – Photo by @riiyaaaaaa_

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Butuh

Rute menuju Pantai Butuh ini cukup menguras tenaga dikarenakan lokasinya yang cukup jauh dari daerah perkotaan. Apalagi harus melewati jalanan yang belum diaspal. Ada banyak sekali tanjakan di sini dan membuat pengemudi harus berhati-hati. Jika tidak, kendaraan yang dibawa pengmudi bisa mengalami kerusakan atau terjatuh. Jika musim hujan datang, jalanan di sini akan menjadi lebih licin.

Namun, semua perjalanan sulit yang telah dilalui tersebut akan terbayarkan dengan kenikmatan pemandangan yang terdapat di pantai butuh ini. Belum banyak pengunjung yang berdatangan ke pantai ini, sehingga bagi anda yang menyukai tempat yang jauh dari keramaian, anda bisa mengunjungi pantai ini. Area pantai ini tidak terlalu luas dan diapit oleh dua perbukitan bebatuan karst disertai pepohonan yang masih rimbun.

Pantai Butuh – Photo by @idadesy

Meskipun pasir pantainya tidak terlalu luas, di pantai butuh ini anda tetap bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan seperti bermain bola di pasir pantai, bermain air dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, dan yang tidak ketinggalan adalah berfoto ria bersama keluarga dan teman-teman. Namun, tetaplah ingat untuk selalu menjaga keselamatan diri anda dari kemungkinan bahaya yang akan terjadi. Harga tiket masuk Pantai Butuh juga terbilang murah, karena anda cukup hanya membayar biaya parkir saja.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Setelah lelah bermain dan beraktivitas, anda bisa istirahat di bawah pohon rindang sembari menikmati hembusan angin yang sejuk. Apalagi jika anda tiduran di bawah pohon ini, pasti akan merasa sangat nyaman seperti tidur di kamar sendiri. Namun ada baiknya anda jangan sampai tidur di tempat umum apalagi di tempat terbuka karena ditakutkan ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Di pantai Butuh ini, tidak terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Semuanya masih standar saja. Ada beberapa kamar mandi, area parkir yang memadai, dan juga warung makan yang menyediakan beberapa makanan untuk mengganjal perut. Di sini juga belum ada penginapan seperti yang terdapat di pantai-pantai lainnya. Namun, jika anda ingin bermalam, anda bisa berkemah di sini dengan membawa tenda pribadi dan juga peralatan kemah lainnya.

Pantai Butuh – Photo by @fajarhudananto

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Butuh

Lingkungan di pantai Butuh ini cukup aman untuk ditinggali. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk bermalam dan menikmati sunrise di pagi hari. Untuk harga tiket masuk pantai butuh, dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah per orang. Selain itu, pantai ini juga bersebelahan dengan pantai ngedan dan juga pantai mbirit. Jadi, sesudah anda berwisata di pantai ini, anda bisa menyusuri pantai-pantai lainnya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *