Kulineran Seafood di Pantai Depok

Pantai DepokLokasi Pantai Depok adalah di daerah Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, masih berlokasi di area Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pesona pantai ini menjadi salah satu daya tarik Jogja terhadap para turis baik domestik maupun mancanegara. Selain indah, sudah banyak fasilitas lengkap dibuat oleh pemerintah setempat. Jadi, hiasan – hiasan unik di sekitar pantai sangat mendukung lokasi ini mempunyai banyak spot instagramable nan menyenangkan.

Bagi pecinta aneka olahan seafood, maka mengunjungi Pantai Depok adalah sebuat ide brilian. Karena di sana terdapat banyak penjual di pasar ikan. Tidak hanya itu, pada area sekitarnya juga ada beberapa tempat makan yang recommended dari segi kebersihan serta kelezatan sajian kuliner. Apabila datang ke pantai ini jangan lupa mengambil foto dengan latar belakang perahu – perahu nelayan yang tertambat. Selain indah, fenomenanya juga sangat unik.

Tidak semua pantai menjadi tempat nelayan menambatkan perahu dan berlayar. Itulah sebabnya hal ini bisa dikatakan sebagai fenomena. Karena keunikan inilah momen tersebut tidak boleh dilewatkan. Pada umumnya di sore hari perahu akan tertambat dan latar belakang ini benar – benar penuh makna tentang perjuangan dalam bekerja. Tentu berfoto dengan baground tersebut bisa membuat liburan lebih greget.

Rute Menuju Pantai Depok

Rute menuju Pantai Depok adalah sama seperti Pantai Parangtritis karena berada dalam satu area. Tetapi sebelum sampai di pantainya dan setelah memasuki area Parangtritis sebaiknya para traveler mengambil jalan di sebelah kanan. Ambil jalan lurus sampai terlihat gapura sendiri untuk Pantai Depoknya.

Harga Tiket Masuk Pantai Depok

Harga tiket masuk Pantai Depok sekali masuk sangat terjangkau yaitu Rp 5.000,00 saja. Harga ini tentu sangat murah dan affordable untuk semua kalangan. Dengan demikian, jangan sampai ragu untuk menghabiskan liburan di objek wisata di jogja yang satu ini. Selain harga tiket, mungkin pengunjung harus membayar biaya parkir dan itupun juga wajar sehingga total biaya yang diperlukan tidak lebih dari Rp 10.000,00.

Pantai Depok – Photo by @haifid_

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Depok

Jika ingin membeli aneka ikan dan seafood lainnya, harga yang ditawarkan cukup beragam tetapi masih berada dalam rentangan amat terjangkau. Mungkin karena tempat ini adalah penyedia ikan di tangan pertama sehingga harganya sangat murah. Ikan cakalang yang mentah bisa dibeli dengan harga Rp 8.000,00 setiap kilogram. Isi dalam 1 kilogram ikan cakalang ukuran normal kurang lebih antara 5 – 6 ekor.

Pantai Depok – Photo by @elzaneetha

Selain ikan cakalang, masih ada banyak yang menarik seperti ikan kakap putih atau merah dengan harga antara Rp 17.000,00 – Rp 25.000,00 setiap satu kilogramnya. Jika merasa ribet dengan ikan mentah, maka pengunjung bisa request ke panjual untuk sekalian mengolahnya dalam bentuk rebusan atau dibakar. Biaya tambahannya tidak terlalu mencekik dan keuntungan lain adalah bisa langsung dinikmati atau dibawa tanpa bau amis.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi dan menggunakan sarana transportasi umum maka sebaiknya memilih olahan ikan yang sudah matang untuk mengantisipasi bau dan komplain dari penumpang lain. Meskipun dimasak langsung, tetapi kesegaran ikan tetap terjaga karena memang perolehannya dari laut asli dan tidak mengandung bahan pengawet berbahaya. Para penjual menggunakan es atau di asap sebagai langkah tradisional pengawetan ikan.

Pantai Depok – Photo by @ahsanreis

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Depok

Jadi, Pantai Depok tidak hanya indah tetapi juga sangat cocok dikunjungi sebagai objek wisata kuliner kekinian. Banyak objek foto instagramable ditambah titik pembelian ikan serta olahannya dengan harga terjangkau. Tidak semua pantai menyediakan fasilitas ini. Oleh karena itu, jika main ke Jogja jangan sampai lupa mengunjungi objek wisata alam mempesona ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.