Pantai Drini – Pantai Tenang di Gunung Kidul

Pantai Drini – Pantai Drini merupakan salah satu pantai paling tersohor di daerah Gununngkidul Yogyakarta karena terdapat pulau kecil di tengahnya. Hal tersebut membuat pantai drini terbagi menjadi dua buah bagian. Pada pulau kecil tersebut, terdapat banyak tumbuhan santigi atau yang lebih dikenal oleh masyarakat penduduk setempat sebagai “drini”. Demikianlah asal-usul penamaan pantai tersebut. Lokasi Pantai Drini sangat mudah untuk ditemukan, jika anda masih bingung maka anda bisa melihat map lewat browser anda.

Pantai Drini – Photo by @mna_syahri

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Drini

Ketika laut sedang surut, para pengunjung bisa pergi ke pulau kecil tersebut. Untuk memanjat karang tidak diperlukan keahlian khusus panjat tebing karena terdapat tangga beton yang bisa dinaiki untuk bisa sampai ke atas bukit di pantai tersebut. Dari atas bukit, anda bisa melihat secara keseluruhan pemandangan dari Pantai Drini yang sangat luas dan indah.

Gunungan alang-alang, beberapa atap gazebo, hingga perahu-perahu dari para nelayan yang tampak berbaris dengan rapi dan mungil seperti sedang melihat miniature perumahan kurcaci. Anda bisa menjadikannya sebagai objek untuk berfoto. Disertai dengan hembusan udara yang segar, akan membuat anda merasa betah berada di atas sinidan ingin berlama-lama menikmati pemandangan.

Pantai Drini – Photo by @ikapuspitahusen

Bagian Pantai Drini yang terbagi menjadi dua di sebelah timur dan barat ini menjadikannya sebagai dua karakter yang berbeda seperti manusia yang memiliki kepribadian ganda. Di sebelah timur anda akan melihat deretan tebing-tebing yang nampak berbaris menjulang tinggi dengan gagah ditambah dengan pulau yang memiliki bebatuan karang. Tebing-tebing tersebut terjaga dari deburan ombak yang ganas sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk disinggahi.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Anda pun bisa bebas berenang di pantai ini karena airnya yang berwarna biru kehijauan dan jernih untuk dinikmati. Sembari melihat berbagai macam ikan berenang di sekitaran pantai. Kadang kala ikan-ikan tersebut seperti sedang mengajak pengunjung untuk bermain petak umpet. Pada bagian tengah pantai, terdapat sekumpulan pasir hitam yang mendominasi pasir putih. Untuk harga tiket masuk Pantai Drini terbilang murah.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sejak dulu, terdapat sungai bawah tanah yang bermuara di pantai Drini. Aliran dari sungai tersebut membawa pasir hitam hingga ke bagian tengah pantai Drini. Hingga sekarang pasir hitam itu masih bisa dilihat oleh para pengunjung. Para pengunjung pun tak ingin melewatkan kesempatan tersebut untuk memotretnya.

Pantai Drini – Photo by @dtheun

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Drini

Di bagian barat pantai, terdapat deretan perahu berbaris dengan rapi. Terlihat pula beberapa nelayan sedang menebarkan jala ke dalam air untuk mendapatkan ikan. Pantai Drini memang juga merupakan salah satu kampungnya para nelayan tradisional. Ombak-ombak yang berdebur dengan kuat dijadikan oleh nelayan sebagai jalur untuk mengarungi samudera. Rute menuju Pantai Drini juga mudah untuk dilalui.

Setelah puas berkeliling pantai kesana kemari, para pengunjung dapat beristirahat di bangunan gazebo-gazebo yang beratapkan ilalang sembari menikmati minuman air kelapa yang segar guna menghiangkan rasa letih yang melanda setelah berjalan-jalan di pantai. Pantai Drini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.