Sensasi Seru Trekking dan Camping di Pantai Greweng

Pantai Greweng – Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta memang terkenal sebagai sebutan surganya pantai di Jogja. Karena ada banyak sekali pantai-pantai dibangun di daerah Gunungkidul. Ada beberapa pantai yang lokasinya belum banyak diketahui oleh orang-orang. Salah satunya adalah Pantai Greweng. Pantai ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan pantai baron karena diapit juga oleh kedua bukit karst yang besar.  Namun pasirnya putih, tidak hitam atau coklat seperti di pantai baron.

Pantai Greweng – Photo by @diaahseptiana_

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Greweng

Garis pantai greweng tidak terlalu panjang dan kurang dari 1 km. Ombaknya juga tidak terlalu besar. Jadi, kawasan pantai ini cocok dijadikan sebagai  tempat untuk berenang. Pemandangan di pantai ini juga tak kalah hebatnya dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Jogja. Suasananya yang sepi juga menjadikan pengunjung merasa berada di pantai milik pribadi karena jauh dari kebisingan orang-orang. Lokasi Pantai Greweng terdapat diantara Pantai Sedahan dan Pantai Jungwok.

Namun untuk bisa sampai ke pantai greweng, anda harus melakukan tracking melalui jalan setapak yang lumayan panjang. Meskipun begitu, jalur menuju pantai ini cukup ringan dan tidak terlalu membahayakan. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi, anda akan emlihat pemandangan alam di sekitar pantai greweng yang masih sangat alami untuk dipandang.

Pantai Greweng – Photo by @meida.tw

Ada juga hutan batu di sini. Disebut sebagai hutan batu karena hutan ini dilapisi banyak bebatuan yang memiliki bentuk yang beraneka ragam. Membuat kawasan ini terlihat lebih memiliki kesan artistic. Anda juga akan menemukan sebuah goa kecil ketika melakukan perjalanan menuju pantai. Di sekitar pantai ini juga terdapat sumber air tawar yang mengalir dari perbukitan di sebelah utara menuju pantai. Rute menuju Pantai Greweng bisa dibbilang agak sulit, karena anda harus trekking dulu, kendaraan beroda tidak bisa melewati jalan untuk menuju kesana.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Di area ini juga terdapat wilayah yang bisa dijadikan area perkemahan yang strategis. Banyak pengunjung yang melakukan camping di sekitar sini, dank arena suasananya yang cukup sepi, menjadikan hal tersebut sebagai hal yang menyenangkan karena serasa bisa melakukan apa saja dengan bebas tanpa ada yang mengganggu dengan kebisingan suara. Apalagi jika camping di hari biasa dan bukan akhir pekan.

Untuk harga tiket masuk Pantai Greweng anda hanya akan diminta biaya retribusi dan juga biaya parkir. Fasilits di pantai ini terbilang belum banyak dan masih seadanya saja. Namun ada beberapa warung penjaja kuliner yang sudah dibangun. Untuk jam bukanya bebas selama 24 jam. Jadi anda bisa datang ke sini kapanpun anda mau asalkan tetap menjaga kebersihan pantai dan tidak melakukan kerusuhan.

Pantai Greweng – Photo by @cadileka

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Greweng

Hingga saat ini belum ada penginapan seperti hotel yang dibangun di dekat area pantai greweng. Sebagai gantinya anda bisa berkemah dengan mendirikan tenda di sekitar pantai tersebut. Berkemah di sini bersama teman-teman akan menjadikan liburan anda penuh petualangan dan pengalaman menyatu dengan alam. Tunggu apa lagi? Segera kemas barang-barang anda dan langsung pergilah menuju pantai Greweng!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *