Indahnya Pantai Kayu Arum Gunung Kidul

Pantai Kayu Arum – Pernah mendengar Pantai Kayu Arum? Jika belum, maka Anda harus mengenalnya dengan berkunjung ke pantai tersebut. Ini dikarenakan pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga bagi Anda yang ingin suasana hening dan tenang bisa didapatkan. Selain itu keindahan alam yang ditawarkan juga dapat membuat Anda terkesan.

Pantai Kayu Arum – Photo by @arif.obama

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Kayu Arum

Lokasi Pantai Kayu Arum berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta. Sedikit lebih terjangkau jika Anda menempuh perjalanan dari kota Jogja dibandingkan jika berangkat dari Jakarta. Selain itu kira-kira dari pantai tersebut 7 km, Anda akan menemukan pantai lain yang dikenal dengan Pantai Baron.

Keindahan alami yang ditawarkan cukup memukau wisatawan yang datang, mulai dari pasir putih yang bersih hingga wara air laut yang alami.

Kanigoro, Kayu Arum, begitulah nama pantai yang masih jarang dikunjungi pelancong itu. Pantai berpasir putih dan bersih ini terletak di daerah Kecamatan Saptosari Gunung Kidul sekitar 7 km dari Pantai Baron. Jadi cukup dengan mengunjungi Area tersebut sudah bisa mendapatkan pemandangan seperti yang diharapkan para pengunjung yang akan berwisata. Harga tiket masuk ke Pantai Kayu Arum juga cukup bersahabat alias murah.

Pantai Kayu Arum – Photo by @kumans__

Dibandingkan dengan pantai dibali yang sudah banyak dikenal wisatawan dan intensitas pengunjungnya yang tinggi membuat keheningan pantai akan sulit didapat. Sedangkan Pantai Kayu Arum yang jarang dikunjungi wisatawan dapat membuat wisatawan tenang dan rileks setelah sampai di pantai tersebut. Walaupun memang pengunjung akan ditantang untuk melewati jalan yang rutenya cukup menantang.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Keindahan lain Pantai Kayu Arum yang bisa didapatkan adalah tidak dikenakannya biaya masuk ke pantai tersebut alias gratis. Mungkin karena pengunjungnya yang belum banyak membuat tempat wisata ini masih dimudahkan khususnya bagi pengunjung yang baru pertama kali datang agar kedepannya lebih ramai jumlah pengunjungnya.

Kepopuleran Pantai Kayu Arum memang belum sepopuler pantai lain di Gunung Kidul lain seperti Pantai Indrayanti. Akan tetapi beberapa wisatawan justru memang lebih mencari keindahan alami pantai yang jarang dikunjungi. Mungkin sebagian wisatawan menyebutnya dengan istilah pantai yang masih perawan. Rute menuju Pantai Kayu Arum juga sangat mudah.

Dengan Jumlah pengunjung yang belum terlalu banyak, jenis pantai seperti ini memang banyak diburu okeh wisatawan domestik maupun asing. Sehingga jika potensi ini dikembangkan dan diperkenalkan secara massal tentunya akan dibanjiri oleh pengunjung jauh lebih banyak dibandingkan pantai yang sudah populer sebelumnya.

Pantai Kayu Arum – Photo by @dg.ngemba

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Kayu Arum

Jadi selagi kondisi Pantai Kayu Arum masih belum banyak diburu pengunjung, segera agendakan wisata alam Anda ketempat tersebut. Apalagi dengan gratisnya tiket masuk jadi keunggulan utama yang dapat menarik wisatawan menikmati indahnnya Pantai Kayu Arum tersebut.

Waktu terbaik berkunjung agar tidak terlalu ramai bisa memilih waktu selain Weekend. Sebab selain lebih tenang, Anda juga bebas menentukan kegiatan yang dilakukan di Pantai Kayu Arum.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *