Wisata Alam Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pantai Ngobaran – Pantai Ngobaran yang berada di Gunungkidul Yogyakarta lokasinya tidak jauh dari Pantai Ngrenehan sehingga tiket masuk menuju kedua pantai tersebut bisa menjadi satu. Jadi, apabila anda berkunjung ke Pantai Ngrenehan, jangan lupa untuk berkunjung ke pantai Ngobaran agar anda tidak merasa rugi untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan dari kedua pantai tersebut. Lokasi Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Ngobaran – Photo by @novel_andreas.k

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang lumayan eksotik di mata para pengunjung. Ketika air sedang surut, anda akan melihat hamparan rumput laut yang berwarna hijau dan coklat. Rumput laut yang tumbuh di sela-sela karang juga akan tampak seperti sawah yang padat akan penduduk jika anda melihatnya dari atas. Jika anda tidak percaya, anda bisa membuktikannya sendiri. Untuk harga tiket masuk Pantai Ngobaran ini sebesar Rp.3.000,- sudah termasuk tiket masuk ke pantai Ngrenehan karena dua pantai ini merupakan satu paket satu tiket.

Pantai Ngobaran – Photo by @putridr270798

Di sela-sela karang dari pantai ngobaran, anda akan melihat berbagai jenis binatang laut hidup di sana seperti landak laut, dan juga berbagai jenis kerang. Yang unik dari pantai ini adalah bangunan-bangunan bersejarahnya yang bisa anda jumpai di sekitaran pantai. Di sini juga terdapat beberapa kepercayaan tertentu yang sering diadakan ritualnya bagi sebagian warga yang memiliki kepercayaan tersebut.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Bangunan-bangunan tempat ibadah yang berada di pantai ini juga cukup unik, yaitu :

  • Bangunan Pura bagi yang memiliki kepercayaan Jawa dan penganut keturunan Brawijaya V yang merupakan salah satu keturunan Raja Majapahit. Pura-pura ini dibangun pada tahun 2003 dan dilengkapi dengan patung-patung dewa berwarna putih.
  • Di sebelah kiri dari Pura anda akan melihat adanya pendapa yang digunakan sebagai sebagai tempat ibadah bagi warga yang memiliki kepercayaan aliran Kejawen.
  • Dalam jarak beberapa meter, anda akan menemui jalanan setapak yang berada di depan pendopo. Lalu anda akan menjumpai sebuah kotak batu yang ditumbuhi oleh beberapa tanaman kering dan juga dipagari oleh kayu berwarna abu-abu. Berjalan lagi selama beberapa meter anda akan menemui Pura yang digunakan sebagai tempat ibadah orang Hindu.
  • Di depan sebuah kotak batu, anda akan menemukan Masjid sederhana yang beralaskan pasir pantai.

Pantai Ngobaran – Photo by @ayuanisa12

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Seruni

Masjid yang hanya berukuran sekitar 3 x 4 meter itu terlihat menyatu dengan alam karena ditutupi oleh pasir pantai. Masjid ini dihadapkan ke arah Selatan, namun pada Masjid juga sudah diberikan petunjuk arah kiblat yang sebenarnya sehingga para wisatawan yang melakukan ibadah sholat bisa menghadap ke arah yang benar. Tempat imam memimpin sholat juga berhadapan langsung dengan lautan. Hal ini benar-benar menambah keunikan tersendiri bagi pantai. Rute menuju Pantai Ngobaran ini juga sangat mudah untuk dilalui.

Sebagai salah satu destinasi wisata alam yang sangat menarik di Gunungkidul, Pantai Ngobaran memberikan nuansa keharmonisan bagi keberagaman dan mengajarkan kita untuk saling menghargai setiap perbedaan yang terdapat pada masing-masing manusia. Sepertinya tidak ada tempat lain yang memiliki keunikan seperti Pantai Ngobaran ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *