Pantai Ngrawe, Pesona Pantai Miami kini berada di Gunungkidul

Wisata Pantai Ngrawe Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Pantai Ngrawe/ Pantai Mesra. Pantai Ngrawe Yogyakarta adalah destinasi wisata yang terbilang baru di daerah Gunungkidul. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat ini harus siap-siap terpesona dengan keelokan pemandangannya. Sebenarnya pantai ini sudah lama ada, tapi belakangan ini baru dikelola untuk bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata. Penasaran dengan pantai ini? Simak artikel berikut ini dan jangan lupa untuk berkunjung menggunakan jasa paket wisata Jogja.

Wisata Pantai Ngrawe

Pemandangan Instagramable, Pantai Ngrawe di Gunungkidul

Pantai Ngrawe memiliki keunikan tersendiri yang sayang sekali bila Anda lewatkan. Meskipun destinasi wisata satu ini masih dalam tahap pengembangan, tapi sudah banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang berkunjung ke tempat ini. Selain menikmati pemandangan pantai, di sini Anda juga bisa bersantai di spot taman yang telah dibangun pengelola. Anda bisa duduk-duduk santai di bawah pepohonan palm sembari mengabadikan momen liburan Anda.

Sebelumnya, nama pantai ini terdengar asing sebab belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Sekarang, destinasi wisata ini telah dikembangkan dan dibangun bangunan-bangunan yang tertata rapi sehingga dapat menjadi salah satu tempat wisata yang diunggulkan di Gunungkidul.

Pantai ini juga dijuluki dengan sebutan pantai perawan, karena lokasinya masih sepi, belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Jika Anda sedang mencari tempat wisata untuk menenangkan diri dan melepas penat, pantai ini bisa menjadi salah satu opsi untuk Anda. Suasana pantai ini semakin cantik ketika menjelang sore hari.

Anda bisa menikmati view sunset ditemani hamparan pasir putih dan debur ombak yang menyapa bibir pantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam dari gazebo yang berada di atas bukit sembari bersantai.

Selain menikmati sunset, di sini Anda juga bisa menikmati indahnya sunrise. Jika ingin tinggal lebih lama, Anda bisa mencari penginapan terdekat. Terdapat berbagai kelas penginapan, mulai dari yang sedang hingga sekelas hotel.

Ketika berkunjung, salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini adalah terdapat rerumputan hijau di dekat warung-warung yang menjual makanan. Wah, berasa sedang liburan di luar negeri. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang menjuluki pantai ini dengan sebutan “Miami” di Gunungkidul.

Jangan lupa untuk membawa kamera karena Anda bisa mengabadikan banyak momen indah ketika mengunjungi destinasi wisata satu ini, terutama bagi Anda yang seorang fotografer. Anda bisa menjadikan ombak yang berlomba mencapai bibir pantai dan bukit-bukit karang yang menjulang sebagai objek foto Anda. di sepanjang bibir pantai terdapat banyak sekali sudut-sudut indah yang bisa Anda bidik menggunakan kamera.

Lokasi Pantai Ngrawe

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke daerah Gunungkidul maupun wisatawan dari luar Jogja, Anda mungkin belum mengetahui di mana pantai ini terletak. Sebelum dikembangkan hingga menjadi lokasi wisata yang seperti saat ini, untuk dapat menuju lokasi pantai, akses jalannya masih terbilang susah. Pengunjung perlu menunggu air laut surut untuk dapat mengakses jalan menuju lokasi atau dengan mendaki bukit yang berada di sebelah barat pantai Kukup Gunungkidul. Lokasi Pantai Ngrawe tepatnya terletak di Ngepung, Kemandang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, D. I. Yogyakarta. Anda cukup berkendara selama 2 jam dari kota Jogja, atau kurang lebih 50 menit dari Gunungkidul.

Untuk bisa sampai di pantai tersebut, Anda harus melalui pos retribusi yang terdapat di Pantai Baron, kemudian menuju ke Pantai Kukup. Setelah melakukan perjalanan selama kira-kira 5 menit, Anda akan menemukan pertigaan yang terdapat papan penunjuk jalan menuju Pantai Ngrawe dan Pantai Mbuluk. Ikuti papan tersebut hingga sampai di area parkir.

Rute ke Pantai Ngrawe

Terdapat 6 rute Pantai Ngrawe yang dapat Anda pilih untuk bisa sampai di lokasi. Pertama, jika Anda berangkat dari kota Jogja, rute tercepat yang dapat Anda tempuh yaitu dari Jalan Imogiri Barat, Anda menuju ke Jalan Imogiri Siluk, kemudian ke Jalan Siluk Panggang, Jalan Raya Panggang Wonosari, Jalan Pantai Selatan Jawa hingga sampai di Ngepung.

Rute kedua yaitu dari Jalan Wonosari menuju ke Jalan Nasional III, kemudian ke Jalan Raya Wonosari-Paliyan, Jalan Giring Singkil, Jalan Pantai Selatan Jawa, dan Anda akan sampai di daerah Ngepung.

Rute ketiga, Anda bisa mengemudi dari Jalan Wonosari menuju Jalan Nasional III, lalu ke Jalan Playen Paliyan, kemudian ke Jalan Raya Panggang Wonosari, Jalan Pantai Selatan Jawa, hingga sampai di daerah Ngepung.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-pantai-jogja” ]

Bila Anda berangkat dari Gunungkidul, Anda bisa melewati rute berikut.

Rute pertama, Anda bisa melalui Jalan Baron ini merupakan rute tercepat. Kedua, Anda bisa melalui Jalan Baron dan Jalan Pantai Selatan Jawa. Ketiga, Anda bisa melalui Jalan Pantai Selatan Jawa, tapi rute ini merupakan rute yang terjauh.

Agar lebih jelas, Anda bisa memanfaatkan layanan Google Maps di smartphone Anda. Namun, karena terkadang di sekitar lokasi pantai susah sinyal, Anda bisa mengaktifkan mode offline. Selain itu, sebaiknya Anda berhati-hati ketika berkendara karena perjalanan cukup jauh serta medan menuju lokasi penuh tanjakan dan turunan.

Fasilitas Pantai Ngrawe

Selain menawarkan pemandangan alam dan hamparan pasir yang indah, terdapat pula beberapa fasilitas yang siap memanjakan pengunjung yang datang. Meskipun masih berada di tahap pengembangan, tapi fasilitas Pantai Ngrawe yang disediakan oleh pihak pengelola sudah cukup mumpuni, di antaranya:

  • Tempat parkir yang luas
  • Warung yang menjual beragam minuman dan makanan
  • Gazebo
  • Aula
  • Toilet
  • Mushola
  • Penginapan
  • Spot foto

Keindahan alam pantai dipadukan dengan fasilitas yang tersedia membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di tempat ini. Pantai ini merupakan alternatif destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Jogja, khususnya Gunungkidul.

Jam Operasional Pantai Ngrawe Yogyakarta

Jam buka Pantai Ngrawe 24 jam, tapi jam operasionalnya dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Pantai ini dibuka setiap hari sehingga Anda bisa berkunjung kapanpun Anda inginkan. Namun, biasanya di akhir pekan pantai ini lebih ramai dikunjungi wisatawan.

Tiket Masuk Pantai Ngrawe

Harga tiket masuk Pantai Ngrawe tergolong murah, perorangnya hanya dikenakan biaya sebesar Rp10.000 saja. Sementara biaya parkirnya, Anda cukup membayar Rp 5.000 untuk mobil dan Rpc3.000 untuk motor. Walaupun pantai ini masih baru, tapi tarif yang dikenakan sama seperti pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Jika Anda sedang melancong ke Gunungkidul, tak ada salahnya untuk mampir ke Pantai Ngrawe Yogyakarta dan menikmati keindahan pantai yang sangat eksotis ini. Jika Anda berasal dari luar Gunungkidul atau bahkan luar Jogja, Anda sebaiknya mencari tempat untuk beristirahat. Anda bisa booking penginapan, paket makan, serta beragam fasilitas lainnya melalui paket wisata Jogja

Sudah Wisata di Pantai Ngrawe ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *