Serunya Berkemah di Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput – Pantai Ngrumput di daerah Gunungkidul Jogja merupakan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai Ngrumput ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu luas, dan di sisi-sisinya terdapat lekukan tebing dan juga bukit yang kehijauan. Hal ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ngrumput sehingga banyak para wisatawan yang senang berkunjung ke area pantai ini.

Pantai Ngrumput – Photo by @tommyyox

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Ngrumput

Selain itu, jika mengunjungi pantai ini, anda akan menemukan barisan tebing-tebing tinggi, lorong goa, dan juga karang-karang bolong. Pasir putih yang terdapat di pantai ngrumput ini berwarna kecoklatan dan memiliki buliran yang besar seperti bubuk lada atau merica. Lalu, di sekitar bibir pantai, anda bisa melihat batu-batu karang. Dan di bagian yang menjorok ke arah tebing dalam, anda akan menemukan hamparan pasir luas dan datar. Kawasan tersebut sering dijadikan sebagai tempat strategis untuk menggelar tenda. Lokasi Pantai Ngrumput juga mudah untuk anda temukan, jika anda bingung coba anda cari di browser anda.

Pantai Ngrumput – Photo by @aziz_kw13

Di sebelah timur dari pantai ngrumput, terdapat bukit kosakora yang dapat anda daki. Puncak kosakora merupakan puncak paling tinggi yang berada di kawasan perbukitan sekitaran Pantai Drini dan Pantai Ngrumput. Dari atas bukit kosakora pula anda bisa melihat pemandangan indah dari lekukan pantai yang tersembunyi. Karena tempatnya yang cukup tinggi yaitu 50 meter, maka anda bisa melihat semuanya dengan jelas. Untuk harga tiket masuk Pantai Ngrumput juga terbilang tidak merogoh saku anda dalam-dalam alias murah.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Dari puncak tersebut pula anda bisa menikmati keindahan sunset atau sunrise yang tentunya dapat menjadi objek foto pemandangan terbaik anda. Bahkan, beberapa wisatawan ada yang sampai mendirikan tenda di atas bukit tersebut agar mereka tidak ketinggalam untuk menikmati keindahan matahari terbit tersebut.

Untuk menggelar tenda dan bermalam di sana, anda harus membayar perizinan sebesar 15.000 rupiah untuk setiap tenda yang anda sewa. Uang-uang yang anda bayarkan tersebut nantinya akan digunakan oleh pengelola tempat wisata untuk menjaga kebersihan tempat wisata. Setiap tenda yang didirikan, anda akan diberikan sebuah plastik atau tong sampah agar anda tidak membuang sampah sembarangan. Rute menuju Pantai Ngrumput sangat mudah untuk dilalui.

Pantai Ngrumput – Photo by @riiyaaaaaa_

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Ngrumput

Setelah bermalam di pantai ngrumput, keesokan paginya setelah menikmati keindahan sunrise, anda bisa melanjutkan perjalanan anda menuju destinasi pantai-pantai wisata lainnya. Fasilitas yang terdapat di pantai ngrumput juga cukup lengkap seperti warung-warung penjual makanan dan minuman bagi anda yang ingin melepas rasa lapar, toilet, dan sewa alat-alat outdoor untuk mendukung aktivitas berkemah anda.

Untuk menuju lokasi pantai ngrumput, anda bisa terlebih dahulu menuju lokasi pantai drini dan memarkirkan kendaraan pribadi anda di sana. Dari pantai drini, anda bisa langsung berjalan kaki menyusuri pantai dan melewati perbukitan untuk bisa sampai di lokasi tujuan. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan jika mengikuti garis pantai, hanya saja banyak terumbu karang dan terjangan ombak yang besar.

Bagaimana? Sudah siapkah anda untuk berpetualang di kawasan wisata alam ini?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *