Pantai Parangendog dengan Tebing Tinggi Nan Indah

Pantai Parangendog – Objek wisata Pantai Parangendog merupakan salah satu yang sangat direkomendasikan bagi para traveler pecinta tebing. Secara fisik, pantai ini dibatasi oleh tebing tinggi yang unik dan indah. Namun meski tampilannya menarik jangan lupa bahwa keselamatan adalah hal yang paling penting dalam acara traveling apapun. Apalagi ke pantai dengan kondisi geologis bertebing.

Pantai Parangendog – Photo by @roh_kyt

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Parangendog

Lokasi Pantai Parangendog

Lokasi Pantai Parangendog ada di Dusin Parangrejo, Desa girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena terletak di provinsi tersebut, maka objek wisata ini termasuk dalam jajaran wilayah garis pantai selatan. Pantai selatan terkenal lebih ganas ombaknya dari pantai utara. Jadi hindari berenang terlalu jauh terutama saat cuaca kurang bersahabat.

Rute Menuju Pantai Parangendog

Bagaimana cara menuju ke destinasi wisata tersebut? Rute menuju Pantai Parangendog dimulai dari arah Pantai Parangtritis. Setelah sampai di daerah Pantai Parangtritis maka selanjutnya ambil jalan lurus dan ikuti rute Ring Road Selatan. Jika sudah melewatinya, maka ambil jalan lurus Parangtritis, tetapi sebelum benar – benar sampai di pantainya ambil jalan ke arah kiri menuju daerah Panggang. Dari Panggang, Pantai Parangendog sudah sangat dekat sehingga akan ada plang penunjuk arah hingga sampai.

Kenampakan alam yang terkenal di pantai ini adalah tebing dan pegunungan tinggi berwarna serba hijau. Jadi, jika dilihat saat sunset maka akan muncul rona warna yang beranega ragam mulai merah, oranye, hijau, biru dan kuning. Jangan lupa sempatkan waktu untuk melihat sunset di pantai ini karena momennya akan sangat spesial untuk menyempurnakan agenda liburan.

Pantai Parangendog – Photo by @bocah_angon

Keunggulan dari objek wisata alam tersebut adalah bisa digunakan sebagai area berkemah. Jadi, para traveler yang ingin menghabiskan malam di bawah langit pantai sangat bisa mengambil tempat dan bermalam di sana. Tidak perlu mencari hotel, karena lokasinya cukup aman dan ada beberapa pengunjung yang kerap menghabiskan waktu hingga dini hari.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Jika kesulitan untuk mencapai Pantai Parangendog, maka sangat disarankan bagi traveler yang baru pertama kali untuk menyewa mobil plus supirnya saja. Tentu cara ini akan sangat praktis terutama jika pengunjung tidak mudah mengingat rute perjalanan. Jika perlu, lakukan perjalanan beramai – ramai supaya biaya sewa bisa ditekan lebih murah.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangendog

Harga tiket Pantai Parangendog sendiri sama dengan lainnya yaitu relatif murah. Memang, lokasi wisata alam terutama pantai di Indonesia masih perlu banyak perhatian dan peningkatan dari berbagai aspek supaya harga tiket bisa dibanderol sesuai dengan kualitasnya. Dengan demikian, warga sekitar pun akan mendapatkan kesejahteraan lebih dari perawatan yang melibatkan mereka.

Apabila sudah menginap di area pantai, maka bangunlah pagi supaya bisa menyaksikan sunrise yang juga tidak kalah indahnya sengan sunset. Selain indah, pemandangan tersebut juga sangat menenangkan. Ditambah lagi udara segar khas pagi hari di daerah pesisir akan sangat menyehatkan. Para traveler bisa pulang saat matahari belum terlalu panas supaya perjalanan tidak terlalu melelahkan. Karena waktu yang dibutuhkan kurang lebih masih 1,5 sampai 2 jam hingga ke pusat kota.

Pantai Parangendog- Photo by @novan.jemi

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Parangendog

Jangan lupa membeli sesuatu di perjalanan sebagai oleh – oleh. Di sepanjang jalan baik pulang ataupun pergi banyak pedagang menawarkan aneka souvenir atau camilan khas yang membuat liburan semakin lengkap. Selain itu, abadikan juga setiap momen di Pantai Parangendog semaksimal mungkin karena area ini memang benar – benar alami dan indah. Bagi traveler yang hobi selfie sangat disarankan mencari spot instagramable di objek wisata alam yang memiliki banyak koleksi batu berbentuk telur ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *