Pantai Pulau Kalong – Menyeberangi Laut Kidul Jogja

Pantai Pulau Kalong – Di daerah Gunung Kidul Yogyakarta, ada sebuah pantai yang sangat unik yang tepatnya berada di kawasan timur di sebelah pantai greweng. Pantai Sinden namanya. Pantai ini memiliki nama lain sebagai Pantai Pulau Kalong, karena di tengah-tengah pantai tersebut terdapat pulau kecil bernama pulau kalong. Pulau Kalong sering dijadikan sebagai tempat berburu lobster bagi para pecinta lobster.

Pantai Pulau Kalong – Photo by @google

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Pulau Kalong

Lokasi Pantai Pulau Kalong

Lokasi pantai pulau kalong ini tepatnya berada di desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul Kota Yogyakarta, dan berada di antara dua pantai besar yang memiliki pasir putih yaitu Pantai Greweng dan juga Pantai Sedahan. Untuk rute pantai pulau kalong ini dapat diakses dengan dua jalan yaitu melalui tebing yang berada di sebelah timur dari pantai greweng dan juga dilalui dari tebing yang berada di sebelah barat pantai sedahan.

Pantai ini memiliki karakteristik unik yang juga menjadi ciri khasnya yaitu tidak terdapatnya area pantai yang landau dan juga gulungan ombaknya seakan terlihat begitu ganas menghujani dasar tebing karang dari pulau ini. Karena gelombang-gelombang yang besar ini lah akhirnya ditimbulkan bunyi-bunyi dentuman yang dapat didengar dengan jelas ketika berjalan melewatinya.

Wisata alam pantai ini dinamakan sedemikian rupa dikarenakan pada pulau tersebut, terdapat banyak kelelawar atau kalong yang berkeliaran. Dulu, tempat ini sering disebut dengan pulau gelatik dikarenakan ada banyak burung gelatik berterbangan. Dan pantai ini juga menjadi tempat favorit para pemancing mania karena terdapat banyak ikan-ikan besar yang bagus.

Pantai Pulau Kalong – Photo by @themiht69

Pantai pulau kalong ini kemudian menjadi ramai diburu oleh para wisatawan-wisatawan asing yang gemar berpergian ke pantai. Dikarenakan pantai ini mirip sekali dengan pantai timang yang memiliki jembatan gantung dan juga gondola sebagai wahananya. Yang berbeda hanyalah jarak antara pantai dengan karangnya yang kurang dari 200 meter.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Kalong

Selain itu, harga tiket masuk pantai pulau kalong ini relative lebih murah dibandingkan dengan harga tiket masuk pantai timang. Bisa dibilang, wisatawan yang tidak sempat pergi ke pantai timang untuk menikmati jembatan gantung maupun gondolanya, bisa pergi ke tempat wisata yang satu ini sebagai alternative lain untuk menikmati pantai dengan memacu adrenalin yang tinggi.

Mirip seperti pantai timang, pantai pulau kalong juga memiliki jembatan gantung yang dapat dilewati apabila hendak menuju pulau kalong yang terdapat di seberang. Terdapat kereta gantung juga yang dapat dicoba. Para wisatawan sering ingin mencoba melewati pulau melalui jembatan gantung untuk menguji coba nyali mereka.

Karena berjalan di atas jembatan ini, mereka telah berada di ketinggian dari ombak besar di bawahnya yang tentunya dapat membuat nyali ciut. Sering kali banyak yang mencoba melewati tapi kemudian berbalik arah lagi ke tempat asalnya karena baru berjalan beberapa meter saja mereka sudah ketakutan duluan. Namun banyak juga wisatawan yang berhasil sampai ke ujung pulau.

Pantai Pulau Kalong – Photo by @affanf

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Pulau Kalong

Meski tak banyak yang ingin berjalan melewati jembatan ini, mereka memilih untuk berfoto saja di pantai pulau kalong tersebut. Karena pemandangannya lumayan indah dan cocok dijadikan untuk berfoto selfie. Ada juga wisatawan yang berfoto di atas jembatan gantung tersebut sambil berjalan di atasnya. Ada sedikit rasa takut dan khawatir apalgi jembatan tersebut sedikit bergoyang dan merusak konsentrasi orang yang berjalan di atasnya.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik untuk pergi mengunjungi salah satu tempat wisata yang memacu adrenalin ini?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *