Asiknya Singgah ke Pantai Sanglen Gunung Kidul

Pantai Sanglen – Bagi anda yang suka melakukan perjalanan ke pantai namun lebih menyukai suasana pantai yang sepi, mungkin pantai sanglen yang berada di daerah Gunungkidul Yogyakarta dapat menjadi salah satu pilihan anda. Pantai Sanglen memang pantai yang lumayan sepi karena jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini jarang sekali terekspose oleh masyarakat dan minimnya promosi terhadap pantai tersebut.

Pantai Sanglen – Photo by @bahaudin_alfiansyah

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Sanglen

Setiap harinya, pengunjung yang berdatangan ke pantai ini sangat sedikit dan tidak lebih dari 20 orang. Meski begitu, hal tersebut bukan karena pantai ini tidak memiliki keindahan yang sebanding dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Gunungkidul. Lokasi Pantai Sanglen ini sebetulnya berdekatan pantai-pantai lainnya. Tepatnya berada di alamat Dusun Kelor Desa Kemandang Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul.

Jika anda pernah mengunjungi lokasi Pantai Watukodok, lokasi Pantai Sanglen ini berada tepat persis di sebelahnya. Atau, anda bisa menelusurinya dari arah Pantai Sepannjang dan Pantai Drini. Jika ditempuh dari pusat kota Jogja, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dan jarak sejauh 70 km. Anda bisa pergi menggunakan pendaraan pribadi atau menyewa mobil khusus di daerah Jogja.

Pantai Sanglen – Photo by @talkhis_ibn_ahmad

Jika anda membawa mobil atau kendaraan pribadi lainnya, rute menuju Pantai Sanglen tercepat dari Kota Jogja anda tinggal mengambil arah menuju Pantai Baron, pantai kukup, atau pantai Drini. Lebih jelasnya, anda ambil arah ke Jalan Wonosari menuju Bukit Bintang, lalu teruskan hingga menuju daerah Pathuk lalu ke Alas Bunder. Setelah sampai di persimpangan polisi, ikuti arah ke kanan menuju pantai baron.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Setelah itu, lanjutkan perjalanan anda hingga menuju arah ke pantai kukup. Sesampainya di gerbang pantai kukup, ambil arah ke timur dan anda akan menemukan papan petunjuk menuju pantai watukodok. Ikuti saja jalur tersebut, hingga sudah sampai ke watukodok, anda belok ke kanan untuk menuju lokasi tujuan Pantai Sanglen. Perlu diingat bahwa akses jalan menuju Pantai Sanglen belum diaspal, sehingga anda harus berhati-hati ketika mengendarai kendaraan anda melalui jalur tersebut. Untuk harga tiket masuk Pantai Sanglen juga bisa dibilang bersahabat alias murah.

Suasana yang sepi dari Pantai Sanglen tentu menjadi daya tarik bagi orang-orang yang menginginkan privasi. Karena mereka serasa seperti memiliki private beach. Pemandangan di sini cukup indah untuk dinikmati. Apalagi pasir putihnya yang benar-benar alami dan bersih. Suasana pantai yang diapit oleh dua bukit karang ini dapat menjadikannya sebagai objek foto pemandangan yang indah.

Pantai Sanglen – Photo by @bahaudin_alfiansyah2

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Sanglen

Hal yang paling unik dan menjadi ciri khas di Pantai Sanglen ini adalah adanya pohon cemara yang cukup rimbun dan bisa digunakan sebagai tempat untuk berteduh. Fasilitas yang terdapat di pantai ini belum memadai dikarenakan pengunjungnya yang masih sepi berdatangan. Pantai ini juga merupakan pantai karang yang tidak cocok digunakan untuk mandi.

Secara keseluruhan, Pantai Sanglen kurang cocok dijadikan sebagai destinasi liburan untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Pantai ini cocok untuk dikunjungi oleh orang-orang yang menyukai ketenangan dan jauh dari keramaian.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *