Pantai Sarangan, Pantai dengan Panorama Indah yang Diapit Oleh 2 Bukit

Wisata Pantai Sarangan Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Jam Buka, Lokasi Menuju Pantai Sarangan Jogja. Seperti yang sudah diketahui bahwa di setiap daerah di Yogyakarta mempunyai ciri khas dengan keindahan masing-masing termasuk objek wisata. Nah,  saat ini pun akan dibahas wisata pantai yaitu Pantai Sarangan yang berada di Yogyakarta yang tak kalah indah dari pantai lainnya.

Wisata Pantai Sarangan

Pantai dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Pantai Sarangan perlu diketahui tidak memiliki area pantai yang begitu luas seperti pantai lainnya di Yogyakarta. Pesona keindahannya dimulai dari garis pantai yang melengkung hingga tampak setengah lingkaran. Pasir putih yang terhampar menarik perhatian pengunjung dipadu air laut warna biru tosca. Ombak pantai ini tak terlalau besar sehingga ketika air laut surut, pengunjung dapat melihat biota laut.

Lokasi pantai tepat di sebelah barat di kaki bukit Sarangan dengan hamparan pasir putih yang mempesona. Jika ingin berfoto pun bisa dengan mudah dengan background yang bagus sebab sudah dibangun oleh Pemerintah.  Saat berkunjung ke pantai ini, pesona keindahan juga tak terpisahkan oleh dua bukit yang mengapit pantai. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa pantai ini adalah pantai Krakal, padahal sebenarnya bukan. Perbedaan bisa dilihat dari area pantai lebih kecil dibandingkan area pantai Krakal yang lebih luas.

Pesona Dua Bukit

Pantai Sarangan diapit oleh dua bukit yaitu bukit Jujungan dan bukit Giri.  Bukit Jujugan ini menjadi lokasi yang sangat tepat untuk memancing sehingga banyak pengunjung menyukainya, tetapi peralatan harus disediakan sendiri oleh pemancing. Ikan yang ramah membuat pengunjung bisa dengan mudah mendapatkan ikan.

Jika ingin menikmati pemandangan yang indah, maka jangan lupa singgah ke bukit Giri. Rute menuju puncak bukit Giri sudah dilengkapi con block sehingga pengunjung bisa dengan mudah untuk tiba di lokasi, baik ketika musim hujan atau ketika musim kemarau. Namun, belum disediakan area parkir sehingga jika ingin ke puncak harus dilalui dengan berjalan kaki.

Saat sudah berada di atas puncak bukit Giri, maka akan tampak bukit Krakal, Sepanjang, kawasan Drini dari puncak dan juga spot bagus untuk berfoto. Terutama bagi yang ingin melihat indahnya mentari terbenam, pemandangan yang sangat memukau untuk waktu senja.

Berburu Sunset

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, melalui puncak bukit Giri adalah spot yang bagus bagi pengunjung yang sedang mengincar sunset. Tidak hanya itu, pemandangan mentari terbenam juga bisa dilihat dari Pantai Sarangan, bahkan pantai ini memang terkenal sebagai spot yang bagus untuk berburu sunset. Semua kalangan bisa berkunjung ke lokasi wisata ini mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Saat ini fasilitas objek wisata sudah dibangun dengan baik oleh Pemerintah, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Camping di Sekitar Pantai

Meskipun area pantai tak terlalu luas, namun area ini menyediakan beberapa spot wisata yang bagus untuk dikunjungi. Airnya yang jernih dengan berbagai biota laut memancing perhatian wisatawan untuk camping di sekitar pantai.

Namun bagi yang tidak ingin memancing juga tersedia penginapan tidak jauh dari lokasi pantai. Tentunya semua yang datang ke sini harus menjaga kebersihan pantai, jangan membuang sampah sembarangan meskipun camping. Jika tidak bekerja sama menjaga pantai, suatu saat pantai ini tak bisa dijadikan objek wisata lagi.

Lokasi dan Jam Operasional

Pengunjung yang ingin menikmati sensasi angina laut dan keindahan pantai Sarangan boleh berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul. Sebab lokasi Pantai Sarangan ini berada di area hutan,  Ngestirejo, Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dengan kode pos 55881, Indonesia. Ini sudah termasuk alamat lengkap agar mudah didapatkan lokasi yang dituju.

Bagi yang berkunjung ke Yogyakarta atau bagi yang sedang bingung ingin menghabiskan akhir pekan, datang saja ke pantai ini. Bagus untuk refreshing, menikmati suasana pantai yang nyaman dengan hembusan angin.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-pantai-jogja” ]

Rute ke Pantai Sarangan

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Sarangan, tak perlu khawatir karena saat ini jalannya sudah bagus  dengan aspal yang halus. Rute untuk menuju ke pantai pun tak terlalu sulit  dan lebih cepat menggunakan jalur jalan Wonosari. Nah, berikut rute Pantai Sarangan.

  • Jalur Jalan Wonosari

Bagi pengunjung yang memilih jalur wonosari, maka dari Yogyakarta berjalan menuju Piyungan lanjutkan ke Bukit Bintang. Setelah itu,  pilih jalan menuju Patuk, Sambipitu, lanjutkan perjalanan menuju Gading dan Wonosari. Kendaraan pun diarahkan ke jalan Baron. Setelah sampai di Mulo, pilih jalan belok kiri menuju Bintaos. Setelah tiba di Tepus, arahkan kendaraan belok kanan hingga sampai ke Indrayanti, Sundak hingga Krakal. Teruskan perjalanan hingga tiba di pantai yang dituju.

  • Jalur Jalan Wonosari yang Kedua

Pengunjung yang sudah berada di Jalan Wonosari, lanjutkan perjalanan ke Sampaan hingga tiba di Piyungan dan Bukit Bintang. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju Pathuk, Sambipitu. Setelah bertemu dengan Hutan Bunder, perjalanan diteruskan hingga tiba di Gading dan Wonosari. Tidak berhenti sampai di sini, kendaraan kembali diteruskan ke Jalan Baron, Mulo dan Kemadang. Saat sudah bertemu Jalan Krakal, ikuti jalan tersebut hingga tiba di lokasi tujuan.

Fasilitas Memadai Pantai Sarangan

Objek wisata pantai ini sejauh ini sudah menyediakan fasilitas Pantai Sarangan yang bagus untuk para pengunjung. Salah satunya tersedia penginapan sebagai solusi bagi pengunjung ingin bermalam di sekitar objek wisata pantai namun tidak memilih camping.

Selain itu, juga ada fasilitas lain seperti luasnya area parkiran, tersedia toilet dan toko yang banyak. Bagi pengunjung yang ingin istirahat atau bersantai disediakan gazebo. Penginapan seperti hotel, villa dan homestay dilengkapi fasilitas dengan harga disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Sebaiknya membawa budget lebih sebab mungkin saja ada banyak hal yang ingin dicoba saat berkunjung ke pantai Sarangan, misalnya wahana atau kuliner.  Fasilitas lainnya seperti toko souvenir, musholla, warung makanan juga bisa ditemukan saat berkunjung ke kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Pantai Sarangan

Jika ingin masuk ke lokasi wisata pantai Sarangan ini dikenakan biaya restribusi seharga Rp 10 ribu. Biaya tiket ini sekaligus pengunjung dapat berkunjung ke Pantai Krakal, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Baron yang berada dalam satu kawasan. Sedangkan untuk biaya parkir juga sangat murah, untuk pengunjung yang datang dengan roda empat dikenakan biaya parkir Rp 5 ribu dan untuk kunjungan menggunakan roda dua diwajibkan membayar parkir Rp 2 ribu.

Nah, inilah penjelasan lengkap tentang pantai Sarangan sebagai spot yang tepat bagi yang suka berburu sunset. Pantai ini juga terkenal dengan dua bukit yang mengapitnya, hingga kini banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Begitu juga dengan fasilitas yang memadai, bahkan bagian tertentu sengaja dibangun dengan baik oleh pemerintah sehingga bisa menampung banyak wisawatan. Terbukti cukup menarik perhatian wisatawan, bahkan kini sudah tersedia penginapan di sekitar area pantai. Sekian penjelasannya, semoga bermanfaat dan jangan lupa berkunjung.

Anda bisa menentukan perjalanan Anda melalui paket wisata Jogja yang tersedia dengan lengkap. Pastikan untuk tetap hemat dan selamat dalam perjalanan Anda.

Sudah Wisata di Pantai Sarangan ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *