Eksotisme Pantai Sepanjang di Yogyakarta

Pantai Sepanjang – Pantai Sepanjang merupakan pantai di daerah Gunungkidul yang memiliki panjang yang sangat panjang melebihi panjang pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai ini berada dalam satu garis dengan Pantai Kukup, Sundak, dan juga Pantai Baron. Di pantai ini juga terdapat hamparan pasir putih yang luas di sepanjang pesisir pantai sehingga memberikan daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Pantai Sepanjang – Photo by @msetyantoko

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang ini merupakan kawasan objek wisata yang baru di daerah Gunungkidul. Di sepanjang jalan menuju pantai terdapat barisan pohon palem yang berderet dengan rapi berjajar. Hal ini tentu menambah keindahan alam bagi pantai. Apalagi dengan adanya pemandangan alam tersebut, akan menjadikan perjalanan anda yang melelahkan menjadi tidak terasa.

Terdapat juga karang-karang di sekitar bibir pantai yang merupakan salah satu keanekaragaman biota laut ketika sedang surut air lautnya. Terkadang, para wisatawan bisa melihat kerang-kerang, bintang laut, bulu babi, anggang laut, dan juga rumput laut di sekitar karang. Ini merupakan hal yang sangat menarik bagi setiap pantai yang sering dikunjungi ketika para wisatawan menemukan keanekaragaman biota laut tersebut. Lokasi Pantai Sepanjang juga mudah untuk ditemukan, jika anda bingung, anda bisa melihat map pada browser anda masing-masing.

Pantai Sepanjang – Photo by @putrinurulrisya

Ketika air laut sedang surut, para penduduk memanfaatkan hal tersebut untuk berburu berbagai macam biota laut seperti rumput laut, kerang, dan beberapa mahluk laut lainnya untuk dapat dikonsumsi sendiri atau diolah lalu kemudian dijual kembali. Para penduduk juga menyediakan berbagai macam aneka makanan dan minuman hasil laut untuk dibawa ke gubuk-gubuk yang dibangun di daerah setempat untuk para wisatawan yang merasa lapar dan haus. Harga tiket masuk Pantai Sepanjang juga bisa dibilang bersahabat alias murah, anda hanya perlu membayar parkir saja.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Kedua bukit yang terdapat di sekitar pantai ini juga lerengnya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam. Mereka menanam tanaman-tanaman yang bisa dkonsumsi seperti jagung, kedelai, dan berbagai tanaman makanan bergizi lainnya. Gubuk-gubuk yang dibangun di sekitar pantai juga digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat itu sendiri. Rute menuju Pantai Sepanjang juga mudah untuk dilalui.

Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap seperti warung-warung penjaja makanan dan ada beberapa tempat penginapan yang bisa digunakan para wisatawan untuk bermalam. Warung-warung di sana banyak sekali menyediakan makanan seperti mie instant, dan juga beberapa makanan olahan laut. Ada juga kamar mandi dan toilet yang bersih yang dikenakan tariff sebesar 2000 rupiah untuk toilet dan 5000 rupiah untuk kamar mandi bagi pengunjung yang ingin mandi setelah puas bermain di pantai.

Pantai Sepanjang – Photo by @rey_gaspersz

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Sepanjang

Di sekitar pantai juga terdapat banyak kios-kios yang menjual beberapa souvenir khas laut seperti kerang yang diolah kembali menjadi perhiasan dan souvenir yang cantik. Beberapa kerajinan tangan seperti mainan dan juga aksesoris cantik juga terdapat di sini. Hal ini akan menambah kenang-kenangan anda ketika mengunjungi pantai ini. Di tepi pantai anda juga bisa mencari kerang untuk anda koleksi di rumah.

Pokoknya, berlibur ke pantai sepanjang ini sangat seru dan menyenangkan!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *