Pantai Seruni, Keindahan Pantai Tersembunyi dengan Pesona Air Terjun

Wisata Pantai Seruni Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Pantai Seruni Gunung Kidul. Pantai Seruni Yogyakarta merupakan salah satu pantai hits yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Di pantai ini juga terdapat pemandangan perbukitan yang menjadi keunikan tersendiri.

Pantai ini sering dikenal juga dengan julukan surga tersembunyi karena keindahan pemandangannya yang berhasil membuat wisatawan yang datang rindu ingin kembali berkunjung ke tempat ini. Bila Anda penasaran dan ingin mencoba berlibur ke pantai ini, Anda bisa memanfaatkan jasa paket wisata Jogja.

Wisata Pantai Seruni

Pantai Tersembunyi dengan Pesona Air Terjun

Pantai Seruni merupakan pantai dengan beragam objek wisata baik itu pesona alam, sejarah, hingga budaya. Nama pantai ini diambil dari salah satu nama bunga, yaitu Bunga Seruni yang memiliki arti emas sehingga makna dari nama pantai ini adalah keindahan yang diibaratkan seperti emas.

Suasana di pantai ini masih terbilang sepi, sehingga cocok sekali untuk dikunjungi bila Anda ingin mencari tempat berlibur yang jauh dari keramaian. Kondisi pantai lumayan bersih dan masih alami. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah terdapat air terjun kecil serta hamparan pasir putih sejauh 500 meter.

Di musim dan waktu tertentu, ombak di pantai ini tampak besar hingga mencapai sebagian daerah pasir pantai, bahkan batu karang yang sebelumnya tampak ketika air laut surut pun tenggelam ditelan gelombang air laut. Karena ombaknya yang besar, pengunjung yang datang tidak diizinkan berenang karena cukup berbahaya. Namun, pengunjung tetap dapat bersantai di pesisir pantai sembari menikmati suasana pantai yang menenangkan atau berfoto di dekat bibir pantai.

Wisatawan dapat mengabadikan momen di air terjun yang terdapat di antara tebing sambil memandangi matahari yang kembali ke peraduannya. Sayangnya, pengunjung hanya bisa menikmati keindahan air terjun ini ketika musim penghujan saja. Meski demikian, di musim kemarau air tetap akan keluar.

Jika Anda bosan hanya duduk-duduk, berfoto dan menikmati pemandangan, Anda bisa mencoba beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti camping, bermain voli atau sepak bola, memancing maupun melihat aktivitas warga sekitar secara lebih dekat.

Lokasi Pantai Seruni

Lokasi Pantai Seruni terletak 70 km dari Kota Jogja dan 5 km dari pusat kota Kabupaten Gunungkidul tepatnya berada di Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55881. Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil karena akses jalan menuju lokasi sudah cukup mudah dan telah terdapat banyak papan penunjuk jalan yang akan memandu Anda hingga tiba di lokasi.

Anda cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari Kota Jogja. Ketika tiba di lokasi, untuk menuju ke pantai Anda bisa memilih antara 2 akses yang tersedia, yaitu akses pertama melalui bukit dan akses kedua melalui bibir pantai.  Namun ketika sore hari, sebaiknya Anda memilih jalur bibir pantai sebab air laut sedang pasang sehingga berisiko membahayakan wisatawan.

Rute ke Pantai Seruni

Terdapat 2 rute Pantai Seruni yang dapat Anda tempuh untuk menuju lokasi pantai. Rute pertama melalui Imogiri Bantul dan rute kedua melalui jalur besar Jogja-Wonosari.

Bila Anda memilih rute perjalanan yang pertama, Anda bisa memulai perjalanan dari Imogiri, kemudian mengambil jalur menuju Panggang Gunungkidul, lalu menuju arah Saptosari sampai di jalur JJLS. Lurus saja menuju pantai Baron Gunungkidul.

Ketika Anda sudah sampai di pintu masuk utama Pantai Baron, Anda terus lurus saja melewati beberapa pantai di bagian selatan Gunungkidul hingga sampai di jalur menuju pantai Pok Tunggal. Kemudian Anda cukup mengikuti jalan cor blok hingga menemukan pertigaan kecil, belok kiri, dan akhirnya Anda sampai di Pantai Seruni.

Selanjutnya, jika Anda memilih rute perjalanan yang kedua, ikuti jalur besar Jogja-Wonosari melewati Bukit Patuk Gunungkidul, lurus saja terus sampai tiba di Kota Wonosari. Setelah Anda menemukan Kantor Kabupaten Gunungkidul, lanjutkan perjalanan ke arah timur sekitar 500 meter hingga menemukan lampu merah, lurus saja terus hingga menemukan pertigaan yang terdapat Pos Polisi di pojok jalan, belok kanan ke arah Jalan Baron.

Dari Jalan Baron, lurus terus hingga menemukan lampu merah berikutnya di Tegalsari, lurus terus sampai Anda menemukan pertigaan Mulo, belok kiri menuju Desa Tepus. Lanjutkan perjalanan Anda hingga sampai di Pos Retribusi. Tak jauh dari pos tersebut, Anda akan menemukan jalur pantai Pok Tunggal. Ikuti jalur cor blok sampai tiba di Pantai Seruni.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-pantai-jogja” ]

Fasilitas Pantai Seruni

Fasilitas Pantai Seruni yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung di antaranya :

  • persewaan gazebo,
  • persewaan payung,
  • tempat istirahat pribadi milik penduduk setempat,
  • warung milik warga yang menjual aneka makanan dan minuman,
  • spot foto,
  • spot memancing,
  • camping ground
  • kamar mandi umum
  • mushola
  • tempat parkir kendaraan yang luas untuk motor dan mobil

Jam Buka Pantai Seruni Yogyakarta

Jam buka Pantai Seruni:

Hari Senin sampai Minggu buka 24 jam. Karena buka setiap hari, Anda tak perlu khawatir dan bisa berkunjung kapanpun Anda ingin. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen-momen seru selama berlibur di pantai ini. Meski buka 24 jam, tapi biasanya menjelang sore hari, warung-warung di sekitar pantai banyak yang tutup.

Tiket Masuk Pantai Seruni

Harga tiket masuk Pantai Seruni tergolong murah, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000 saja dan membayar tiket parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Namun, jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di pantai ini, Anda bisa camping bersama teman-teman Anda dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp25.000 per malamnya dan membayar biaya parkir ekstra sebesar Rp10.000 untuk motor dan Rp20.000 untuk mobil per malamnya.

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Seruni Yogyakarta? Meski pantai ini tidak setenar pantai-pantai lain di Gunungkidul, tapi keindahan panoramanya boleh diadu. Pantai ini menawarkan keindahan dan eksotisme yang mampu memanjakan mata pengunjung.

Ketika Anda menginjakkan kaki di pantai ini, segala kelelahan dan kepenatan yang Anda miliki akan seketika sirna, terbayar dengan pesona lanskap pantai ini. Tips ketika berlibur ke pantai ini, sebaiknya Anda menyiapkan kendaraan yang tangguh untuk melewati medan yang perlu perjuangan ekstra. Ketika musim penghujan, beberapa bagian jalan tol akan tertutupi lumpur.

Selain itu, Anda juga akan menjumpai beberapa tanjakan dan turunan sejauh beberapa kilometer. Jika Anda ingin mengeksplor wilayah pantai ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pantai-pantai terdekat lainnya, seperti pantai Watu Lumbung, Pantai Wedi Ombo, atau Pantai Timang. Anda bisa mengunjungi pantai ini atau destinasi wisata lainnya di Jogja dengan murah dan mudah menggunakan jasa paket wisata Jogja.

Sudah Wisata di Pantai Seruni ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *