Pantai Seruni – Wisata Cantik yang Hits di Jogja

Pantai Seruni – Setelah pantai pok tunggal yang sudah terkenal akan keunikannya, kini ada pantai yang dikembangkan oleh pengelola tempat wisata Gunungkidul, pantai Seruni namanya. Pantai yang berada di kecamatan Tepus di sebelah pantai Pok Tunggal ini juga memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Seperti air yang mengalir dari atas tebing sehingga mirip dengan air terjun, pasir putih di pantai, dan juga spot unik untuk berkemah.

Pantai Seruni – Photo by @aliga_juzaini

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Seruni

Lokasi Pantai Seruni beralamatkan di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Meskipun sudah terdapat beberapa bangunan warung makanan dan juga area parkir yang luas, kondisi pantai ini masih terlihat cukup alami sehingga membawa suasana tersendiri bagi orang-orang yang menikmatinya. Lokasi pantai seruni terletak di desa Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Pada musim hujan, air yang turun dari tebing semakin melimpah sehingga memberikan nuansa alam yang mempesona.

Pantai Seruni – Photo by @azies_alwi

Tidak jauh beda dengan pantai pok tunggal, rute menuju Pantai Seruni dapat diakses dengan mudah. Ketika sudah sampai di persimpangan setelah jalan cor semen habis, anda tinggal mengambil jalan ke kiri untuk menuju lokasi tersebut, yang jika anda mengambil arah kanan anda akan sampai di Pantai Pok Tunggal. Akses jalan di sini juga mudah untuk dilalui meskipun belum diaspal.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Sebelum benar-benar sampai di Pantai Seruni, dari kejauhan beberapa ratus meter anda akan melihat adanya pemandangan laut yang indah. Anda bisa menjadikan pemandangan tersebut sebagai objek foto yang bagus bagi anda yang menyukai foto alam. Pantai Seruni merupakan “emas” bagi warga sekitar karena pantai ini merupakan sumber utama matapencaharian mereka. Demikian nama pantai tersebut diberikan.

Untuk harga tiket masuk Pantai Seruni juga bisa dibilang murah. Area parkir untuk kendaraan beroda dua dan beroda empat dipisah. Yang beroda empat terdapat di area atas pantai, sedangkan yang beroda dua di bawah kawasan pantai. Di area ini juga sudah dibangun beberapa warung penjaja makanan bagi anda yang merasa lapar, serta gubuk-gubuk kecil yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Namun, gubuk-gubuk tersebut masih belum tertata dengan rapi sehingga tidak enak dipandang mata.

Pantai Seruni – Photo by @novy_nk

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Seruni

Di musim-musim tertentu, ombak laut di pantai ini akan menjadi besar hingga mencapai sebagian area pasir dan pantai. Bebatuan karang yang biasanya terlihat akan tenggelam ditutupi oleh deburan ombak air laut. Pada saat ombak yang besar terjadi, para wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di kawasan pantai karena cukup berbahaya. Akhiranya mereka hanya berfoto-foto saja di dekat pantai tersebut.

Tebing yang berada di sisi timur pantai seruni dibuatkan pipa khusus untuk menampung jatuhnya air agar bisa dikonsumsi oleh warga sekitar yang membutuhkan. Namun pada musim kemarau, air pada tebing akan mengalami kekeringan, dan juga akan mengurangi keindahan alam yang ditawarkan. Maka dari itu, jika ingin berkunjung ke pantai Seruni disarankan pada saat musim hujan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.