Info Menarik Tentang Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak – Salah satu pantai indah dan eksotis yang berada di Gunungkidul Jogja adalah pantai sundak. Lokasi pantai sundak ini lebih tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Jogja. Anda bisa menempuhnya melalui jalan wonosari kemudian tembus ke wilayah Tepus di Gunungkidul.

Pantai Sundak – Photo by @ganefdwiyudono

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Sundak

Perjalanan menuju pantai sundak terbilang cukup panjang dan bisa membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Karena melewati beberapa tanjakan dengan medan yang tidak mulus. Jika sudah memasuki wilayah wonosari, udara di sini terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Membuat perjalanan anda yang panjang tidak begitu terasa berat lagi. Dan ketika sudah memasuki daerah Tepus, anda dapat melihat kehijauan alam yang indah karena ada banyak kebun dan ladang milik warga.

Ketika sudah sampai di Pantai Sundak, anda bisa berjalan dari tempat parkir menuju bibir pantai yang hanya berjarak sekitar 40 hingga 50 meter. Pantai ini cukup terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan halus. Namun ombak di sini deburannya cukup besar sehingga tidak bisa dipakai untuk berenang karena sangat berbahaya. Dikarenakan lokasi pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai Sundak – Photo by @adhesetiavan

Air laut di pantai ini juga sangat jernih dan bening sehingga bebatuan karang kecil di sekitaran pantai terlihat begitu jelas. Di sisi kanan dan kiri pantai juga terdapat batu karang yang berukuran besar dan digunakan sebagaii pemisah antara pantai sundak dengan pantai-pantai yang lainnya. Jika anda berkunjung ke sini, anda bisa melihat dengan jelas keindahan dari pemandangan alam tersebut secara nyata. Untuk harga tiket masuk Pantai Sundak bisa dibilang bersahabat alias murah, anda hanya akan mengeluarkan biaya untuk parkir saja.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Nama pantai Sundak berasal dari dua kata yaitu Asu dan Landak. Asu berarti anjing. Zaman dahulu, sekitar tahun 1976, ada seekor anjing yang kelaparan. Anjing tersebut kemudian mencoba mencari makanan hingga ke dalam goa hingga menemukan seekor landak laut. Si anjing bermaksud memakan landak laut karena lapar, namun akhirnya ia malah berkelahi dengan landak laut. Sehingga landak tersebut tubuhnya terpotong-potong. Rute menuju Pantai Sundak juga sangat mudah untuk dilalui.

Sang pemilik anjing yang mencari anjing tersebut hingga ke dalam goa, menemukan sumber mata air yang lambat laun sumber mata air tersebut digunakan oleh para warga sekitar sebagai kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Cerita mengenai anjing yang berkelahi dengan landak tersebut kemudian menjadi populer. Semenjak kejadian tersebut, pantai ini akhiranya dinamakan pantai Sundak.

Pantai Sundak – Photo by @windirosiana

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Sundak

Fasilitas di pantai ini bisa dibilang tidak selengkap pantai-pantai lainnya. Namun ada beberapa warung penyedia makananyang bisa anda singgahi apabila anda merasa lapar. Di sini juga terdapat gubuk-gubuk yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam. Dan karena belum ada penginapan seperti hotel di sini, anda bisa melakukan kegiatan perkemahan. Dan bukankah justru lebih menyenangkan berkemah karena bisa sambil menyatu dengan alam?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *