Keunikan Wisata Alam Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang – Salah satu pantai yang terkenal di daerah Gunungkidul Yogyakarta adalah Pantai Watu Lawang. Tempat wisata ini menawarkan berbagai keindahan dari panorama alamnya yaitu berupa bebatuan karang dan juga pasir putihnya yang menghiasi bibir pantai. Lokasi pantai ini terletak di antara dua pantai terkenal di Gunungkidul yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal yang berada di sebelah timur.

Pantai Watu Lawang – Photo by @masmeya

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Watu Lawang

Dulu, pantai ini memiliki goa batu yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan upacara adat sadranan atau nyadran, yaitu sebuah upacara adat yang selalu dilaksanankan setiap bulan Sya’ban dalam kalender Islam secara rutin setiap tahunnya. Pintu batu tersebut akan terbuka dan hanya dimasuki oleh ornag-orang yang melakukan upacara adat tersebut.

Batu tersebut berbentuk seperti sebuah pintu masuk, maka dari itu pantai ini dinamakan sebagai Pantai Watu Lawang. Menurut cerita yang beredar, goa tersebut merupakan jejak tilas dari Prabu Brawijaya VI. Pantai Watu Lawang terbagi menjadi dua buah bagian, yang pertama ada di sebelah barat, dan yang satunya terletak di sebelah timur pantai dan memiliki area yang lebih luas sehingga sering dijadikan sebagai sarana melakukan olahraga air.

PAntai Watu Lawang – Photo by @google

Lokasi pantai watu lawang berada tepat di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Untuk akses menuju pantai ini dapat ditempuh selama 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Akses rute menuju Pantai Watu Lawang juga masih berupa bebatuan kapur, dan apabila dilewati mobil pribadi, hanya bisa ada satu mobil yang bisa melalui jalan tersebut. Karena ukuran lebarnya yang pas dengan ukuran lebar mobil.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Jika anda pergi menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan anda ke arah Timur dari Pantai Indrayanti. Kemudian, akan menjumpai papan petunjuk menuju pantai Watu Lawang. Dari sana, anda hanya tinggal berjalan kaki sejauh 200 meter. Jika anda berasal dari luar Jogja, anda tetap bisa pergi ke pantai ini menggunakan kendaraan umum.

Naikilah bus jurusan Jogja – Wonosari. Lalu anda turun di terminal dan carilah bus atau angkot menuju ke daerah Pantai Watu Lawang. Maka anda sudah sampai di lokasi tujuan. Jika membawa kendaraan, anda bisa melewati jalur menuju jalan imogiri lelu ke panggang hingga ke jalan saptosari. Dari Saptosari anda tinggal menuju Pantai Baron lalu ke Pantai Kukup dan Tepus hingga ke pantai krakal, maka anda akan menemukan jalan menuju Pantai Watu Lawang dengan mudah. Harga tiket masuk Pantai Watu Lawang juga bisa dibilang sangat bersahabat.

Pantai Watu Lawang – Photo by @xclyna

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Watu Lawang

Fasilitas yang terdapat di Pantai Watu Lawang lumayan lengkap mulai dari toilet atau kamar mandi, warung penyedia makanan dan minuman, tempat parkir yang luas, serta tempat-tempat untuk berteduh dari teriknya matahari. Liburan ke pantai di Gunungkidul merupakan pilihan yang paling tepat bersama keluarga dan kerabat terdekat anda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.