Pantai Watu Lumbung, Pantai yang Menyuguhkan Pemandangan Batu Karang Besar

Pantai Watu Lumbung  Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi Menuju Pantai Watu Lumbung. Pantai Watu Lumbung memiliki pesonanya tersendiri terletak pada dua batu besar yang berada di tengah pantai. Selain itu, ciri khas dan karakteristik pantai ini hampir sama dengan Pantai Papuma  di Jawa Timur, jika ingin menikmati langsung, jangan lupa pesan paket wisata Jogja one day.

Wisata Pantai Watu Lumbung

Daya Tarik Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung diberi nama sesuai dengan lokasi batu yang berada di tengah pantai. Batu tersebut dikenal dengan batu lumbung karena bentuk batunya seperti lumbung. Jadilah, pantai ini dikenal dengan nama Watu Lumbung. Batu ini lebih menjorok ke bibir pantai sekitar 50 meter. Sehingga jika air laut surut pengunjung bisa melihat pantai atau batu tersebut dengan jarak dekat.

Pantai ini dihiasi oleh hijaunya tumbuhan liar  sehingga jika berkunjung di siang hari, batu karang yang seharusnya panas tetap terasa sejuk. Jika berkunjung saat air laut sedang naik, maka sebagian pantai tersebut akan tenggelam. Menjadi lokasi yang bagus untuk memancing sambil menikmati pemandangan laut lepas yang indah. Selain itu, pantai ini juga disarankan bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi liburan yang jauh dari hiruk pikuknya perkotaan.

Pantai Untuk Jiwa Petualang

Batu besar yang berada di tengah Pantai Watu Lumbung sebenarnya berasal dari letusan gunung api ketika zaman purba. Namun jika dilihat sekilas, mungkin batu ini mirip dengan batu kali dimana pantai  ini dihiasi oleh pasir putih yang tak kalah menarik.

Kawasan sekitar pantai yang tak rata memberikan sensasi pengalaman yang bagus untuk jiwa petualang. Jalan setapak dengan topografi naik turun ini pun menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Pengunjung diizinkan membawa bekal atau makanan ringan namun tetap perhatikan kebersihan pantai. Jangan buang sampah sembarangan apalagi jika sampai buang ke laut. Sampah untuk sementara disimpan dulu sebelum di buang, ketika menemukan tempat sampah barulah sampah tersebut dibuang.

Pantai ini sebenarnya diapit oleh kedua pantai lain yaitu pantai Gunung Batur dan pantai Wediombo. Lokasinya memang agak tersembunyi, namun banyak orang berkunjung untuk memancing. Perjalanan menuju pantai bisa dibilang tidak mudah, apalagi  lokasinya yang jauh dari pusat kota.

Camping dan Foto Latar Belakang Batu Lumbung

Selain memancing, kegiatan yang tak kalah menarik untuk dilakukan ialah berfoto dengan latar belakang  batuan yang berada di tengah laut tersebut. Tetapi, tetap perlu berhati-hati agar tidak masuk ke area yang berbahaya terutama ketika air laut sedang naik.

Pengunjung yang ingin melalukan camping juga sangat bagus lokasinya di Pantai Watu Lumbung sambil menikmati suguhan pemandangan indah. Bahkan menjadi lokasi yang tak kalah cantik untuk menikmati sunset bagi  pengunjung yang suka dengan mentari terbenam.

Liburan setelah  berbagai aktivitas sekolah yang padat ialah kegiatan yang sangat penting dilakukan agar otak lebih segar. Selain untuk pelajar atau mahasiswa,  liburan ataupun mengunjungi berbagai objek wisata alam juga penting bagi pekerja kantor misalnya. Pantai ini sangat bagus dimanfaatkan jika ingin menikmati sejuknya udara pantai dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Tips Berkunjung

Jika ingin berkunjung ke Pantai Watu Lumbung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Jika ini adalah pertama kali berkunjung ke pantai untuk mencoba pengalaman yang menantang, maka sebaiknya bawa kawan beberapa orang tentunya yang lebih berpengalaman dan sudah pernah berkunjung ke pantai ini.
  • Berkunjung ketika tubuh dalam keadaan sehat dan prima, jika tidak sehat jangan paksakan berkunjung ke pantai ini. Jangan lupa bawa bekal dan air minum sebagai sumber energi jika merasa tidak kuat di tengah jalan. Meskipun begitu, di kawasan pantai juga ada warung yang menyediakan makanan ringan.
  • Beristirahat sesekali penting dilakukan, jangan terlalu memaksakan diri jika memang tidak sanggup. Jangan lupa tambah energi dengan bekal yang dibawa.
  • Lebih baik berkunjung ketika musim panas dibandingkan berkunjung ketika musim hujan tiba. Karena jika musim hujan, jalanan menjadi licin dan becek tentu tidak bagus untuk keselamatan pengunjung.
  • Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman, jangan mementingkan gaya ataupun semacamnya. Gunakan yang sesuai dengan kebutuhan dengan sepatu yang tidak licin bagian alasnya.
  • Siapkan sedikit peralatan P3K, ini penting untuk berjaga-jaga.
  • Jangan lupa bawa ponsel, sebaiknya menggunakan celana atau pakaian yang memiliki saku. Kamera yang bagus jangan lupa disiapkan, agar setiap bisa diabadikan dengan baik.

Lokasi Pantai Watu Lumbung

Lokasi Pantai Watu Lumbung berlokasi di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-pantai-jogja” ]

Jam Buka Pantai Watu Lumbung

Jam Operasional Pantai Watu Lumbung selalu dibuka setiap harinya mulai jam 06.00 hingga jam 19.00 WIB.

Rute Pantai Watu Lumbung

Sebelum berkunjung ke pantai ini, perlu tahu jarak antara pantai ini dengan pusat kota sangat jauh yaitu kurang lebih 82 km, yang bisa menghabiskan kurang lebih 2 jam 23 menit. Jadi, berikut  rute yang bisa dilalui.

Pengunjung yang berjalan dari pusat kota pilih jalan ke arah timur melalui jalan KH. Ahmad Dahlan  menuju Jalan Panembahan Senopati 9. Setelah tiba di perempatan  ambil jalur ke arah selatan melalui jalan Brigjen Katamso.

Lanjutkan perjalanan hingga tiba di perempatan  kemudian  lanjutkan ke Jalan  Kolonel Sugiyono. Setelah tiba di pertigaan, kemudian lanjut ke jalan Sisingamangaraja lanjutkan jalan ke jalan Imogiri Barat. Bertemu lagi dengan pertigaan, lanjut ke arah Barat  melewati jalan Imogiri Siluk kemudian ke Jalan Siluk Panggang. Selanjutnya  bertemu lagi pertigaan  lanjutkan perjalanan ke arah timur  melewati jalan Raya Panggang Wonosari hingga ke jalan Pantai Selatan Jawa. Kemudian  lanjutkan jalan ke Jalan Pantai Siung ke jalan Pantai Watu Lumbung hingga tiba di lokasi pantai yang dituju.

Selain itu, pengunjung dari Yogyakarta juga bisa mengambil jalan menuju Jalan Wonosari, Semanu. Ketika tiba di pertigaan Pasar Jepitu, pilih jalur kanan hingga tiba di pantai Wediombo. Bayar tiket dan masuk ke kawasan pantai, selanjutnya ada kontur bebatuan hingga tiba di Watu Lumbung.

Fasilitas Pantai Watu Lumbung

Fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung Pantai Watu Lumbung yaitu kamar mandi umum dan warung kecil. Pengunjung juga bisa membawa bekal sendiri jika menginginkannya, serta berbagai peralatan lain yang ingin dibawa.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Pantai Watu Lumbung

Berbeda dengan objek wisata pada umumnya, sebab untuk masuk ke pantai ini pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Sementara itu, untuk biaya parkir  bagi pengunjung yang datang dengan sepeda motor membayar biaya parkir sebesar Rp 3  ribu, sedangkan  untuk parkir mobil sebesar Rp 5 ribu.

Begitulah daya tarik Pantai Watu Lumbung yang jauh dari pusat kota ini. Meskipun begitu, tetap saja banyak yang berkunjug ke pantai ini sebab memiliki pesona tersendiri dengan keindahan yang dimilikinya. Apalagi saat sore hari lebih indah lagi, maka langsung pesan paket wisata Jogja one day untuk berkunjung ke pantai ini, selamat menikmati.

Sudah Wisata di Pantai Lumbung ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *