Pantai Watulawang, Pantai Eksotik dengan Keindahan Batuan Karang dan Pasir Putihnya

Wisata Pantai Watulawang Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi Menuju Pantai Watulawang. Pantai adalah batas antara lautan dan daratan. Indahnya pemandangan yang ditawarkan membuat banyak orang tertarik mengunjungi pantai. Hanya sekedar menikmati senja di pantai dapat menghadirkan emosi tersendiri bagi sebagian orang.

Pantai menjadi tempat wisata favorit bagi para pecinta alam. Salah satunya adalah Pantai Watulawang. Banyak traveler yang mengunjungi tempat ini karena hal menarik yang dimilikinya. Berikut ulasan singkat mengenai Pantai Watulawang, salah satu objek wisata yang recommended jika Anda mengambil Paket wisata Jogja.

Wisata Pantai Watulawang

Sekilas Tentang Pantai Watulawang yang Eksotik

Pantai Watulawang memiliki keindahan pemandangan dari bebatuan karang dengan hamparan  pasir putih yang memukau. Pantai ini terletak di antara Pantai Indrayanti yang terletak di sebelah Barat dan Pantai Pok Tunggal yang terletak di sebelah Timur pantai ini.

Pantai ini disebut watulawang karena terdapat goa yang memiliki pintu dari batu. Konon pintu batu ini hanya akan terbuka dan hanya dapat dimasuki oleh orang banyak pada acara adat sadranan atau nyadran. Upacara ini merupakan upacara adat yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban.

Menurut cerita dari para sesepuh yang tinggal di sekitar sini, goa yang memiliki pintu ini  merupakan jejak napak tilas dari Prabu Brawijaya VI. Jadi goa ini disebut Goa Watulawang karena terdapat pintu dari batu yang berada di depan gua ini.

Pantai Watulawang ini memiliki dua bagian, yaitu sebelah barat dan sebelah timur. Di sebelah barat area pantai yang dimiliki tidak terlalu luas, sedangkan di sebelah timur area pantainya cukup luas.

Pantai ini menawarkan pemandangan dari cekungan batu karang yang hanya bisa dijumpai di pantai ini. Di dalam cekungan ini terdapat berbagai jenis ikan kecil yang cantik. Pemandangan ini tentu akan memanjakan mata Anda.

Di tempat wisata ini  juga dapat digunakan untuk aktivitas camping, karena pantai ini memiliki area dataran luas yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda di atas ketinggian pantai. Peralatan camping harus Anda siapkan sebelumnya, karena disini tidak tersedia persewaan.

Di atas batu karang pantai terdapat gazebo atau gardu pandang yang mengarah ke laut. Tempat ini bisa Anda gunakan untuk menikmati pemandangan lautan. Berdiri di sini menikmati sunrise atau sunset akan dapat mengaduk emosi Anda.

Di gardu pandang ini biasanya banyak pengunjung yang datang untuk mengambil foto. Anda tidak hanya disediakan gardu pandang untuk spot foto yang unik, melainkan juga disediakan jembatan bambu sebagai spot yang menarik untuk mengambil foto.

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menyeberang. Maka Anda harus ekstra hati-hati jika ingin menuju jembatan ini karena di tempat ini ombak sering datang dan pergi. Ketika ombak besar datang, tentu akan mengancam keselamatan hidup Anda.

Sekitar tiga tahun terakhir ini, jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini meningkat dengan drastis. Sadar akan potensi alam wisata ini, warga sekitar pun mulai mengembangkan lokasi wisata ini. Ada banyak fasilitas yang mulai melakukan pembangunan.

Pantai ini menawarkan keindahan alam yang berbeda dari pantai lainnya. Apalagi tempat ini juga masih kental akan budaya adat setempat. Jadi idak ada salahnya jika Anda mencoba datang ke panta ini.

Lokasi Pantai Watulawang

Lokasi Pantai Watulawang ini mudah dijangkau oleh para pengunjung karena aksesibilitas atau jalan yang dilewati menuju pantai ini sudah tergolong bagus. Wisata Pantai Watulawang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Rute Pantai Watulawang

Untuk menuju lokasi pantai ini dengan cepat, Anda bisa menggunakan motor pribadi. Jarak yang ditempuh untuk mencapai pantai ini tidak cukup lama. Jarak yang dibutuhkan hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 45 menit jika ditempuh dari Yogyakarta. Jarak dari pusat kota ke pantai ini kurang lebih 66,4 km.

Jalan yang dilewati menuju pantai ini masih berupa tanah dan bebatuan kapur. Karena itu lebih mudah dilewati dengan menggunakan sepeda motor. Jika Anda menggunakan mobil pribadi atau mobil sewa, Anda harus ekstra hati-hati saat berada di jalan. Karena jalan ke pantai ini hanya dapat dimasuki oleh 1 mobil. Jalan ini pun sangat pas sekali dengan ukuran mobil.

Agar dapat mencapai rute Pantai Watulawang ini Anda harus menuju ke arah timur dari Pantai Indrayanti. Anda harus terus melaju dengan perlahan-lahan. Jarak menuju pantai ini sebesar 200 m.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi atau seorang backpacker, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke tempat wisata pantai ini.

Anda bisa menggunakan kendaraan bus umum. Naiklah bus umum dengan jurusan Jogja – Wonosari. Lalu Anda bisa turun di terminal. Setelah itu, Anda harus mencari angkutan ke Pantai Watulawang.

Namun apabila Anda dari pusat Kota, ambillah jalur ke arah timur melewati Jalan Ahmad Dahlan. Setelah itu Anda harus menuju Jalan Panembahan Senopati no.9. Jika Anda sudah sampai di perempatan, pilihlah arah menuju ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso.

Setelah itu, Anda harus lurus terus sampai di perempatan. Lalu Anda bisa menuju ke arah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono. Jika sudah sampai di pertigaan, pilihlah arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja.

Lalu Anda bisa lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat. Sesampainya di pertigaan, ambillah  arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri hingga di pertigaan arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk.

Setelah itu, Anda jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang hingga sampai di pertigaan ke arah timur. Jika sudah melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, Anda hanya harus jalan terus menuju Jalan Pantai Selatan Jawa hingga di pertigaan. Terakhir, Anda ambil arah timur ikuti jalan hingga sampai di tujuan.

Fasilitas Pantai Watulawang

Pantai Watulawang menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung. Fasilitas yang terdapat di pantai ini tergolong lumayan lengkap. Fasilitas Pantai Watulawang ini mulai dari kamar mandi, warung makanan dan minuman, gazebo, mushola, spot foto, tempat parkir dan juga tempat berteduh.

Jam Buka Pantai Watulawang

Jam buka Pantai Watulawang mulai dari pukul 06.30 – pukul 17.00 setiap hari Senin – Minggu. Akan tetapi banyak pengunjung yang berkemah atau bermalam di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang

Harga tiket Pantai Watulawang sebesar Rp 10.000 saja. Harga tiket ini termasuk terbilang sangat murah, karena dengan membayar sebesar Rp 10.000 ini Anda sudah dapat menikmati keindahan pantai lainya.

Dengan 1 tiket, Anda sudah bisa menjelajahi pantai Watulawang dan sekitarnya seperti Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, Pantai Pok Tunggal dan lainnya. Harga ini sudah menjadi standar di  kawasan pantai daerah Gunungkidul.

Selain itu, untuk biaya parkir di pantai ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan sepeda motor dan biaya sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan mobil. Yuk manfaatkan Paket wisata Jogja sekarang dan kunjungi Pantai ini.

Sudah Wisata di Pantai Watulawang?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *