Pantai Wediombo – Wisata Alam Jogja Zaman Now

Pantai Wediombo – Dalam bahasa Jawa, wediombo berarti pasir yang luas. Begitulah nama tersebut dinamakan untuk pantai yang satu ini. Namun sayangnya, nama hanyalah sebuah nama. Pantai Wediombo tidak memiliki pasir yang seluas seperti namanya. Malahan, pantai yang berada di Gunungkidul Jogja ini didominasi oleh bebatuan karang di sebelah timur dan baratnya. Bebatuan karang tersebut membuat hamparan pasir di sini tidak luas.

Pantai Wediombo – Photo by @dijemighty

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Wediombo

Lokasi Pantai Wediombo mudah untuk ditemuakn, jika anda bingung, anda bisa melihat map yang berada di browser hp anda. Walaupun pasir di sini tidak seluas namanya, bukit-bukit karang yang terdapat di pantai ini menjadikan keindahan bagi pantai dan memberikan keunikan yang khas bagi pantai itu sendiri. Ditambah lagi, ada kolam alami dari bebetuan karang yang menambah keindahan pantai ini. Hal ini membuat para wisatawan yang berkunjung semakin betah untuk berlama-lama di sini.

Fasilitas yang terdapat di pantai wediombo ini terbilang cukup lengkap seperti di pantai-pantai terkenal lainnya. Ada toilet, kamar mandi, dan juga mushola untuk tempat beribadah bagi yang beragama muslim. Musholla di sini cukup bersih dan juga terdapat mukena dan sarung yang cukup lengkap. Setap waktu, mukena-mukena tersebut dicuci bersih agar membarikan kenyamanan beribadah bagi pengunjung. Untuk harga tiket masuk Pantai Wediombo bisa dibilang murah, anda hanya cukup membayar biaya untuk parkir saja.

Pantai Wediombo – Photo by @zohan_santoso

Di sini, ada juga warung-warung penjaja kuliner nusantara yang akan memanjakan perut dan lidah anda karena anda akan disuguhi beberapa macam hidangan yang sangat menggoda selera. Makanan khas dari gunungkidul seperti tiwul dan belalang goreng pun bisa anda cicipi di warung tersebut. Anda juga bisa melakukan perkemahan di sini dengan mendirikan tenda. Karena belum ada penginapan seperti hotel yang dibangun di sini.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Satu hal yang menarik yang tidak banyak diketahui orang-orang yaitu kolam alami di bebatuan karang yang bisa anda gunakan untuk berenang di sini. Atau sekedar berendam sembari menikmati airnya yang jernih. Kolam alami ini sendiri terbentuk dari susunan batu karang secara alami dan memiliki kedalaman sekitar 150 cm. Kolam ini merupakan alternative alami bagi orang-orang yang ingin mandi di laut. Rute menuju Pantai Wediombo ini juga sangat mudah.

Selain itu, ada juga spot-spot unik yang bisa dijadikan sebagai objek berfoto selfie karena pemandangan alamnya yang memang indah. Apalgi jika sunset tiba. Sembari memandangi sunset yang indah, anda dapat mengabadikan momen berharga tersebut. Posisi pantai yang menghadap ke barat dengan sempurna serta tebing yang agak menjorok, akan membuat pemandangan sunset terlihat lebih indah.

Pantai Wediombo – Photo by @isnansholeh

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Wediombo

Berkunjung wisata alam pantai memang menjadi hal yang sangat menarik. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai. Karena alam yang sudah dijaga sedemikian rupa tidak boleh dirusak begitu saja dengan sampah-sampah yang dibawa oleh pengunjung. Tips untuk berkunjung ke pantai ini adalah, datanglah pada saat cuaca cerah dan pada pagi atau sore hari agar anda bisa menikmati kolam alami yang berate di bebatuan karang tersebut.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.