Pasar Kaki Langit, Pasar Tradisional Menawarkan Makanan Khas di Atas Ketinggian

Wisata Pasar Kaki Langit Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Pasar Kaki Langit Mangunan. Objek wisata ini adalah salah satu wisata di Jogja yang menyuguhkan wisata kuliner dengan nuansa yang berbeda. Dengan nuansa yang berbeda akan memberikan keseruan tersendiri untuk para wisatawan. Karena wisata ini sangat kental dengan adat Jawa mulai dari pakaian, makanan hingga nuansa yang disuguhkan.

Selain menikmati kuliner yang sudah disediakan berbagai macam makanan khas Jogja, para wisatawan juga menikmati spot foto di Pasar Kaki Langit untuk mengabadikan momen liburannya. Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata ini, Anda bisa berlibur melalui jasa paket wisata Jogja.

Wisata Pasar Kaki Langit Jogja

Berlibur ke Wisata Pasar Kaki Langit Jogja

Berdirinya Pasar Kaki Langit berawal dari ide gagasan GenPi (Generasi Pesona Indonesia) Yogyakarta. GenPi adalah suatu komunitas dari kumpulan anak muda yang mempunyai tujuan untuk mengenalkan seluruh destinasi wisata yang ada di Indonesia. Keunikan yang ada di Pasar Kaki Langit dibuat dengan kekreatifitasan anak muda Generasi Pesona Indonesia, sehingga suasana wisatanya berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Tempat wisata di Jogja ini diberi nama Kaki Langit karena terletak di kawasan wisata Dlingo Imogiri. Wisata ini terbilang unik karena memiliki sekitar 12 lapak untuk menjual makanan tradisional dari Indonesia terutama makanan khas Yogyakarta.

Selain itu, untuk melakukan pembayaran makanan di pasar ini tidak menggunakan yang biasa pada umumnya. Melainkan menggunakan koin kayu yang sudah disediakan ditukarkan dengan uang sebagai alat pembayaran. Ide ini terinspirasi dengan menirukan pada zaman majapahit. Untuk melakukan penukaran rupiah dengan koin Anda akan diajarkan terlebih dahulu.

Sebelum diberi nama Pasar Kaki Langit, wisata ini dikenal dengan pasar semi yang bermaksud pasar setu minggu. Diganti dengan nama kaki langit karena memiliki arti melangkah untuk cita-cita yang tinggi. Terdapat 8 langkah yang dimaksud, yaitu rasa langit, budaya langit, karya langit, atap langit, langit terjal, langit ilalang, langit hijau, dan langit cerdas.

Lokasi Pasar Kaki Langit

Lokasi Pasar Kaki Langit Yogyakarta tepatnya terletak di Jalan Mangunan, Cempuk, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Wisata kuliner ini sangat mudah ditemukan karena berada di sekitar tempat wisata Mangunan seperti obyek wisata Hutan Pinus Asri dan obyek wisata lainnya.

Rute Perjalanan Menuju Pasar Kaki Langit

Untuk rute Pasar Kaki Langit sangat mudah dijangkau karena jalanan yang dilalui sangat layak. Jika dari pusat Kota Jogja Anda jalan ke arah timur melewati Jl. Panembahan Senopati sampai bertemu dengan perempatan.

Kemudian belok ke arah selatan melewati Jl. Brigjend Katamso, jalan lurus sampai bertemu perempatan lagi belok ke arah timur melewati Jl. Kolonel Sugiyono sampai bertemu pertigaan pertama.

Kemudian belok ke arah selatan melewati Jl. Sisingamangaraja jalan lurus sampai melewati Jl. Imogiri Barat sampai bertemu pertigaan lagi belok ke arah timur melewati Jl. Bakulan Imogiri Anda ikuti jalan utama sampai melewati Jl. Mangunan dan terus ikuti jalan utama sampai bertemu Pasar Kaki Langit.

Jarak yang Anda tempuh dari pusat Kota Yogyakarta menuju Desa Wisata Pasar Kaki Langit membutuhkan waktu yang cukup lama menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor, sekitar kurang lebih 41 menit. Karena jarak pusat kota dengan wisata kuliner tersebut lumayan jauh sekitar 20,1 kilometer.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Fasilitas Wisata Pasar Kaki Langit

Fasilitas Pasar Kaki Langit memiliki fasilitas yang unggulan karena di bawah pengawasan kementerian pariwisata. Wisata ini menyediakan fasilitas yang sangat memadai. Diantaranya adalah gazebo yang dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat serta menikmati makanan tradisional yang sudah Anda beli, beberapa toilet umum agar wisatawan mudah untuk menemukannya, serta permainan tradisional seperti yoyo, ketapel, dan mainan dari kayu lainnya sebagai hiburan anak-anak.

Selain itu, wisata kuliner ini mengadakan pentas seni agar para pengunjung tidak merasa bosan. Pertunjukan pentas seni dimainkan oleh para seniman yang berasal dari Bantul. Tidak hanya kuliner dan hiburan saja, disini Anda juga bisa mengikuti sesi belajar yang diadakan secara rutin. Kegiatan ini diadakan untuk melatih keterampilan para pengunjung Pasar Kaki Langit Jogja ini.

Keunikan Pasar Kaki Langit

Pengunjung Pasar Kaki Langit Jogja bisa menikmati pemandangan yang indah karena berdekatan dengan wisata alam yaitu Hutan Bengkung serta dapat berkunjung ke wisata bersejarah yaitu makam raja Mataram. Selain itu yang membuat wisata ini tampil unik adalah para pedagang dan petugas wisata pasar kaki langit yang menggunakan kostum lengkap adat Jawa. Sehingga wisata ini terlihat kental akan nuansa Jawanya.

Jam Buka Wisata Pasar Kaki Langit

Jam buka Pasar Kaki Langit adalah hanya buka pada hari weekend saja, yaitu hari sabtu dan minggu saja. Untuk jamnya Anda bisa menikmati wisatanya mulai jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Wisata ini buka sampai tengah malam karena memang buka hanya dua hari saja dalam seminggu. Sehingga Anda bisa menikmati liburan disini sampai Anda puas dan tenang menikmati kuliner serta spot foto tanpa tertinggal spot satupun.

Harga Tiket Masuk Wisata Pasar Kaki Langit

Harga tiket Pasar Kaki Langit gratis alias tidak dipungut biaya apapun untuk masuk ke kawasan Wisata Pasar Kaki Langit. Namun untuk biaya parkir tetap ada, yaitu Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Namun untuk wisata Pasar Kaki Langit jika Anda ingin membeli makanan tidak bisa menggunakan uang rupiah. Jadi, Anda harus menukarkan uang rupiah Anda terlebih dahulu dengan koin kayu yang nilainya setara dengan seribu, dua ribu, dan lima ribu. Nanti ada petugas yang siap mengajarkan Anda bagaimana cara menukarkan uang dengan koin tersebut. Jadi Anda tidak akan bingung untuk menukarkan uang Anda dengan koin.

Dengan wisata seperti ini, Anda tidak hanya berlibur tanpa ada sesuatu yang istimewa dalam momen liburan Anda bersama teman, kerabat maupun keluarga. Terutama untuk orang yang bukan asli Jawa, dengan mengunjungi Pasar Kaki Langit Jogja para wisatawan akan mengetahui bagaimana adat Jogja sesungguhnya.

Untuk Anda yang ingin berwisata dengan mudah, Anda bisa menggunakan jasa wisata. Sudah banyak agen paket wisata Jogja yang berpengalaman dan terpercaya serta sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk menemani perjalanan wisata Anda agar aman dan nyaman.

Anda bisa memastikan bahwa wisata tersebut aman dan terpercaya melalui sosial media yang dikaitkan. Perlu Anda lihat review para pengguna jasa tour tersebut, selain itu melalui sosial media Anda juga dapat mengetahui alamat, harga serta fasilitas yang diberikan. Dengan jasa tour wisata yang tepat Anda tidak akan merasa kecewa dengan liburan Anda. Selain tempat wisata, perjalanan liburan Anda juga harus berkesan.

Sudah Kulineran di Pasar Kaki langit?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *