Plunyon Kali Kuning, Wisata Alam Udara Merapi Segar Adem & Tenang

Wisata Plunyon Kali Kuning  Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Plunyon Kali Kuning. Plunyon Kali Kuning adalah tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi yang berupa jembatan gantung dengan pemandangan yang berhadapan langsung dengan Kali Kuning. Kali Kuning ini mengalir di sepanjang Gunung Merapi dengan jarak sekitar 10 kilometer dari kota Jogja.

Kali Kuning ini setelah terjadinya bencana letusan Gunung Merapi, membawa banyak lahar merapi yang mengakibatkan sekitar kali kuning menjadi banyak ditumbuhi tanaman yang hijau dan subur. Objek wisata Plunyon ini merupakan salah satu yang mencoba bangkit kembali dari kerusakan akibat amarah merapi beberapa tahun yang lalu.

Objek wisata alam yang adem, segar berasal dari Gunung Merapi memberikan daya tarik tersendiri bagi para pelancong atau wisatawan dalam dan luar negeri. Para wisatawan menyukai suasana alam dan panorama indah di sekitar Kali Kuning sehingga mereka sanggup hanya duduk-duduk santai menikmatinya bersama keluarga dan diselingi dengan selfie atau wefie di Plunyon.

Wisata menuju Plunyon Kali Kuning ini terdapat dalam paket wisata Jogja yang dapat Anda pilih untuk disertakan jika Anda merencanakan berkunjung ke Jogja.

Sekilas Tentang Plunyon Kali Kuning

Plunyon Kali Kuning, Melegenda di Masyarakat Jogja

Plunyon Kali kuning ini bukanlah tempat objek wisata baru, keberadaan Kali Kuning ini sama dengan Kaliurang dalam hal panorama. Kali kuning juga menawarkan udara bersih, sungai yang jernih, serta pepohonan yang hijau dan rindang.

Pepohonan ini terdiri dari ratusan pohon pinus maupun pohon cemara yang berbaris berjajar dengan rapi di sepanjang Kali Kuning. Selain itu, tempat ini juga menyuguhkan tanah lapang dengan rumput hijau di beberapa bagian lahannya yang dapat digunakan untuk berkemah. Perkemahan yang ditawarkan biasanya yang berada di sepanjang sungai Kali kuning.

Namun, malang tidak tertolak dengan datangnya bencana alam dari Gunung tertinggi di daerah Jawa Tengah, Merapi, tiba-tiba meletus dan memuntahkan banyak material lahar maupun lava panas. Lahar dan lava tersebut menutupi aliran sungai Kali Kuning dan sungai lainnya, sehingga objek wisata ini sempat ditutup sekitar tahun 2006.

Penutupan tersebut cukup lama karena benar-benar menunggu hingga Gunung Merapi ‘tenang’ seperti sedia kala. Disebut melegenda karena keindahan alam yang alami sebelum alam ‘merusaknya’ dengan bencana alam sangatlah fantastis daripada saat ini, setelah dilakukan pemugaran dan perbaikan.

Jembatan Plunyon Kali Kuning

Jembatan Plunyon ini ada dua macam, yang pertama jembatan paten yang terbuat dari bata dan jembatan gantung. Keduanya memiliki nilai keindahan yang berdiri sendiri dan keunikan masing-masing. Jembatan paten dari bata merupakan jembatan penghubung masyarakat yang sempat tertimbun material letusan gunung merapi pada saat meletus tahun 2006.

Jembatan ini menjadi ikonnya Kali Kuning karena di sisi kanan dan kirinya terbentang perbukitan hijau dan sungai bertingkat yang bermuara salah satunya di curug. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan penat, dengan berteriak sekerasnya di tengah-tengah jembatan.

Sedangkan jembatan gantung yang ada di bagian pepohonan hijau, sengaja dibangun untuk para wisatawan yang menginginkan sensasi adrenalin. Jembatan gantung tersebut dibuat transparan dengan tali dan papan kecil agar pelancong dapat melihat keindahan yang ada di bawah jembatan.

Curug Kali Kuning

Curug Kali kuning ini merupakan satu lokasi dengan keberadaan Plunyon. Letak curug ini tidak jauh dari jembatan Plunyon. Curug ini berukuran kecil dengan aliran air yang cukup deras. Air dari curug ini sangat segar karena merupakan air pegunungan yang turun langsung dari mata air.

Anda dapat menjelajahi curug ini dan sekedar melakukan foto ria baik selfie maupun wefie dengan keluarga atau teman. Dijamin hasil jepretan Anda akan tampak indah dan instagramable. Jangan lupa untuk memakai sandal yang tidak licin dan topi agar Anda terhindar dari terpeleset dan terik matahari.

Sangkar dan Gazebo Unik

Sangkar dan gazebo unik menjadi spot favorit bagi para wisatawan yang ingin duduk santai bercengkerama dengan keluarga atau teman. Ditemani makanan dan minuman hangat  menambah seru obrolan bersama. Di spot sangkar, Anda juga dapat berfoto dengan angle foto adalah sangkar burung yang terbuat dari jerami dan ranting pohon. Gazebonya pun unik dengan model atap tinggi berbentuk segitiga lancip ke atas. Teduh, asri dan menenangkan adalah rasa yang ingin disuguhkan dari spot ini.

Lokasi Plunyon Kali Kuning

Lokasi Plunyon Kali Kuning ini ada di Kedungsriti, Sidorejo, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. Untuk sampai ke Plunyon dari pusat kota Jogja, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 5 menit.

Waktu tersebut menempuh jarak sekitar 26 kilometer. Sepanjang perjalanan, mata Anda akan disuguhi dengan keindahan alam hakiki dari lereng Merapi yang mulai hijau setelah letusan tahun 2006. Ingat! Isi penuh bensin kendaraan Anda untuk menempuh perjalanan sejauh 26 km karena tidak ada SPBU di sepanjang perjalanan.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Rute Plunyon Kali Kuning

Rute Plunyon Kali Kuning yang paling mudah adalah melalui Kaliurang . Dari Kaliurang, Anda tinggal naik terus sampai menemui belokan dan ambil kiri ke arah Umbulharjo. Umbulharjo ini merupakan arah menuju wisata Lava Tour.

Untuk sampai ke Plunyon maka Anda harus melewati dua pos retribusi. Yang pertama adalah pos retribusi Umbulharjo. Yang kedua adalah pos retribusi Jembatan Plunyon yang dapat ditempuh dari Umbulharjo setelah sekitar 100 meter dan belok kiri lalu kanan sampai menemui pertigaan. Arah ke Plunyon adalah yang terdapat pohon beringin kecil.

Fasilitas Plunyon Kali Kuning

Fasilitas Plunyon Kali Kuning ini sangat memadai untuk kawasan objek wisata hutan. Fasilitas-fasilitas yang ada di Plunyon dapat membuat para pengunjung nyaman dan berlama-lama untuk tinggal dan menikmati keindahan Plunyon maupun kali Kuning.

Fasilitas ini meliputi spot bersepeda, spot camping dan spot berfoto ria dengan latar belakang Gunung Merapi. Selain itu, masih terdapat tambahan fasilitas yang pasti ada di setiap objek wisata yaitu kamar mandi, mushola, gazebo, warung makan dan area parkir yang luas.

Jam Buka Plunyon Kali Kuning

Jam Buka Plunyon Kali Kuning untuk para pelancong adalah pukul 7 pagi sampai jam 4 sore, setiap hari mulai dari hari Senin sampai Minggu.  Dikarenakan objek wisata ini termasuk objek wisata daerah maka jam operasional tempat ini juga mengikuti ketentuan daerah. Jika terjadi sesuatu dengan Gunung Merapi maka sudah pasti Plunyon ini akan ditutup untuk keamanan para pelancong dan warga sekitar. Jadi, silahkan datang ke Plunyon Kali Kuning sebelum jam tutup ya.

Harga Tiket Masuk Plunyon Kali Kuning

Harga Tiket Plunyon Kali Kuning terbaru tahun ini adalah 10 ribu rupiah saja per orang. Jika Anda membawa kendaraan maka Anda tinggal menambahkan uang parkir sebesar Rp. 2000. Murah bukan? Wisata alam yang menyuguhkan udara segar pegunungan dan irit di ongkos. Dikarenakan Plunyon dekat dengan lokasi Lava Tour Merapi, maka jika Anda menginginkan menaiki Lava tour maka Anda harus merogoh kocek lagi sebesar Rp. 300.000an. Harga murah dengan pengalaman yang tidak bandingannya, siapa yang menolak?

Ayo segera jadwalkan liburan sekolah Anda dengan memasukkan Plunyon Kali Kuning sebagai destinasi wisata yang termasuk dalam paket wisata Jogja. Dijamin, sensasi alami tempat wisata ini akan menyegarkan pikiran penat Anda.

Sudah Wisata di Plunyon Kali Kuning Jogja ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *