Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo adalah puncak yang tertinggi di perbukitan Menoreh Yogyakarta. Perbukitan menoreh berketinggian lebih dari 2000 meter membentang di sepanjang kota Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di Puncak Suroloyo ini pengunjung dapat melihat pemandangan kabupaten Kulonprogo dan Kota Yogyakarta dari puncak ketinggian. Puncak Suroloyo memiliki cerita yang melegenda menceritakan seorang Raden Mas Rangsang mempunyai gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Ada tiga Gardu pandang di Puncak Suroloyo yaitu Gardu Pandang Suroloyo, Gardu Pandang Sariloyo dan Gardu Pandang Kaendran. Gardu Pandang Suroloyo memiliki ketinggian yang paling rendah. Dari sini pengunjung dapat melihat pemandangan Candi Borobudur yang indah. Sariloyo 200 meter ke arah Barat. Pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro dapat dilihat dari sini. Dari Kaedran Anda dapat melihat Pantai Glagah yang tampak biru.

Dibalik keindahan pemandangan di Puncak Suroloyo ternyata Puncak Suroloyo memiliki sebuah mitos. Mitos tersebut adalah Puncak Suroloyo merupakan tempat bekas Raden Mas Rangsang mendapatkan gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Di Puncak Suroloyo ini tempat Raden Mas Rangsang melakukan pertapaan setelah dia menerima sebuah wangsit.

Hal itu terdapat di dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadiputa yang isinya bahwa Mas Rangsang memperoleh wangsit, supaya dia harus berjalan dari Keraton Kotagede ke arah barat. Dan itulah akhirnya Mas Rangsang mengikuti petunjuk tersebut dan berjalan dengan jarak sekitar 40 km dan setelah itu dia tertidur di puncak suroloyo ini. Di dalam tidurnya Raden Mas Rangsang memperoleh wangsit lagi.Di wangsit itu terdapat perintah untuk melakukan tapa di tempat dia berhenti.

Puncak tertinggi Pegunungan Menoreh (1019 mdpl) ini terletak di Dusun Keceme, Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Ada 2 jalan masuk ke puncak, jalan mana pun yang dipilih jumlah anak tangganya sama yaitu sekitar 200 anak tangga. Rasa lelah terbayar ketika berada di puncak, panorama alam yang indah terlihat dari sini seperti Gunung Sindoro dan Sumbing di sebelah Barat. Gunung Merapi dan Merbabu di Timur. Candi Borobudur di Utara yang terlihat mungil. Bahkan, pantai di bagian Selatan juga terlihat.

Lokasi Puncak Suroloyo Jogja

Untuk menuju ke Puncak Suroloyo Kulonprogo lokasinya terbilang cukup mudah di jangkau. Lokasinya terletak di Onggosoro, Giritengah, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Tiket Masuk Puncak Suroloyo Jogja

Jika kalian liburan mendaki ke Puncak Suroloyo yang ada di Kulonprogo Yogyakarta. Kalian tidak akan mengahbiskan budget gede karena tempat ini termasuk tempat wisata yang ekonomis. Untuk tiket masuknya saja hanya di kenakan tarif Rp 5.000 saja dan Untuk parkir kendaraan roda dua hanya dikenakan tarif Rp 2.000 bagi yang membawa kendaraan roda empat hanya dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Termasuk tempat wisata yang hemat bukan?

Tiket Masuk Puncak Suroloyo 2019
KategoriHarga Tiket
Tiket MasukRp 5.000
Parkir kendaraan roda duaRp 2.000
Parkir kendaraan tipe mobilRp 5.000
Instagram @wisata.oke

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Puncak Suroloyo Jogja

Rute Menuju Puncak Suroloyo Jogja

Perjalanan menuju Puncak Suroloyo dari Titik 0 Yogyakarta. Melalui Jalan Wates – Ambil Jalan Ring Road Barat – Belok ke Kiri menuju Jalan Godean – Belok kanan menuju Jalan Purboyo Ngentak – Jalan Dekso – Ambil Kiri Menuju Jalan Kepiton – Jalan Samigaluh Boro – Puncak Suroloyo. Jarak dari Pusat Kota Yogyakarta ke Puncak Suroloyo sekitar 39,6 KM. Dengan waktu tempuh kendaraan roda empat sekitar 1 Jam 19 Menit.

Instagram @ervinamuliasantoso

Baca juga: Paket Tour Jogja Murah ke Puncak Suroloyo Jogja

Fasilitas Puncak Suroloyo Jogja

Fasilitas yang ada di Puncak Suroloyo sudah termasuk memadai akan tetapi perlu di tingkatkan lagi karena pengunjung wisatawan yang semakin waktu ke waktu semakin banyak berdatangan. Saat ini fasilitas yang sudah tersedia antara lain Warung – warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman, Toilet umum, Penginapan di dekat tempat wisata, tempat camping, Tempat Warung kopi khas puncak suroloyo, Warung sate yang sangat terkenal jika kalian melewati jalan di dekat nanggulan, Gardu pandang untuk melihat matahari terbit sampai pukul 10.00, Patung Bathara Guru yang merupakan patung gambaran Dewa Siwa, dan Tempat parkir yang luas.

Instagram @habibie

Baca juga: Paket Tour Jogja Murah ke Puncak Suroloyo Jogja

Sudah Liburan ke Puncak Suroloyo?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *