Puri Mataram, Wisata Alam dengan Pendekatan Kekentalan Budaya Lokal

Puri Mataram Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Jam Buka, Rute Menuju Puri Mataram. Objek wisata ini ialah objek wisata alam yang baru berada di Kabupaten Sleman. Uniknya objek wisata ini bukan hanya wisata alam saja tetapi dikombinasikan dengan budaya lokal khas Jawa. Sehingga jika berkunjung ke puri menggunakan paket wisata Jogja akan terasa sensasi tradisional yang lumayan kental.

Wisata Puri Mataram

Taman Alam dengan Budaya Lokal

Puri Mataram berkonsep taman alam tanpa mengesampingkan budaya lokal Mataram yang dianut oleh masyarakat setempat yang bisa dilihat dari desain bangunannya.  Selain itu, juga dari segi kuliner di restoran Joglo menawarkan menu makanan tradisional juga  jajanan yang ada di pasar Ndelik. Suasana kerajaan Mataram akan terasa jika langsung datang berkunjung ke objek wisata ini.

Restoran Joglo

Restoran ini ialah bangunan utama yang akan ditemukan pengunjung di lokasi objek wisata Puri Mataram ini. Ragam menu tradisional disediakan di restoran tersebut mulai dari tempe bacem, sayur lodeh, tahu bacem, mangut lele dan menu lainnya bisa dicicipi langsung ketika berkunjung ke  destinasi wisata ini.

Satu porsi menu mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu, harganya memang sangat terjangkau. Apalagi masuk ke lokasi wisata ini gratis jadi tidak banyak menguras kantong.  Pengunjung yang ingin makan harus mengambil sendiri makanannya sebab disini menggunakan sistem prasmanan. Jangan lupa bawa uang tunai sebab disini tidak ada atm, dan tidak meneima pembayaran dengan kartu kredit.

Bermain Sepeda Air

Restoran Joglo berdekatan dengan kolam dimana kolam ini dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bermain sepeda air. Kolam ini juga dikenal dengan nama danau yang bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Permainan air yang tersedia seperti sepeda air atau becak air berbentuk hewan digunakan untuk mengitari kolam. Bukan saja sebagai wahana hiburan, dengan  mengayuh sepeda air ini, dapat membakar kalori serta kaki pun lebih kuat.

Jika terus masuk ke bagian dalam Puri Mataram, terdapat sawah yang terhampar hijau. Pengunjung bisa menikmati keindahan persawahan ini termasuk bisa berfoto. Jembatan bambu akan membelah persawahan ini yang digunakan untuk bisa berjalan ke taman bunga.

Menikmati Indahnya Taman Bunga dan Bermain Bersama Kelinci

Bagi yang suka kelinci juga sangat tepat berkunjung ke Puri Mataram sebab di sini pengunjung dapat bermain bersama kelinci. Juga bisa dimanfaatkan sebagai wisata edukasi untuk anak-anak karena mereka dapat berinteraksi langsung dengan kelinci tersebut. Anak-anak dapat membelai kelinci, memegang hingga menggendong kelinci jika diinginkan. Jika ingin memberi makan juga diizinkan dengan makanan yang sudah disediakan di area tersebut tentunya. Tiket masuk sebesar Rp 10 ribu sudah lengkap dengan makanan kelinci yang dibungkus plastik.

Selanjutnya tak kalah menarik mengunjungi taman bunga  dengan melewati jembatan bamboo yang tersedia di area tersebut. Banyak bunga dengan ragam warna di taman bunga ini sangat indah. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan berbagai momen  terutama di taman bunga dan bermain bersama kelinci.

Terdapat balkon di bagian utara Taman  yang juga lengkap dengan ayunan bisa dimanfaatkan untuk bersantai dan berfoto. Sedangkan di bagian tengah taman terdapat Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Menikmati Jajanan Pasar Ndelik

Pasar Ndelik Puri Mataram ini dari namanya saja sudah cukup unik yang hanya di buka ketika hari libur nasional dan hari Minggu saja. Ndelik jika dalam bahasa Jawa diartikan ke bahasa Indonesia artinya sembunyi. Nama pasar ini sesuai dengan bentuk atau desain pasar ini tertutup oleh pohon dan berada di gubuk yang kecil.

Jajanan pasar yang bisa dicicipi diantaranya pisang goreng, cenil,  klepon, pecel, jenang hingga jajanan yang lainnya. Perlu diketahui jika membeli jajanan tersebut maka pengunjung harus menggunakan pandel untuk membayarnya, tidak membayar dengan rupiah.

Pandel ialah uang kayu sebagai alat tukar di pasar ini, dimana satu pandel memiliki nilai Rp 1000, ditukarkan terlebih dahulu sebelum masuk ke Pasar Ndelik. Jika memiliki pandel sisa, maka pandel ini tak bisa diuangkan lagi tetapi dapat digunakan untuk besok hari jika kembali membeli di pasar ini.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Lokasi dan Jam Operasional Puri Mataram

Jika ada agenda berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa singgah di Kabupaten Sleman. Sebab lokasi Puri Mataram Jogja di Dusun  Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dengan kode pos 55511.

Sedangkan jam buka puri untuk lokasi wisata mulai jam 08.00 hingga 21.00 WIB. Keuntungan berkunjung ke puri ini, lokasinya dengan objek wisata lain sehingga bisa berkunjung ke spot wisata lain dalam waktu bersamaan. Menariknya jika berkunjungi di Hari Minggu, ada dibuka Pasar Ndelik mulai jam 7 pagi.

Mengenai jam operasionalnya, sebenarnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu jam operasional untuk wahana, restoran dan pasar Ndelik.

  • Wahana dibuka mulai dari Senin – Minggu mulai jam 08.00 – 18.00 WIB
  • Restoran dibuka mulai Senin – Minggu mulai jam 08.00 – 21.00 WIB
  • Pasar Ndelik dibuka khusus hari Minggu sejak jam 07.00 WIB.

Rute Lokasi Puri Mataram

Tidak  terlalu banyak waktu yang dibutuhkan untuk tiba melewati rute Puri Mataram Jogja kurang lebih 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Bisa ditempuh dengan sepeda motor, bus ataupun mobil.

  • Mulai dari pusat kota Yogyakarta, ambil jalan lurus hingga bertemu hotel Ayarrta Malioboro, kemudian belok kanan ke Jalan Letnan Jenderal Suprapto terus lurus hingga di jalan Tentara Rakyat Mataram. Lanjut lagi jalan lurus hingga berjumpa bundaran. Pilih jalan keluar yang pertama  untuk sampai di jalan Tentara Pelajar, lurus lagi hingga ada perempatan, ikuti jalan  menuju Jalan Magelang. Kemudian setelah menemukan bundaran lagi, pilih jalan keluar yang kedua menuju Jalan Magelang – Yogyakarta/ Jalan Semarang – Yogyakarta. Kemudian lurus ikuti jalan besar dan belok kiri menuju Jalan PJKA hingga tiba di lokasi yang dituju.

Fasilitas Memadai Puri Mataram

Fasilitas Puri Mataram Jogja cukup memadai. Para wisatawan yang berkunjung ke Puri Mataram dapat menikmati 3 wahana yang menarik yaitu becak air,  taman bunga dan taman kelinci. Selain itu,di lokasi wisata ini juga tersedia restoran dan setiap pengunjung  yang masuk ke restoran tersebut diwajibkan membayar sebesar Rp 10 ribu setiap orangnya. Selain wahana, juga tersedia gazebo bisa dimanfaatkan untuk beristirahat setelah lelah bermain dan berkeliling, juga ada kamar mandi dan tempat parkir.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-sejarah-budaya-jogja” ]

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Puri Mataram

Harga tiket masuk Puri Mataram Jogja adalah gratis. Ya, sebenarnya untuk masuk ke Puri Mataram, tidak dikenakan biaya. Tetapi jika pengunjung ingin menikmati wahana harus membayar lagi mulai dari Rp 10 ribu. Namun jika pengunjung ingin menyeberang jembatan gantung diwajibkan membayar sebesar Rp 5 ribu.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang objek wisata di Kabupaten Sleman  Puri Mataram. Sama halnya dengan objek wisata alam lainnya, perbedaannya sebab puri ini menyediakan  taman kelinci, restoran dan pasar yang menjual makanan tradisional budaya lokal. Jadi jika ingin berkunjung langsung pesan paket wisata Jogja.

Sudah Wisata di Puri Mataram ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *