Seperti Berada di Negeri Dongeng – Rumah Hobbit Jogja

Rumah Hobbit – Pernahkah anda menonton film box office terkenal berjudul The Hobbits atau Lord of The Rings? Pada film-film tersebut diceritakan ada sekumpulan mahluk kecil mirip manusia yang tinggal di sebuah pemukiman dengan rumah-rumah kecil dan mungil. Hobbit adalah mahluk pekerja keras dalam mitologi yunani. Pernahkah anda membayangkan untuk bisa berada di tempat yang ditinggali oleh para hobbit tersebut? Apakah anda ingin sekali bisa mengunjungi rumah-rumah hobbit tersebut? Ya, tentu saja bisa! Kini, ada spot wisata menarik di Jogja yang menawarkan keunikan tempat yang mirip seperti di film-film yang pernah anda tonton tersebut.

Rumah Hobbit – Photo by @satrianasusi

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Rumah Hobbit

Rumah hobbit Jogja namanya. Kota Yogyakarta seakan tidak pernah kehabisan akal untuk membuat spot-spot wisata menarik yang dapat memikat hati para pengunjung setianya. Puluhan tempat wisata di kota yang satu ini akan menjadi dafatr pilihan wisata anda ketika berkunjung ke Kota Gudeg yang satu ini. Rumah Hobbit Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Bantul. Ya, lagi-lagi Bantul. Jika anda tinggal di kawasan Bantul Yogyakarta dan anda juga merupakan seorang penggemar wisata alam, pasti anda sudah menjelajahi seluruh kabupaten Bantul untuk menikmati wisata-wisata alam yang ada.

Berkunjung ke tempat wisata rumah hobbit bantul rasanya seperti bersilaturahim mendatangi rumah kerabat kita karena suasananya seperti perumahan asli namun mungil-mungil disertai dengan udara yang sejuk membuat rasanya seperti pulang ke kampong halaman sendiri. Wisata rumah penyihir bantul ini terletak di kawasan wisata seribu batu songgo langit di Mangunan yang letaknya tepat berada sebelum hutan pinus mangunan. Kawasan ini pastinya tidak asing bagi para wisatawan yang sudah sering berkunjung ke tempat-tempat wisata di mangunan karena letaknya berdekatan sekali dengan wisata kebun buah mangunan. Kawasan ini sungguh sangat nyaman sekali untuk didatangi karena sudah dilengkapi dengan lahan parkir yang luas dan beberapa fasilitas pendunkung lainnya. Di tempat wisata ini juga sudah dilengkapai dengan beberapa objek yang bagus untuk dijadikan latar foto antara lain Rumah Kayu Negeri Dongeng, taman, jembatan jomblo, dan lain sebagainya.

Di pintu gerbang masuk, sudah terdapat sederet warung makan, ada juga wahana flying fox bagi anda yang senang menguji adrenaline. Wahana ini juga akan mengantarkan anda hingga sampai ke bebatuan songgo langit dan rumah hobbit. Jalan saja menuju kawasan tersebut sambil berfoto dengan pemandangan alam yang indah. Anda juga akan melewati jembatan jomblo yang berhadapan langsung dengan rumah hobbit. Dan anda akan sampai di kawasan rumah hobbit. Walaupun berbeda dengan yang ada di New Zealand, rumah-rumah hobbit ini tetap menjadi spot yang menarik dan keren untuk difoto. Perlu diketahui bahwa anda tidak akan dapat masuk ke dalam rumah hobbit tersebut karena rumah-rumah itu hanyalah merupakan pajangan saja yang tampak dari depan dan disediakan hanya untuk berfoto saja.

Di samping rumah hobbit terdapat bebatuan besar yang saling menopang agar tidak terguling. Kawasan bebatuan inilah yang disebut dengan kawasan seribu batu songgo langit Jogja karena awalnya tempat wisata ini hanyalah berupa bebatuan-bebatuan yang tersusun saling menopang. Rumah hobbit dan yang lainnya baru dibangun kurang lebih enam bulan setelah dibukanya kawasan ini yang bertujuan untuk menarik para wisatawan yang mencari spot foto instagrameble. Di sebelah kanan rumah hobbit ini juga terdapat rumah-rumah kecil seperti komplek perumahan di bawah batu besar seperti rumah para kurcaci.

Rumah Hobbit – Photo by @diannyika

Dibalik batu besar ini juga ternyata terdapat sebuah taman kecil yang sangat bagus untuk berfoto bersama keluarga dan teman-teman, lalu terdapat pula bunga-bunga yang ditata sedemikian rupa sehingga membuat kesan kalau kita sedang berada di sebuah taman yang indah padahal taman ini hanya berupa taman kecil saja. Kemudian, obyek selanjutnya yaitu terdapat Rumah Kayu Negeri dongeng. Rumah kayu ini berupa rumah berbentuk limas yang dibuat dari ranting-ranting pohon. Penyusunan rumah yang bertingkat ini membuatnya terlihat seperti rumah kayu pedesaan yang dihuni oleh orang-orang adat suku tertentu. Rumah Kayu Negeri Dongen ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto, setelah agak siang sedikit banyak pengunjung yang akan mengantri disini. Asyiknya lagi kalau datang berramai-ramai ke tempat ini dan bisa menempati rumah-rumah kayu ini satu persatu untuk difoto seolah-olah kita menjadi seperti penghuni rumah tersebut.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Rumah Hobbit ini banyak sekali dipayungi oleh pohon yang rimbun sehingga cocok sekali untuk berteduh dari teriknya sinar matahari meskipun pada siang hari sekalipun. Karema berada satu kawasan dengan Seribu batu Songgo langit, tidak ada salahnya untuk menikmati pemandangan indah di sekitar sana juga. Pastikan anda membawa kamera terbaik anda untuk berfoto.

Lokasi Rumah Hobbit

Lokasi rumah hobbit Jogja tepatnya berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk rute rumah hobbit jogja dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.Lokasinya tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan dan wisata Watu Goyang Bantul, rute perjalanannya juga searah sehingga anda tidak perlu bingung lagi mencari jalan. Anda juga bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata yang berbeda tersebut di Mangunan. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai menujulokasi dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 35 sampai 45 menit tergantung laju kendaraan. Cek selalu kendaraan anda sebelum berangkat karena jalan menuju lokasi naik turun dan berkelok-kelok dan selalu cek gps pada smartphone anda untuk membantu anda memudahkan perjalanan.

Tiket Masuk ke Rumah Hobbit

Untuk tiket masuk ke Rumah Hobbit ini masih free alias gratis karena area ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga anda hanya akan dikenai biaya parkir saja sebesar 3.000 rupiah untuk motor dan 10.000 ribu rupiah untuk mobil. Meski kawasan ini gratis untuk dimasuki, para pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak diperbolehkan mencoret-coret lingkungan sekitar karena dapat merusak keindahan objek wisata yang telah dibangun dengan susah payah. Buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan dan jangan merusak tanaman yang ada.

Rumah Hobbit – Photo by @nna_khusnah

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Rumah Hobbit

Tempat wisata ini dibuka setiap harinya dari pagi hingga sore hari tergantung banyaknya pengunjung yang datang. Kadang bisa sampai pukul 18.30 WIB. Karena tempat wisata ini sangat unik dan menarik perhatian banyak orang, saat weekend pasti akan sangat ramai pengunjung yang berdatangan. Jika anda tidak begitu suka keramaian karena akan menyebabkan antri panjang untuk berfoto, anda bisa datang ke sini di hari biasa yaitu dari hari senin hingga hari jumat karena tempat ini lebih sepi ketika di hari biasa sehingga anda akan dapat bebas berfoto kesana kemari.

Bagaimana? Apakah anda sudah cukup tertarik untuk merencanakan liburan anda ke rumah hobbit? Segera kemasi barang anda dan kunjungi rumah hobbit di Jogja ini. Jangan lupa upload-upload foto anda ke sosial media dan bagikan ke teman-teman anda agar semakin banyak pengunjung berdatangan dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *