Berkunjung ke Negeri Dongeng – Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit – Masih di kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul Kota Yogyakarta yang menjadi kawasan wisata kekinian dan menjadi buruan bagi para penggemar spot foto baru. Yogyakarta memang merupakan kota yang paling cocok untuk dijadikan destinasi tempat berlibur yang didambakan oleh setiap orang di Indonesia dan selalu bisa membuat para wisatawan rindu akan keindahan alam yang ditawarkan. Kali ini, muncul lagi tempat wisata baru yang sangat unik yaitu wisata alam seribu batu songgo langit bantul yang tengah eksis dan menjadi bahan perbincangan di kalangan para traveler. Wisata Seribu batu songgo langit sekarang telah menjadi salah satu wisata yang selalu ramai dikunjungi. Karena dengan berkunjung ke tempat wisata tersebut, wisatawan dapat berfoto selfie dengan latar pemandangan indah bersama sahabat, teman, maupun keluarga tercinta.

Seribu Batu Songgo Langit – Photo by @handawulan

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Seribu Batu Songgo Langit

Tempat wisata songgo langit mangunan merupakan salah satu wisata alam dengan panorama menawan yang memiliki konsep hampir sama seperti Hutan Pinus Mangunan yang telah eksis sebelumnya. Seribu Batu Songgo Langit diambil dari bahasa Jawa yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah seribu batu yang menopang langit. Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat ribuan batu yang sangat indah dan bisa dijadikan sebagai spot selfie paling favorit yang paling banyak diincar oleh banyak orang terutama anak-anak muda. Akan tetapi, jika nanti sudah sampai di temapat wisata seribu batu songgo langit jogja ini, jagalah lingkungan sekitar untuk menjaga kelestarian alam dan janganlah membuang sampah apapun secara sembarangan di sana jika tidak menemukan tempat sampah, karena kita harus menjaga kelestarian alam yang telah dibangun dengan indah sedemikian rupa.

Selain kumpulan batu-batu yang yang indah, terdapat pula spot-spot untuk berfoto yang tidak boleh terlewatkan mulai dari gardu pandang, bebatuan besar yang fotogenik, pepohonan yang indah nan rimbun, hingga rumah hobbits yang menjadi salah satu ciri khas tempat ini yang tidak kalah dari tempat wisata lainnya.

Tempat wisata seribu batu songgo langit ini sudah dikelola sejak tahun 2016 lalu. Pada tahun 2016, baru dibangun gazebo-gazebo atau tempat peristirahatan dan sebuah jembatan kayu. Saat itu, belum banyak pengunjung yang berdatangan seperti sekarang. Wisata ini baru mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan serta warung-warung yang mulai aktif menjual makanan dan minumannya pada bulan Maret 2017 lalu. Tempat wisata baru tersebut dikelola sendiri oleh masyarakat pedukuhan Sukorame yang tinggal di sekitar tempat itu. Tempat parkir yang luas dan nyaman di tempat tersebut merupakan sebuah bantuan keuangan khusus dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendukung penuh eksistensi tempat wisata seribu batu songgo langit tersebut.

Meskipun bukan menjadi yang pertama, kenyataanya rumah hobbit yang berada di wisata saribu batu Jogja ini benar-benar menjadi perburuan oleh para wisatawan. Tidak hanya itu saja, di wisata songgo langit bantul ini masih ada juga Rumah Kurcaci yang bisa dijadikan spot untuk berfoto berikutnya. Kalian pasti pernah menonton kisah dongeng putri salju dan rumah para kurcaci yang sangat terkenal di dunia, dengan pergi ke rumah kurcaci ini, anda akan merasakan rasanya seperti putri salju yang tinggal di rumah kurcaci seperti di dongeng tersebut. Tak ingin kalah terkenal, para wisatawan selalu datang berramai-ramai dan berfoto di depan Rumah Kurcaci yang super keren itu.

Seribu Batu Songgo Langit – Photo by @frdianhdyt

Masih ada lagi wahana yang seru lainnya di tempat wisata seribu batu songgo langit dlingo ini. Bagi anda yang menyukai tantangan dan ingin menguji adrenalin, anda bisa menjajal wahana Flying Fox di seribu batu imogiri ini. Untuk mencoba dan bisa bermain wahana ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 15.000 rupiah per orang. Harga yang sangat murah bukan? Tertarikkah anda untuk mencobanya? Selain itu, terdapat pula spot tebing yang bagus untuk climbing. Spot ini khusus dibuat untuk para pecinta panjat tebing yang sudah berpengalaman.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi Seribu Batu Songgo Langit

Masih sangat banyak sekali spot berfoto yang bisa anda temui di wisata seribu batu songgo langit bantul ini. Jika anda tertarik dan penasaran ingin pergi ke tempat ini, silakan saja datang ke lokasi seribu batu songgo langit Yogyakarta yang berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Kota Yogyakarta. Tempat ini bisa sangat mudah ditemukan, jika kesulitan, anda bisa menggunakan bantuan GPS yang terdapat pada smartphone anda untuk membantu menemukan lokasi tempat ini.

Wisata bukit seribu batu ini sangat cocok sekali untuk anda yang merasa bosan dengan segala aktivitas sehari-sehari di kota tempat anda yang bekerja, sekolah,dan lain sebagainya. Karena ini akan menjadi momen yang sangat special yang sulit dilupakan untuk menghilangkan rasa penat serta akan menjadi tempat berlibur yang sangat menyenangkan. Wisata ini akan menjadi pilihan bagi anda dan teman-teman serta keluarga anda untuk menghabiskan waktu bersama apalagi jika anda dapat berfoto di spot-spot kekinian yang menjadi tren di sosial media. Bagi anda yang sehabis mengunjungi wisata Puncak Becici maupun Hutan Pinus Mangunan, coba luangkanlah waktu anda untuk mampir di wisata ini karena letaknya yang tak jauh dari sana, ini bisa menjadi daftar tambahan wisata yang keren untuk anda.

Rute Menuju Seribu Batu Songgo Langit

Untuk rute Seribu Batu Songgo Langit ini, mulailah perjalanan anda dari Kota Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, lewatilah jalan Ringroad Selatan terlebih dahulu. Jika sudah sampai di perempatan terminal Giwangan, lanjutkanlah perjalanan anda menuju Jalan Imogiri Timur, lalu lurus saja hingga anda menemukan pertigaan ke arah Pasar Imogiri. Ketika sudah sampai di pertigaan pasar imogiri, anda masih harus meneruskan perjalanan anda menuju Desa Mangunan, mungkin nantinya anda akan melalui jalan yang agak lumayan menanjak dan berbelok-belok serta berliku-liku. Berhati-hatilah agar tidak jatuh. Tidak jauh dari Desa mangunan, anda akan menemukan sebuah restoran bernama Restoran Bumi Langit, yang akan membawa anda menuju tempat Watu Goyang dan tak lama lagi anda akan sampai pada tujuan wisata anda yaitu tentunya Wisata Seribu Batu Songgo Langit Dlingo Mangunan Bantul Kota Yogyakarta.

Seribu Batu Songgo Langit – Photo by @handawulan

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Seribu Batu Songgo Langit

Tiket Masuk Seribu Batu Songgo Langit

Dikarenakan tempat wisata ini masih terbilang cukup baru, anda tak perlu mengeluarkan biaya masuk sama sekali. Tiket masuk Seribu Batu Songgo Langit ini semuanya gratis! Ya, gratis! Orang Indonesia pasti senang mendengar kata yang gratis. Namun anda tetap harus membayar biaya parkir kendaraan anda. Untuk parkir motor dikenakan biaya parkir seharga 3000 rupiah, sedangkan mobil dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah. Hal ini pasti tidak akan menjadi masalah bagi anda karena anda akan dapat merasakan dan dimanjakan oleh pemandangan alam yang sangat ciamik ini dari puncak songgo langit tempat wisata seribu batu langit Jogja ini.

Bagaimana? Sudahkah anda mengemaskan barang-barang keperluan anda untuk berlibur ke tempat wisata baru di Jogja yang sangat kece ini? Jangan lupa persiapkan tiket pesawat atau kereta api anda menuju Kota Jogja ini ya!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *