Potret kemegahan Situs Warungboto yang Tak kalah dengan Tamansari

Wisata Situs Warungboto Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Situs Warungboto. Yogyakarta atau Jogja memiliki beragam tempat wisata yang tentunya akan sayang kalau dilewatkan. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Situs Warungboto. Tempat ini memiliki tampilan seperti Taman Sari. Tempat wisata yang masih bisa dibilang baru ini, saat ini semakin ramai dan semakin banyak jasa paket wisata Jogja yang memasukkannya ke itinerary.

Wisata Situs Warungboto Jogja

Mengulik Sejarah Singkat Situs Warungboto Yogyakarta

Pesanggrahan Rejawinangu atau yang lebih dikenal dengan nama Situs Warungboto merupakan bangunan cagar budaya di Jogja yang merupakan sebuah pemandian (pesanggrahan). Jika dibandingkan dengan Taman Sari, tempat wisata ini masih terbilang sangat baru.

Keduanya sama-sama merupakan tempat pemandian yang dilengkapi dengan sumber mata air atau umbul. Menurut K.R.T. Jatiningrat, yang merupakan pengageng Keraton Yogyakarta menyebutkan jika situs ini dibangun masa Sri Sultan Hamengku Buwono I dan II.

Pemandian ini tidak bisa dipisahkan dengan berdirinya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Saat Sri Sultan Hamengku Buwono I membangun keraton yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Tujuannya adalah untuk mendukung keberlangsungan kekuasaan kerajaan Ngayogyakarta. Salah satu fasilitasnya adalah pesanggrahan.

Di tahun 1877, Sultan Hamengku Buwono I membangun Pesanggrahan Rejawinangun. Kala itu Sri Sultan Hamengku Buwono II masih bergelar sebagai putra mahkota. Kemudian, pembangunan situs pemandian ini dilanjutkan oleh Sri Sultan II.

Akan tetapi,  salah satu sumber sejarah seperti Tidjschriff voor Nederlandsh Indie yang merupakan tulisan J.F Walrofen van Ness mengemukakan jika situs  ini dibangun tahun 1785. Sumber tersebut juga diperkuat dari beberapa sumber sejarah lain. Yaitu dari Serat Rerenggan dan Babad Momana. Bahkan menurut, Babad Momana, tempat pemandian ini dibangun tahun 1711.

Di bagian dalam Pesanggrahan Rejawinangun ini memiliki sumber air. Karena itu, tempat ini juga dipergunakan untuk pemandian raja dan keturunannya. Hingga tahun 1935, tempat ini dipergunakan juga oleh masyarakat sekitar pesanggrahan. Penggunaan pemandian ini semakin berkurang intensitasnya dan dilupakan begitu saja setelah Indonesia merdeka. Salah satunya karena lokasi yang jauh dari pusat Keraton Yogyakarta.

Sebelum ditemukan dan dikunjungi seperti sekarang ini, situs ini hanyalah puing bangunan dan reruntuhan yang tidak dirawat. Kemudian dilakukan pemugaran yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPCB DIY). Pemugaran selesai pada tanggal 23 Desember 2016.

Situs Warungboto Yogyakarta ini semakin terkenal dan dikunjungi oleh masyarakat yang ada di Jogja dan Sekitarnya setelah pre-wedding Kahiyang Ayu – Bobby Nasution. Putri dari Presiden Joko Widodo ini, melakukan pemotretan di beberapa tempat dan Warungboto adalah salah satunya.

Berbeda dengan Taman Sari yang lokasinya lebih luas. Di Situs Pemandian Warungboto ini tidak terlalu luas sehingga tidak akan melelahkan bahkan setelah Anda mengelilinginya. Di bagian tengan Pemandian ini terdapat kolam besar yang dahulunya dipergunakan untuk mandi.

Spot favorit untuk foto di tempat ini ada beberapa tempat. Pertama di bagian kolam tersebut. Kedua di bagian tengah yang seperti aula. Ketiga ada di bagian atas situs. Jika ingin berfoto, sebaiknya datang pagi hari atau menjelang sore agar tidak terlalu panas.

Gunakan pula kamera dengan lensa wide agar bisa menangkap gambar tengah atau kolam di Situs Warungboto ini. jika tidak, maka Anda harus pintar untuk mengambil angle atau sudut pengambilan gambar. ini disebabkan karena tempatnya yang kecil sehingga Anda tidak akan bisa leluasa mengambil foto landscape di bagian tengah situs.

Lokasi Situs Warungboto Yogyakarta

Bila dibandingkan dengan Taman Sari, situs Warungboto susah untuk ditemukan. Ini disebabkan karena situs ini berada di tengah pemukiman. Untuk sampai ke Jl. Veteran No. 77, Kelurahan Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta ini, Anda sebaiknya menggunakan motor, mobil atau minibus. Ini karena jalanan dari jalan raya masuk ke lokasi sekitar Warungboto yang tidak terlalu besar.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Situs Warungboto Yogyakarta

Butuh waktu sekitar 15 menit jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta. Disarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi karena shelter trans Jogja agak jauh dari tempat wisata ini. Jadi jika Anda bukan orang yang suka berolahraga atau berpanas-panasan, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi.

Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi dari arah kota, Anda bisa mengambil rute Situs Warungboto sebagai berikut :

  • Mengambil jalur selatan lewat Jl. Margo Utomo.
  • Belok kea rah l. Mataram hingga perempatan pertama setelah Jl. Mataram.
  • Belok kiri ke Jl. Juminahan.
  • Lewat di Jl. Ki Mangunsarko hingga pertigaan dan belok kiri lewat Jl. Kusumanegara.
  • Hingga bangunnan pabrik yang ada di sisi kiri, Anda belok ke Jl. Veteran.
  • Setelah itu, Anda akan sampai di kawasan sekitar situs Warungboto. Akan ada papan petunjuk yang mengarahkan Anda untuk sampai ke cagar budaya yang ada di Yogyakarta ini.

Fasilitas Situs Warungboto Yogyakarta

Saat ini fasilitas yang ada di sekitar Situs Warungboto Yogyakarta sudah lebih lengkap. Beberapa fasilitas Situs Warungboto adalah tempat parkir. Anda bisa memarkirkan kendaraan seperti mobil atau motor di tempat yang sudah ditentukan. Selain itu, terdapat juga pemandu wisata yang disediakan oleh pengelola. Namun, untuk menggunakan jasa pemandu ini, Anda harus membayar biaya tambahan.

Jika Anda lapar atau haus, di sekitar Warungboto terdapat warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman seperti mie instant. Untuk toilet, Anda bisa menggunakan toilet milik warga yang ada di sekitar tempat wisata tersebut.

Jam Buka Situs Warungboto Yogyakarta

Anda tidak perlu terburu-buru jika ingin ke Situs Warungboto Jogja. Tempat ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga sekitar pukul 5-6 sore. Sehingga, kala sepi pengunjung, tempat ini tutup sekitar pukul 5 sore. Namun jika sedang ramai, jam buka biasanya sampai pukul 6 sore.

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Yogyakarta

ANda bisa menikmati wisata ke SItus Warungboto di Jogja dengan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir, karena tiket masuk Situs Warungboto  adalah dengan membayar parkirnya saja.

Untuk sepeda motor, Anda harus membayar Rp 3.000 dan untuk mobil, Anda harus membayar parkir sebesar Rp 5.000. setelah itu, Anda akan diarahkan ke pintu masuk dari Situs Warungboto tersebut. Jadi, kalau Anda ke situs ini dengan berjalan kaki, Anda tidak perlu lagi membayar biaya retribusi.

Sehingga jika Anda hendak ingin ke Situs Warungboto yang ada di Yogyakarta, Anda sebaiknya datang menggunakan kendaraan pribadi. Atau bisa menggunakan paket wisata Jogja dari kami. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi mengenai jalan ke Warungboto ataupun ke tempat wisata yang lainnya. Sehingga Anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Selain ke Jogja, bila Anda ingin wisata ke luar kota misalnya Malang, Anda bisa juga menghubungi Kami untuk paket wisata yang murah dan terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi Kami sekarang dan rencanakan wisata Anda saat ini juga!

Sudah Wisata di Situs Warungboto?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *