Stonehenge Cangkringan – Eropanya Kota Yogyakarta

Stonehenge Cangkringan – Yogyakarta memang selalu terkenal dengan tempat-tempat wisata uniknya yang menjadi daya tarik wisatawan luar Jogja yang mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Kini di daerah Sleman Yogyakarta ada sebuah tempat wisata unik lainnya yaitu Stonehenge cangkringan. Tempat wisata ini mirip sekali dengan Stonehenge yang berada di Inggris.

Stonehenge Cangkringan – Photo by @yudipriyanto21

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Stonehenge Cangkringan

Lokasi Stonehenge Cangkringan

Stonehenge cangkringan merupakan tempat wisata yang didirikan sebuah monument batu seperti di Inggris. Selain dapat menikmati keindahan dari monument batu ini, para pengunjung dapat menghirup udara segar yang ada di sini. Lokasi stonehenge cangkringan ini tepatnya berada di dusun petung desa kepuharjo kecamatan cangkringan sleman Yogyakarta.

Rute Menuju Stonehenge Cangkringan

Untuk rute menuju Stonehenge cangkringan ini dapat ditempuh dari kota Jogja yang memiliki jarak kurang lebih sekitar 30 km menggunakan mobil atau motor pribadi selama satu jam perjalanan. Lebih lengkapnya, dari Kota Jogja anda bisa mengambil jalan ke kaliurang lalu lurus dan tembus ke kaliadem. Dari kaliadem anda terus saja hingga ke jalan bebeng.

Dari jalan bebeng ini anda sudah bisa lurus menuju dusun petung, kemudian berjalan lagi melewati kota merapi dan kemudian anda langsung ambil arah menuju timr maka anda akan berada di tempat wisata Stonehenge cangkringan. Jika masih kurang jelas, anda bisa memanfaatkan GPS yang anda miliki pada smartphone anda untuk membantu mencari jalan menuju Stonehenge cangkringan tersebut.

Stonehenge Cangkringan – Photo by @wahyukukuruyux

Bangunan batu yang ada Stonehenge cangkringan yang mirip seperti di Inggris ini tidak jauh berbeda dari bangunan the lost world castle di daerah sleman Jogja juga yang menyerupai tembok china, atau bisa disebut juga sebagai benteng takeshi menurut para warga setempat. Hanya saja tempat wisata tersebut masih ditutup karena adanya masalah perizinan pembukaan tempat wisata tersebut.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Monument bebatuan Inggris sengaja dibangun di Sleman Jogja agar para wisatawan yang berkunjung bisa melihat monument yang serupa dengan yang di Inggris sehingga mereka tak perlu bersusah payah harus pergi ke Inggris dengan biaya yang lebih mahal lagi. Tempat wisata Stonehenge cangkringan ini dulunya adalah bekas tempat terjadinya erupsi merapi yang telah menewaskan beberapa orang. Namun kemudian tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik pengunjung.

Jika anda ingin pergi mengunjungi tempat ini, sebaiknya pergilah pada saat siang hari atau siang bolong karena terik matahari yang panas akan membuat meonumen bebatuan ini terlihat lebih indah. Selain itu, anda juga bisa mengabadikan momen berharga anda dengan sebuah kamera yang anda bawa atau menggunakan kamera handphone anda.

Harga Tiket Masuk Stonehenge Cangkringan

Untuk harga tiket masuk Stonehenge cangkringan ini anda tidak perlu membayar biaya apapun kecuali biaya parker kendaraan di tempat wisata ini. Bangunan bebaatuan ini didirikan di atas rumput-rumput hijau nan indah dengan tingginya sekitar kurang lebih 4 meter dan hal ini sangat memanjakan sekali mata wisatawan yang berkunjung.

Stonehenge Cangkringan – Photo by @lias_rainbowbridge

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Stonehenge Cangkringan

Tempat wisata ini juga merupakan alternative wisata lain yang berada di daerah kawasan gunung merapi. Sebenarnya, kawasan Stonehenge ini berada di kawasan yang rawan bencana, hanya saja anda tidak perlu mengkhawatirkan soal itu karena tempat wisata ini menyediakan jalur evakuasi apabila terjadi bencana yang datang tak diduga.

Bagaimana menurut anda? Apakah kira-kira anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini? Tentu merupakan ide yang sangat bagus apabila anda memutuskan untuk singgah ke tempat wisata ini jika anda berkunjung ke Kota Joga. Jangan lewatkan momen berharga anda di Jogja untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang menarik.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *