Pantai Parangtritis – Pantai Parangtritis ini merupakan pantai paling terkenal di wilayah Daerah Istimewa Yogakarta. Pantai yang sangat indah ini merupakan pilihan utama dari yang lainnya. Di tempat ini pengunjung bisa mendapatkan sunrise serta memperoleh pemandangan yang indah lainnya. Apabila pengunjung melihat keindahan pantai Parangtritis dari ketinggian melalui tebing Gembirawati. Di tebing tersebut juga terdapat candi Gembirawat sebagai objek wisata tambahan.

Pantai Parangtritis – Photo by @novindimegalian68

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis ini merupakan salah satu tempat yang sangat mistis di Yogyakarta, bahkan Indonesia. Sebagian masyarakat meyakini bahwa keberadaan Ratu Nyi Roro Kidul sebagai penguasa kerajaan ghaib laut selatan jawa sangat terkait dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini diyakini sebagai pintu gerbang kerajaan ghaib dari nyi Roro Kidul.

Pada saat pengunjung akan mencapai pantai Parangtritis ini bisa pula mengunjungi makam dari Syekh Bela Belu. Pada umumnya peziarah yang datang ke makam ini adalah pada saat selasa kliwon. Pada saat pengunjung telah sampai di pantai yang satu ini maka ada larangan yang diterapkan, yakni dilarang berenang.

Tanpa berenang yang juga disebabkan oleh ombaknya cukup ganas, di wisata di jogja yaitu Pantai Parangtritis ini pengunjung bisa melalukan banyak hal yang menarik. Mulai dari menyewa ATV hingga menungang kuda agar dengan tujuan menikmati hawa pantai yang indahnya. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai dari agak jauh ke goa Langse.

Pantai Parangtritis – Photo by @why_you0790

Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis ini terletak di desa Parangtritis, kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Masyarakat setempat sebagian meyakini bahwa pantai ini merupakan perwujudan kesatuan dari Gunung Merapi, Keraton jogja, dan juga Parangtritis itu sendiri. Hal ini menjadikan jika ada kejadian berupa fenomena alam maka akan dihubung – hubungkan dengan ketiga tempat tersebut.

 

Rute Menuju Pantai Parangtritis

Rute menuju Pantai Parangtritis berjarak sekitar 27 km dari Yogyakarta ke arah selatan. Terdapat 2 jalur yang bisa dipilih pertama melalui Yogyakarta menuju jl. Parangtritis, dilanjutkan ke arah Kretek lalu menuju ke pantai Parangtritis. Jalur kedua yakni dari Yogyakarta lalu ke Imogiri dan dilajutkan dengan arah yang menuju ke pantai Parang tritis.

Perjalanan menuju ke Pantai Parangtritis menggunakan jalur pertama memang akan terasa lebih dekat sehingga bisa dipilih agar segera sampai. Untuk jalur kedua meski akan terasa lebih jauh namun pengunjung tempat wisata ini akan melewati pemandangan yang menyejukkan mata. pemandangan ininantara lain adalah melewati areal persawahan, sungai, serta perbukitan. di daerah Imogiri juga bisa disempatkan untuk ke makam raja Imogiri jika ada waktu.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis ini tergolong sangat terjangkau untuk masyarakat. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000,00. Untuk biaya masuk sepeda motor Rp 1.000,00 sedangkan mobil sebesar Rp 2.000,00. Biaya masuk berbeda dengan parkir tentunya, biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000,00 sedangkan mobil Rp 5.000,00.

Pantai Parangtritis – Photo by @pigeoo

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Parangtritis

Pengunjung yang akan menggunakan fasilitas berupa menyewa kendaraan ATV akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,00 setiap 15 menitnya. Untuk pengunjung yang ingin menaiki kuda akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,00 untuk setiap satu kali putarannya. menyewa ATV ubntuk berkeliling pantai menikmati pemandangannya serta naik kuda akan menjadikan liburan yang menyenangkan.

Fasilitas yang ada di objek wisata ini tergolong baik, pengelolanya adalah pemkab Bantul diantaranya pengunjung tidak akan bingung jika ingin menginap. Banyak sekali penginapan di sana yang memiliki harga bervariatif sehingga pengunjung bisa menyesuaikan dengan uang yang dimilikinya. Fasilitas lain seperti lahan parkir yang luas juga tersedia.

Comments 0

Leave a Comment