Keindahan Taman Hutan Raya Gunung Kidul

Taman Hutan Raya – Berwisata ke pantai, bukit, air terjun, merupakan hal yang sudah sering dilakukan di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Jika anda menginginkan berwisata di suasana yang berbeda seperti di hutan misalnya, anda bisa berkunjung ke taman hutan raya (tahura) di Gunungkidul. Kawasan wisata ini menawarkan tempat wisata dengan tema petualangan bagia anda para pecinta alam yang gemar berpetualang.

Taman Hutan Raya – Photo by @lindaaazizy

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Taman Hutan Raya Gunung Kidul

Lokasi Taman Hutan Raya berada di kawasan konvervasi Hutan Bunder, Pathuk, Gunungkidul, Jogja. Letaknya persis bersebelahan dengan wilayah rest area Bunder yang sering digunakan untuk area perkemahan mahasiswa dan pelajar di Jogja. Lokasinya juga cukup strategis untuk ditempuh karena berada di jalan menuju wonosari. Lokasi ini memang sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang gemar berpetualang.

Kawasan Taman Hutan Raya Gunungkidul ini juga sering digunakan sebagai wilayah konservasi penelitian di Jogja. Banyak peneliti berdatangan dari dalam dan luar Jogja. Kawasan ini memiliki lahan seluas 634 hektar sehingga banyak pengunjung yang bebas melakukan camping, selain itu kawasan ini juga terdapat keanekaragaman dari flora dan fauna yang hidup di sana. Menjadikan kawasan ini sebagai objek penelitian dan pembelajaran bagi kaum mahasiswa dan juga peneliti di bidang alam.

Taman Hutan Raya – Photo by @andreas_seluas_samodra

Karena objek wisata alamnya yang bagus, taman butan raya ini sering sekali dijadikan sebagai objek foto prewedding bagai pasangan yang akan melangsungkan pernikahan mereka. Pemandangan pepohonan tinggi yang berupa deretan pohon pinus akan menjadikan hal tersebut sebagai momen foto yang lebih bagus dan terlihat begitu sempurna. Menambah kesan romantis bagi setiap pasangan yang berfoto. Rute menuju Taman Hutan Raya sangat mudah untuk dilalui.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi taman hutan raya ini terletak di jalan antara Jogja dan beberapa deretan destinasi wisata lainnya. Aksesbilitasnya juga mudah. Kawasan ini didukung oleh berbagai potensi kawasan yang sudah populer seperti hutan wanagama yang dijadikan sebagai area pendidikan dan juga penelitian. Terdapat reest area dan juga desa wisata. Ada juga penangkaran konservasi hewan rusa.

Unit persemaian dari bibit pepohonan dis sini, dan juga daerah penyulingan dari kayu putih, semuanya memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan dan menjadi daya tarik wisata dengan minat khusus dari berbagai macam pengunjung yang berdatangan. Jika anda tertarik untuk berwisata di sini, ada baiknya jika anda membawa serta teman-teman dan juga kerabat anda. Bagi anda yang berada di kalangan mahasiswa alam, lokasi ini juga sangat cocok untuk menunjang pendidikan anda.

Taman Hutan Raya – Photo by @donnieaprillia

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Taman Hutan Raya Gunung Kidul

Ketika anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alam. Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah akan merusak keindahan alam yang sudah dijaga sedemikian rupa. Bawalah kantong sampah pribadi apabila anda tidak menemukan tempat sampah lainnya untuk anda buang sampah. Jangan sampai sampah anda berserakan di sekitar hutan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.