Taman Ramayana Ballet Prambanan, Tempat Melihat Pertunjukkan Sendratari Ramayana

Wisata Taman Ramayana Ballet Prambanan – Tiket Masuk, Fasilitas, Jam buka, Rute, Lokasi Menuju Taman Ramayana Ballet Prambanan. Anda dan keluarga atau mungkin orang terkasih akan berlibur ke daerah di sebelah Barat pulau Jawa. Pastikan Anda mengikutkan Taman Ramayana Ballet Prambanan di dalam daftar paket wisata Jogja Anda.

Mampirlah ke taman ini karena sesuai dengan namanya Ramayana Sudah dapat dipastikan Anda akan menemui cerita Ramayana yang diceritakan melalui pagelaran megah dan megah yaitu sendratari Ramayana.

Pagelaran  yang sangat dinanti-nantikan turis domestik terlebih turis mancanegara yang sengaja datang untuk menyaksikannya. Para pelakon sendratari ini merupakan penari-penari profesional yang sengaja dikumpulkan demi menghidupkan cerita Ramayana ini.

Wisata Taman Ramayana Ballet Prambanan

Pesona Alami Tempat Pertunjukkan Sendratari Ramayana

Pesona alami tempat melihat pertunjukkan Sendratari Ramayana, Taman Ramayana Ballet Prambanan merupakan tempat dimana Anda bisa menyaksikan kisah Rama dan Shinta atau Ramayana.

Dengan menyuguhkan tempat panggung luas dan terbuka semakin membuat hidup kisah sendratari tersebut. Kisah prahara perebutan Shinta oleh Rama dan Rahwana ini ditulis dengan indah oleh Mpu Walmiki dengan bahasa Sansekerta. Cerita asli dari negeri India ini sangat bagus dibawakan oleh para pemeran sendratari Ramayana ini.

Kilau kostum dan aksesoris serta kelenturan gerakan tangan dan mimik membuat pesan dari alur sendratari tersebut tersampaikan walaupun hanya dengan gerakan tangan, kaki dan mimik wajah tanpa dialog.

Kisah Ramayana ini terbagi menjadi 4 babak yang ke semuanya dibawakan dengan runtut dan sangat mendalami peran. Keempat babak tersebut adalah penculikan Shinta, Anoman Duta, kematian Kumbakarna dan Rahwana serta bersatunya kembali Rana dan Shinta.

Cerita Ramayana di Taman  Ramayana Ballet Prambanan ini sudah berlangsung sejak tahun 1961 dengan pertunjukkan awal dengan nama Ludruk. Sejalan dengan waktu karena mulai ditinggalkan maka pemerintah daerah langsung mengemasnya menjadi lebih modern dan menunjukkan kekhasan adat Jawa di dalam setiap pertunjukkannya.

Dengan panggung yang luas, para penonton lebih leluasa menyaksikan sendratari rutin ini dari berbagai sudut pandang. Pihak penyelenggara pun juga menyediakan waktu untuk sesi berfoto bersama karakter-karakter pemeran dalam sendratari tersebut selesai acara pementasan.

Nah, sesi foto ini menjadi yang paling menarik dan ditunggu-tunggu para wisatawan untuk berselfie atau wefie ria. Baju adat yang dikenakan, make up sempurna serta kedalaman peran dari setiap pelakon sendratari ini adalah yang menjadi daya tarik untuk mengabadikan momen dengan berfoto bersama-sama. Inilah salah satu pesona alami yang dimiliki taman Ballet Prambanan.

Lokasi Taman Ramayana Ballet Prambanan

Lokasi Taman Ramayana Ballet Prambanan adalah Jalan Jogja-Solo Km 16 Yogyakarta. Naik kendaraan pribadi bisa langsung menuju alamat tersebut dan perlu diingat bahwa letak Ramayana Ballet Prambanan bukan di area Candi Prambanan. Jadi, jangan sekali-kali mengikuti arus jalan menuju ke Candi Prambanan.

Rute Ke Taman Ramayana Ballet Prambanan

Rute ke Taman Ramayana Ballet Prambanan dapat ditempuh dengan mengikuti arah jalan menuju Jln. Raya Jogja-Solo. Sesampainya di dekat jalan menuju Candi Prambanan, belok kiri atau arah Utara sekitar 100 meter. Kompleks Teater Ramayana Ballet Prambanan bersamaan lokasi dengan Garden Restoran yaitu ada di sebelah kanan jalan.

Cara lain untuk mencapai tempat pertunjukkan sendratari tersebut tanpa kendaraan pribadi  adalah naik bus TransJogja rute 1A dan 1B. Untuk Anda yang mungkin sedang ada di sekitar Malioboro dapat menggunakan bus TransJogja.

Bus menempuh waktu kira-kira 1 jam atau lebih bergantung pada arus lalu lintas dalam perjalanan sampai ke terminal. Dari terminal, Anda bisa menentukan pilihan untuk berjalan kaki sekitar 5 menitan atau naik ojek.

Fasilitas Taman Ramayana Ballet Prambanan

Fasilitas Taman Ramayana Ballet Prambanan meliputi Amphitheater yang berupa panggung terbuka dengan kapasitas tempat duduk 600 orang, toilet dan rest area. Selain panggung terbuka, untuk mengantisipasi hujan yang mungkin tiba-tiba datang adalah Gedung Trimurti, Prambanan.

Fasilitas dari gedung ini hampir sama dengan Amphitheater terbuka. Tidak jauh dari tempat pembelian tiket masuk pertunjukkan ada sebuah restoran yang menyediakan makanan dan camilan yang dapat dibawa masuk untuk menemani Anda menonton sendratari Ramayana.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-budaya-jogja” ]

Jam Operasional Taman Ramayana Ballet Prambanan

Terkait jam operasional Taman Ramayana Ballet Prambanan ini terdapat 3 kali pagelaran selama seminggunya yaitu hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Untuk durasi pertunjukkan kurang lebih sekitar 2 jam dimulai pada pukul 19.30 WIB sampai 21.30 WIB. Dalam kurun waktu 2 jam tersebut, Anda akan disuguhi sendratari Ramayana dengan runtutan cerita yang urut dan lengkap sesuai yang terdapat pada relief-relief di Candi Prambanan. Berkaitan dengan jam operasional, pihak Taman Ramayana Ballet Prambanan juga memiliki kebijakan tertentu yang berkaitan dengan penggunaan Amphitheater terbuka dan Gedung Trimurti yaitu sebagai berikut:

  1. Jika sebelum pertunjukkan dimulai hujan deras sekitar 30 menit maka pertunjukkan akan diindahkan ke Gedung Trimurti.
  2. Bila pada saat pertunjukkan kurang dari 30 menit terjadi hujan maka pertunjukkan dihentikan selama 30 menit. Bila hujan tetap berlangsung maka pertunjukkan akan dilanjutkan di panggung tertutup yaitu Gedung Trimurti.
  3. Apabila terjadi hujan saat pertunjukan mulai sekitar 45 menit maka pertunjukkan dianggap selesai dan penonton tidak bisa refund kepada pihak penyelenggara.

Jadi, agar tidak gagal paham maka pahami kebijakan di atas. Ingat juga untuk tidak datang terlambat karena Anda akan kehabisan tiket masuk pertunjukkan atau kesulitan parkir kendaraan.

Tiket Masuk Taman Ramayana Ballet Prambanan

Tiket masuk Taman Ramayana Ballet Prambanan bervariasi, terutama di tahun 2020 saat ini. Untuk jadwal pertunjukkan bulan Mei sampai Oktober yang sedianya terketak di panggung terbuka terdapat 4 jenis tiket yang bisa Anda pilih yaitu VIP Class (IDR 450.000), Spesial Class (IDR 300.000), 1st Class (IDR 200.000), dan 2nd Class (IDR 150.000).

Sedangkan untuk pertunjukkan yang akan diselenggarakan pada bulan November sampai April di Gedung Trimurti adalah Spesial Class (IDR 300.000), 1st Class (IDR 200.000), dan 2nd Class (IDR 150.000). Dengan penempatan tempat duduk yang berbeda tentunya, VIP dan Spesial Class berada di tengah-tengah depan panggung, 1st Class berada di kanan-kiri VIP dan Spesial Class serta 2nd Class di bagian luar dari 1st Class.

Untuk animo terbesar pengunjung pertunjukkan sendratari Ramayana di Taman Ramayana Ballet Prambanan adalah pada musim kemarau karena akan terlihat megah sekaligus indah pertunjukkan sendratari ini juga dilaksanakan di Amphitheater panggung terbuka dengan latar belakang Candi Prambanan.

Tiada lagi kata yang dapat mengungkapkan keindahan lampu atau efek cahaya yang dihasilkan serta tata kostum dan make up para pemain sendratari tersebut. Nah, jika Anda sedang berlibur dengan destinasi ke Jogja jangan lupa untuk menambahkan destinasi wisata Taman Ramayana Ballet Prambanan ke paket wisata Jogja Anda. Anda dijamin tidak akan menyesal dan berharap akan dapat menyaksikan pagelaran sendratari Ramayana ini setiap hari.

Sudah Wisata di Taman Ramayana Ballet Prambanan ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *