Tengkleng Gajah Jogja, Porsi Tengkleng yang Bikin Klenger

Tengkleng Gajah Jogja – Jam Buka, Harga Menu Makanan, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Tengkleng Gajah Jogja. Jogja memang memiliki banyak pesona, mulai dari destinasi wisata alam hingga budaya yang disuguhkannya. Seperti malioboro dan candi Borobudur. Namun, Jogja juga cocok untuk Anda yang senang berwisata kuliner. Salah satu kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda adalah Tengkleng Gajah Jogja.

Tengkleng Gajah menjadi menu wajib jika Anda berkunjung ke Jogja. Namun apa sih yang dimaksud dengan tengkleng gajah? Apa tengkleng yang terbuat dari daging gajah? Daripada penasaran mending baca ulasannya berikut ini.

Wisata Kuliner Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah: Olahan Daging kambing dengan Porsi Besar

Meskipun disebut dengan Tengkleng Gajah, olahan daging ini bukan terbuat dari daging gajah loh. Disebut dengan tengkleng gajah karena ukuran porsinya yang besar seperti gajah. Tengkleng gajah ini memiliki tekstur daging yang kenyal dan masih menempel di tulang. Makanan ini termasuk makanan berkuah yang dapat menggoyang lidah Anda.

Karena porsinya yang besar, maka Anda bisa menyantapnya bersama. Selain porsinya, tentu saja rasanya menjadi alasan pelanggan datang lagi dan lagi. Tengkleng sendiri merupakan olahan sejenis sup khas solo yang terbuat dari daging dan tulang kambing. Masakan ini sepintas agak mirip dengan gulai. Yang membedakan adalah cita rasa dan kuahnya yang lebih encer.

Tengkleng gajah ini paling enak disantap saat masih panas. Kuahnya yang mengepulkan asap akan membuat aroma masakan sangat menggiurkan. Apalagi di musim penghujan seperti ini, tentu menyantap masakan berkuah dan panas akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Ada banyak jenis tengkleng yang bisa Anda pilih seperti tongseng tengkleng, tengkleng yang digoreng, tengkleng kuah gulai dan tengkleng sambal bawang.

Untuk menikmati tengkleng gajah ini, pengunjung biasanya menggunakan sedotan untuk menikmati sumsum yang ada di balik tulang. Rasa tengkleng ini dijamin membuat lidah Anda bergoyang, pasalnya untuk memasak tengkleng gajah diperlukan waktu kurang lebih 3 jam. Proses memasak yang lama ini tentu akan membuat bumbu lebih meresap. Sehingga cita rasa tengkleng lebih lembut dan kaya akan rempah dan bumbu.

Tidak heran jika tengkleng gajah ini menjadi kuliner wajib Anda coba jika berkunjung ke Jogja. Selain tengkleng, ada banyak menu-menu lain yang bisa Anda nikmati disini.

Apa Saja Menu yang Tersedia Selain Tengkleng?

Meskipun terkenal dengan olahan tengkleng, namun disini Anda bisa menikmati berbagai olahan lain yang tak kalah istimewa. Seperti tongseng, gule, sate bahkan nasi goreng. Olahan dagingnya sangat lezat karena dimasak dengan berbagai rempah-rempah. Serunya lagi disini pengunjung dapat mengambil nasi putih sendiri. bahkan pengunjung juga dapat menambah nasi putih. perut bakal kenyang dan puas apabila bersantap di Tengkleng gajah Jogja ini.

Untuk menyantap tengkleng gajah dan menu lainnya, Anda harus rela antri. Apalagi saat akhir pekan atau hari libur. Biasanya tengkleng gajah akan cepat habis. Setidaknya terdapat 11 menu olahan kambing yang ada di warung Tengkleng Gajah ini. Pengunjung juga dapat memilih olahan seperti apa yang akan disantapnya, mulai dari tongseng, bakar dan goreng.

Selain itu, olahan masakannya juga sangat kaya rasa. Cita rasa daging kambing yang diolah memiliki rasa pedas, manis dan gurih. Sekali mencoba akan membuat siapa saja ketagihan. Namun, meskipun olahannya sangat nikmat tapi Anda tidak boleh menyantapnya berlebihan ya. Karena mengkonsumsi daging kambing berlebihan dapat membuat kolesterol Anda meningkat.

Lokasi Tengkleng Gajah Jogja

Dikenal dengan Tengkleng Gajah Jogja, siapa sangka jika warung makan ini bernama Warung Sari Roso Mulyo. Warung ini dikenal dengan Warung Tengkleng Gajah karena menu tengklengnya yang disajikan dalam porsi gajah atau besar. sehingga saat ini banyak yang lebih mengenalnya sebagai Tengkleng Gajah Jogja.

Jika ingin mencari Lokasi Tengkleng Gajah Anda bisa berkunjung ke Jalan kaliurang KM. 9.3, tepatnya di daerah Dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman. Warung makan ini memang terletak di perkampungan, namun untuk akses lokasi Tengkleng gajah sendiri cukup mudah diakses. Sehingga banyak penikmat kuliner yang berkunjung kesini.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Akses atau Rute Lokasi Tengkleng Gajah Jogja

Setelah mengetahui lokasi Tengkleng Gajah jogja, maka bagaimana jika ingin pergi kesana? Meskipun berada di sebuah dusun, Tengkleng gajah Jogja ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi bagi penikmat kuliner yang menyambang jogja tentu harus mampir ke rumah makan satu ini.

Akses Tengkleng Jogja sendiri cukup mudah, kendati berada di perkampungan. Untuk menuju kesana dari pusat kota Jogja, Anda bisa mengikuti jalan Kaliurang ke sebelah utara hingga KM. 9,3, Anda akan menemukan pertigaan sebelum lampu merah Merapi View belok kanan ke arah timur.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti jalan tersebut kurang lebih 1 KM dan menemukan Tengkleng gajah di sebelah kanan jalan. Bagaimana? Akses jalannya cukup mudah bukan? Anda juga bisa google maps atau gps untuk alternatif pemandu perjalanan Anda. sehingga berwisata kuliner Tengkleng Gajah Jogja jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Jam Buka atau Operasional Tengkleng Gajah Jogja

Untuk mencicipi cita rasa istimewa dari Tengkleng Gajah Jogja ini Anda harus tahu jam buka warung makan ini. Jam buka Tengkleng Gajah buka setiap harinya dari jam 9 pagi hingga 9 malam. Namun, Anda bisa berkunjung lebih awal agar tidak kehabisan Tengkleng Gajah istimewa ini. Apalagi di akhir pekan dan hari libur biasanya Tengkleng Gajah akan cepat habis.

Harga Menu Tengkleng Gajah Jogja

Harga Tengkleng Gajah ternyata sangat murah. Untuk menikmati Tengkleng gajah jogja ini berapa harga yang harus dibayarkan? Setiap menu yang ada di Tengkleng Jogja ini memiliki harga yang berbeda-beda. tergantung dari olahan apa yang Anda pesan. Menu yang menjadi andalan disini tentu saja Tengkleng Gajah yang memiliki porsi gajah atau besar. selain itu sate kambing juga menjadi menu unggulan disini.

Tengkleng gajah baik tongseng maupun digoreng dibanderol dengan harga 29 ribu rupiah. Menu sate juga dibanderol dengan harga yang sama. Selain itu menu lain seperti tongseng kepala dan tongseng goreng juga dihargai 29 ribu rupiah. Sementara gule dihargai sebesar 12 ribu rupiah.

Untuk menikmatinya dengan nasi putih, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 4 ribu saja. setelah itu, Anda bebas untuk mengambil porsi nasi putih sendiri. bahkan pengunjung juga bisa menambah nasi putih tanpa perlu uang tambahan.

Sehingga setelah makan disini Anda bisa pulang dengan kenyang dan puas. Namun, jika Anda ingin menikmati nasi goreng kambing, Anda bisa menikmatinya dengan harga 17 ribu rupiah.

Untuk menu minuman sendiri pengunjung dapat memilih teh atau jeruk panas dengan harga 3 ribu saja dan aneka jus yang dibanderol dengan harga 6 ribu rupiah. Cukup terjangkau bukan, mengingat porsi tengkleng gajah yang besar? rumah makan Tengkleng Gajah ini juga dilengkapi lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Yuk, jalan-jalan dengan paket wisata Jogja segera. Anda juga bisa memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour.

Sudah Kulineran di Tengkleng Gajah Jogja?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *