Tlogo Putri – Tempat Wisata Sejuk di Lereng Gunung Merapi

Tlogo Putri – Wisata air dengan harga murah terjangkau serta beragam? Tlogo Putri jawabannya, sebab tempat tersebut merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di kawasan Kaliurang. Berkunjung ke tempat wisata tersebut wisatawan dapat mencoba berbagai wahana permainan, hingga menyaksikan beragam pertunjukan seni yang setiap hari minggu selalu diadakan. Bisa kjuga melakukan tracking menyusuri jalan setapak di hutan. Pertama kali datang tentu pengunjung akan heran memastikan telaganya.

Tlogo Putri – Photo by @fajar.krisma

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Tlogo Putri

Tempat wisata kaliurang merupakan tempat wisata kombinasi dimana didalamnya terdapat wisata air hingga wisata alam. Terdapat empat tempat wisata lain yang harus dikunjungi ketika anda berada di kaliurang diantaranya Museum Merapi, Gua Jepang, Museum Gempa, Bukit Plawangan. Namun tempat yang paling populer dikalangam wisatawan dan banyak dikunjungi wisatawan lokal pada weekend atau musim liburan adalah Tlogo Putri.

Rute Menuju Tlogo Putri

Tempat wisata Tlogo Putri Kaliurang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Sleman, Yogyakarta. Sehingga diharapkan oleh pemerintah objek wisata tersebut dapat mengangkat daerang kaliurang dan diharapkan juga mengangkat taraf hidup masyarakat setempat. Rute menuju Tlogo Putri paling pendek tersebut bisa dimulai dari terminal Tlogo Putri Kaliurang lalu melintasi kali Opak, menuju Mini Museum Sisa Hartaku yaitu sebuah rumah yang masih menyimpan peninggalan sisa barang yang terkena erupsi merapi seperti barang rumah tangga. Motor, dll. Perjalanan dilanjutkan menuju Batu Alien atau batu wajah menuju tlogo putri.

Lokasi Tlogo Putri

Lokasi Tlogo Putri di bawah Bukit Plawangan Turgo, dimana maksud dari nama Tlogo putrii ialah tempat wisata air berupa telaga yang sangat terkenal di Daerah Kaliurang. Tempat tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang sayang untuk tidak diabadikan dalam foto. disekitar lokasi juga ada pos pengamatan Merapi untuk mengamatinpergerakan gunung merapi yang lokasinya tidak terlalu jauh.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Objek Wisata Tlogo Putri Kaliurang di Pakem Sleman Yogyakarta ini merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di Jl. Tlogo Putri, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika dirasa sudah cukup lelah berwisata di tlogo putri tersedia juga guest house yang bisa dimanfaatkan pengunjung cukup dengan membayar sewanya saja. Jika ingin hotel sekalipun juga tersedia, karen wisatawan yang datang juga ada yang dari mancanegara mencari tempat penginapan yang diinginkannya.

Menuju kelokasi tersebut bisa menggunakan kendaaan pribadi maupun umum, nah untuk yang menggunakan kendaraan umum bisa berangkat dari terminal condong catur menuju kaliurang. Perjalanan menuju obyek wisata Tlogo putri membutuhkan waktu kurang lebih selama 1,5 jam dari kota yogyakarta disebelah utara Jogja. Sesampainya disana jangan lupa menyiapkan pakaian hangat karena akan merasakan dinginnya daerah kawasan merapi. Sangat cocok bagi Anda yang ingin mengistirahatkan diri dari pikiran-pikiran yang menganggu dengan suasana tmyang tenang.

Tlogo Putri – Photo by @el_ahmed

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Tlogo Putri

Harga penginapan dikaliurang umumnya mulai dari harga 100 – 250 ribuan tergantung jenis penginapan yang dipilih biasa, hotel atau villa. Harga tersebut juga ditawarkan dihari biasa. jika sedang hari libur pun akan berbeda bisa mencapai 300 ribuan. Jika membawa barang hati- hati dengan monyet sekitar yang iseng mengambil barang bawaan Anda. Apalagi jika Anda membawa makanan dan minuman.

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri

Untuk harga tiket Masuk Tlogo Putri kaliurang per orang dikenai pajak sebesar 8.000 rupiah. Dengan harga tersebut Anda bisa melihat taman bermain anak, pemandangan pohon-pohon yang dahulunya tumbang dan terakhir adalah sebuah curug atau air terjun yang berada di paling pojok tempat tersebut.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *