Mata Air Alami Sejak Zaman Belanda, Umbul Ponggok kini di Sulap memiliki omzet 14M Setahun

Umbul Ponggok Klaten – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Jam Buka, Rute Menuju Umbul Ponggok Klaten. Ingin menjajal diving atau snorkeling, tapi budget pas-pasan? Keindahan alam bawah laut Indonesia memang tak diragukan lagi. Ada begitu banyak spot diving lokal yang telah mendunia, seperti Bunaken, Derawan, ataupun Tanjung Benoa. Selain spot diving bawah laut tersebut, ada juga lokasi diving yang wajib Anda kunjungi, yakni Umbul Ponggok. Berencana mengajak rombongan berlibur kesini? Gunakan saja paket wisata Jogja yang bisa mengatur liburan lebih berkesan.

Wisata Umbul Ponggok

Viral, Umbul Ponggok Jogja Ternyata Beroperasi Puluhan Tahun

Dari catatan sejarah yang ditemukan, Umbul Ponggok Jogja telah beroperasi sejak tahun 1920. Pada mulanya, Umbul Ponggok hanyalah sebuah sumber air yang dimanfaatkan untuk operasional pabrik gula. Seperti yang kita tahu, Klaten memang memiliki beberapa pabrik gula yang aktif beroperasi di masa pemerintahan Belanda. Salah satunya adalah Suikerfabriek Ponggok yang berlokasi di timur Umbul Ponggok sekarang.

Tak jauh dari area pabrik gula ini, masih ada Suikerfabriek Delanggoe, Suikerfabriek Tjokro Toeloeng, dan Suikerfabriek Karanganom. Tak cuma digunakan untuk aktivitas produksi di pabrik gula saja, sumber air Ponggok juga dipakai untuk mengairi perkebunan tebu. Area perkebunan tebu di sekitar Ceper, Polanharjo, dan Karanganom sangat bergantung dengan mata air Ponggok. Hal ini dikarenakan sumber air Ponggok yang tak pernah kering dari dulu.

Alih fungsi Umbul Ponggok menjadi tempat wisata di Jogja baru dimulai akhir tahun 90an. Sebelumnya, masyarakat menggunakan mata air ini untuk mengairi irigasi persawahan. Alih fungsinya sendiri baru terjadi di tahun 1930 dimana pabrik gula mulai berhenti beroperasi. Kejadian tersebut sebenarnya dipicu oleh desakan rakyat Indonesia yang menuntut kemerdekaan.

Pemerintah Belanda akhirnya memutuskan menutup seluruh pabrik gula milik mereka. Umbul Ponggok pun terkena imbasnya, yakni berubah fungsi menjadi irigasi sawah warga. Berkat ide kreatif dan inovasi dari warga sekitar pula, mata air Ponggok diubah menjadi tempat wisata terkini. Sumber pendanaan tempat wisata inipun berasal dari dana kas desa yang dikelola secara apik.

Popularitas Umbul Ponggok Jogja kian meroket tatkala Presiden Jokowi mengunggah sebuah foto di laman medis sosialnya. Foto tersebut diambil dari dasar Umbul Ponggok yang terkenal sangat jernih dan indah. Dasar umbulnya pun masih mempertahankan pasir putih dan bebatuan alam, sehingga berbeda dengan dasar kolam pada umumnya.

Nama Umbul Ponggok sendiri berasal dari umbul yang berarti kolam. Sedangkan Ponggok diambil dari nama daerah yang menjadi lokasi tempat wisata satu ini. Buat Anda yang tertarik berlibur ke Umbul Ponggok, datanglah bersama keluarga atau teman-teman. Menikmati jernihnya air sekaligus pemandangan indah di dasar kolam tentu bakal terasa menyenangkan.

Di samping itu, Anda pun bisa membawa beberapa perlengkapan berenang atau snorkeling dari rumah. Jika tak memiliki satupun perlengkapan yang dibutuhkan, Anda tetap bisa berenang dengan bebas. Anda bisa menyewa perlengkapan berenang, snorkeling, diving, bahkan dekorasi foto underwater disini. Pengelola Umbul Ponggok Jogja telah menyiapkan semuanya untuk memfasilitasi liburan menyenangkan para wisatawan.

Lokasi Umbul Ponggok

Secara administratif, lokasi Umbul Ponggok Jogja berada di wilayah desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Meskipun berlokasi di Klaten, kebanyakan pengunjung justru datang dari sekitar Yogyakarta. Lokasi wisatanya sendiri memang tak begitu sulit dijangkau dengan kendaraan pribadi. Sayangnya, belum ada trayek transportasi umum yang bisa menjangkau langsung Umbul Ponggok.

Rute Umbul Ponggok

Biar Anda tak kebingungan mengunjungi wisata Umbul Ponggok, ada 3 rute yang bisa dipilih. Rute Umbul Ponggok Jogja pertama dimulai dari arah barat, yaitu:

  • Berangkat dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh jalan raya Yogyakarta – Solo.
  • Lurus terus sampai menemukan Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro.
  • Dari Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro, Anda masih lurus terus sampai GOR Gelarsena.
  • Belok ke kiri dari GOR Gelarsena menuju Jatinom.
  • Setelah itu lurus terus hingga menemukan persimpangan Markas Koramil.
  • Belok kiri, beberapa saat lagi Anda akan menemukan tempat wisata satu ini.

Rute kedua bakal dimulai dari arah kota Solo:

  • Pilih jalan raya Solo – Yogyakarta, lurus terus.
  • Sampai di daerah Delanggu, berhenti sebentar di Terminal Penggung.
  • Di persimpangan terminal, Anda akan menemukan lampu merah.
  • Pilih arah menuju desa Ponggok yang tertera pada penunjuk jalan.

Rute ketiga berangkat dari arah utara:

  • Rute utara biasanya dimulai dari arah Boyolali atau Salatiga.
  • Jika Anda berangkat dari utara, sebaiknya langsung saja menuju Klaten.
  • Pilih rute Klaten yang melewati wilayah Jatinom.
  • Dari Jatinom, telusuri jalan menuju terminal Penggung.
  • Sebelum terminal, Anda akan menemukan Markas Koramil.
  • Belok kiri di samping Markas Koramil, lalu ikuti arah ke Umbul Ponggok.

Salah satu rute di atas mungkin bakal Anda lewati untuk mencapai Umbul Ponggok. Rute manapun yang dipilih, tak perlu khawatir dengan penunjuk jalan. Sebab di sepanjang jalan tertera banyak penunjuk yang bisa dijadikan tuntunan.

Perjalanan menuju Umbul Ponggok pun terbilang menyenangkan. Pasalnya, jalanan sekitar sudah benar-benar rapi dan bersih. Tak ada jalanan yang terkesan menanjak atau berbatu, sehingga Anda bisa nyaman berkendara. Di samping itu, area sekitarnya pun dipenuhi oleh pepohonan yang membuat perjalanan kian menyenangkan. Anda akan disambut hijaunya pepohonan dan hamparan sawah yang terawat.

Fasilitas yang Tersedia

Beberapa fasilitas Umbul Ponggok Jogja yang bisa Anda temukan adalah:

  • Tempat ibadah
  • Ruang ganti
  • Tempat beristirahat
  • Penginapan
  • Sewa perlengkapan underwater dan kamera
  • Paket foto, termasuk prewedding

Jam Buka atau Jam Operasional Umbul Ponggok

Tertarik mencoba snorkeling dengan pemandangan tak kalah indah dari laut lepas? Anda bisa berkunjung pada jam buka Umbul Ponggok Jogja yang telah ditentukan. Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Khusus hari Sabtu dan Minggu, Umbul Ponggok buka lebih pagi, yakni pukul 7 pagi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk bermain air sekaligus berfoto selfie underwater disini. Ajak pula orang-orang terdekat untuk menikmati keseruan yang tak bakal bisa dilupakan tersebut.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok

Untuk bisa menikmati keindahan dasar kolam dan berfoto kekinian di Umbul Ponggok, Anda akan dikenakan harga tiket masuk Umbul Ponggok Jogja. Setiap orang wajib membayar Rp 15.000 untuk satu kali akses. Tiket ini termasuk menikmati fasilitas yang disediakan, seperti ruang ganti dan tempat ibadah. Anda pun akan diberikan snack gratis saat penukaran tiket masuk ke pengelola yang bertugas.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, setiap kendaraan bakal dikenakan tarif parker pula. Rincian tarif parkirnya adalah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil. Tak perlu khawatir, tarif parkir ini berlaku sepanjang hari bukan per jam. Sehingga masih hemat dan ramah di kantong.

Jika Anda tak ingin repot membawa kendaraan sendiri, ada baiknya ikut paket tour Jogja dari Niagatour. Agen tur terpercaya ini menyediakan beragam fasilitas menarik yang bisa Anda nikmati untuk memaksimalkan liburan. Selain itu, pelayanan yang diberikan pun sangat memuaskan. Daftar wisata yang dikunjungi pun kekinian dan instagramable, sehingga Anda bisa menemukan spot foto menarik.

Sudah Wisata ke Umbul Ponggok?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *