watu amben

Melihat Keindahan Jogja Dari Watu Amben

Wisata Alam Watu Amben – Menikmati keindahan wisata alam dari atas bukit merupakan salah satu hobi wisata yang paling banyak digemari oleh para backpacker tanah air. Keindahan alam ini tidak akan ada habisnya untuk dinikmati oleh penggemar hobi tersebut. Banyak backpacker yang selalu berpetualang mencari tempat-tempat tinggi dari atas bukit untuk melihat indahnya alam dari ketinggian. Seolah berada di atas langit, mereka dapat merasakan betapa luasnya bumi ini tercipta dengan segala sumber daya alam yang tak terhitung berapa banyaknya. Potensi pariwisata di Kota Yogyakarta memang sudah tidak dapat diragukan lagi keindahannya. Nama-nama tempat wisata seperti Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Gunung Kidul dan beberapa tempat lainnya di Jogja tentu sudah akrab di telinga anda bukan? Dengan potensi wisata yang memiliki keindahan dan keunikan yang luar biasa, mulai dari kawasan perbelanjaan, wisata budaya, hingga keindahan lautannya. Tak heran jika Kota Yogyakarta menjadi destinasi paling favorit dari ribuan turis yang berdatangan setiap tahunnya.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah Manikmati Wisata Malam di Jogja

Bagi anda yang senang menikmati pemandangan dari atas bukit, tidak ada salahnya jika anda mencoba mengunjungi salah satu destinasi wisata yang cukup layak ini yaitu Watu Amben. Wisata alam watu amben bantul ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul. Jika anda pernah pergi ke kawasan Bukit Bintang, maka wisata Watu Amben ini berada di sebelah selatannya. Hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari perempatan Patuk, Gunungkidul.

Adapun nama Watu Amben ini sendiri berasal bahasa jawa, kata Watu, yang berarti batu, dan amben yang berarti ranjang atau tempat tidur. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti batu ranjang. Bentuk batu yang ada di sini memang berukuran besar dan rata seolah seperti ranjang atau tempat tidur yang rata.Di sini, para pengunjung dapat menikmati suasana perbukitan yang begitu alami.Kawasan wisata ini setiap harinya selalu penuh dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam kota, luar kota, maupun luar negeri. Kedatangan mereka di wisata Watu Amben ini kebanyakan adalah untuk menikmati pemandangan Kota Yogyakarta yang luas dari atas bukit.Selain itu, di Watu Amben juga sudah banyak sekali tersedia warung-warung kecil untuk sekedar beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia. Kebanyakan wisatawan yang datang berkunjung ke sini adalah pada sore hari. Karena sore hari adalah waktu yang sangat pas untuk menikmati keindahan alam dari atas bukit sambil menunggu senja tiba. Apalagi ketika malam telah tiba, kota akan dihiasi oleh banyaknya gemerlapan lampu yang menyala. Karena itulah wisata watu amben malam hari lebih banyak dinikmati daripada siang hari. Ketika menjelang tahun baru, bukit Watu Amben akan menjadi sangat ramai dikunjungi oleh banyak orang karena mereka menghabiskan waktu menunggu detik-detik datangnya tahun baru dari atas bukit.

Lokasi Watu Amben

Wisata Alam Watu Amben memiliki berbagai kekayaan alam yang wajib untuk dinikmati. Lokasi watu amben ini hampir mirip dengan bukit bintang yang dimana bukit tersebut memiliki beberapa kekayaan alam seperti pemandangan ribuan bintang di langit yang patut untuk dinikmati. Lokasi watu amben ini sebenarnya bukanlah sebagai tujuan utama wisata, namun hanya untuk sekedar sebagai tempat mampir melepas lelah saja. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini mulai ramai dikunjungi orang dan berkembang menjadi tempat wisata yang paling banyak dinikmati oleh para wisatawan.

 

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Kelebihan lokasi ini di banding dengan Bukit Bintang diantaranya adalah, Watu Amben memiliki udara yang lebih segar dan lebih aman karena tempat ini tidak berada dipinggir jalan besar dan memiliki sudut pandang yang lebih luas. Sehingga wisatawan lebih menikmati pemandangan dari atas bukit ini.Objeknya sendiri sudah sangat menarik. Tempat wisata Watu Amben ini menawarkan wisata panorama alam dan juga pemandangan kota Jogja yang dapat terlihat dari atas bukit. Ibarat seekor burung yang terbang tinggi di atas awan, anda akan melihat pemandangan kota Yogya serta hamparan sawah berwarna hijau. Dan pada malam hari, anda seperti melihat ribuan kunang-kunang menyala untuk menerangi gelapnya malam hari.

Batu Watu Amben ini persis berada ditepi jurang yang tertanam dengan kedalaman sekitar ratusan meter. Konon katanya,Watu Amben merupakan tempat petinggi Kerajaan Mataram saat melintasi dan beristirahat sambil memandang dataran yang berada di bawahnya. Sebelum dikenal oleh banyak orang, lokasi ini sering sekali digunakan oleh para penduduk sekitar sebagai tempat beristirahat saat mencari rumput untuk memberi makan hewan ternaknya. Selain nyaman sebagai tempat duduk, berada di batu yang terletak di puncak tersebut dapat membuat seseorang leluasa memandang ke bawah dengan pemandangan hijau dan membuat rasa penat karena sibuknya aktivitas di kota menjadi hilang. Pemandangan tersebut merupakan kota Yogyakarta dan sekitarnya yang sangat indah dimata. Pada saat cuaca cerah, anda akan melihat pemandangan dengan berupa puncak gunung, seperti Gunung Merapi, Merbabu dan Sumbing bahkan kapal terbang yang naik turun di Bandara Adisucipto ini bisa menjadi pemandangan yang sangat menarik di mata. Jika Anda ingin membuat foto selfie yang terbaik,datanglah ke bukit ini pada waktu sore hari saat sunset tiba atau pada saat waktu malam.Karena terdapat penerangan dari rembulan dan bintang serta latar belakang yang berupa lampu penerangan dengan gemerlapnya terhampar dibawahnya.

Waktu terbaik untuk datang ke watu amben adalah pada pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB atau sore hari sebelum pukul 18.00 WIB. Karena sebelum pukul 10.00 WIB, posisi matahari masih berada di timur dan belum terlalu terik yang menyebabkan panas. Cahaya pada pagi hari itu cukup sempurna untuk memotret perbukitan dan hamparan sawah di sisi barat karena tidak backlight sehingga foto pemandangan yang diambil terlihat lebih alami dan asli. Sedangkan pada saat sore hari sebelum matahari benar-benar terbenam, anda bisa mendapatkan fotosunset siluet dan melihat proses perubahan dari terang ke gelap yaitu pada saat terbenamnya matahari. Foto-foto seperti ini yang menjadi ramai dan hits di sosial media terutama di instagram.

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Watu Amben

Harga Tiket Masuk Watu Amben

Untuk masuk harga tiket masuk watu amben saat ini masih free alias tidak dikenakan biaya masuk apapun, karena tempat ini sebenarnya bukan sebagai tujuan wisata yang utama, melainkan hanyalah singgahan. Di lokasi wisataini juga hanya tersedia beberapa warung makanan dan minuman yang banyak tersebar di sekeliling lokasi. Namun tak ada salahnya datang ke sini dan berduduk-duduk manis sambil memandangi pemandangan yang indah.

Rute Watu Amben

Untuk jalan menuju watu amben ini cukup mudah untuk ditempuh. Hanya saja, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang menuju tepat ke lokasi wisata alam watu amben bantul ini. Anda dapat melalui jalan Wonosari lalu ikuti jalan hingga menuju Bukit Bintang, setelah melewati Bukit Bintang,anda akan sampai ke perempatan Pathuk, lalu ambillah arah ke Selatan atau belok kanan ke arah Dlingo. Dari Lokasi ini kurang lebih hanya berjarak sekitar sat setengah meter untuk sampai di Watu Amben.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *