Wisata Unik dan Menarik di Gunung Kidul – Watu Giring

Watu Giring – Watu Giring berada di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Wisata alam yang satu ini cukup ramai diperbincangkan oleh para wisatawan dan juga para traveler yang gemar berpergian ke tempat-tempat alam yang seru. Biasanya tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh muda-mudi khususnya para remaja di Indonesia. Mereka ramai membeicarakan tempat wisata ini melalui media social.

Watu Giring – Photo by @inkavinayla

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Watu Giring

Wisata alam Watu Giring yang merupakan bangunan dari bebatuan alam ini memang menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya. Bebatuan alam tersebut diambil dari potongan batu alam dari tempat para penambang di Jogja kemudian disusun sedemikian rupa menjadi seperti anak tangga atau disebut sebagai heritage megalitikum. Kegiatan penambangan alam tersebut hingga saat ini sudah dihentikan dan meninggalkan jejak penambangan batu alam di watu giring.

Peninggalan hasil penambangan tersebut ternyata menjadikannya sebagai karya yang unik dengan perpaduan alam yang ditawarkan. Benar-benar khas pemandangan alam Gunung Kidul sekali. Pemandangan alam bebatuan dari watu giring ini hampir mirip denagan pemandangan bebatuan alam yang berada di Bukit Breksi Kalasan Sleman. Yang membuatnya terlihat berbeda adalah potongan-potongan dari batu alam yang diambil. Lokasi Watu Giring juga mudah untuk ditemukan.

Watu Giring – Photo by @larasati7132

Ukuran bebatuan alam yang terdapat di bukit breksi besar, sedangkan yang berada di watu giring ukurannya lebih kecil. Meskipun berbeda, kedua wisata alam itu benar-benar menawarkan keunikan tersendiri yang pernah dibuat oleh tangan manusia. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang sangat bagus dan menjadi keunikan tersendiri bagi wisata alam tersebut. Rute menuju Watu Giring sangat mudah untuk dilalui.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Destinasi wisata watu giring ini masih dikelola oleh masyarakat setempat sehingga tidak ada biaya resmi atau harga tiket masuk Watu Giring yang berlaku untuk memasuki kawasan wisata tersebut. Ketika anda berkunjung ke objek wisata ini, anda hanya akan dikenakan biaya retribusi seikhlasnya saja. Lalu anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan pribadi sebesar 2000 rupiah untuk motor, dan 5000 rupiah untuk mobil.

Pemandangan bebatuan alam ini memang sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek berfoto. Karena memang bentuknya yang sangat unik. Para pengunjung selalu mengambil pose yang menarik kemudian meng upload nya ke Sosial Media yang mereka miliki. Seringkali juga tempat ini dijadikan sebagai objek berfoto untuk para pasangan yang berkunjung ke sini. Jika anda tertarik, anda bisa mengambil foto dari spot mana saja yang anda inginkan.

Watu Giring – Photo by @nurul.idayani

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Watu Giring

Fasilitas yang terdapat di wisata alam watu giring ini tidak selengkap tempat wisata alam lainnya. Hanya ada tempat duduk berukuran panjang yang dapat digunakan untuk istirahat bagi para pengunjung yang lelah berjalan dan beraktivitas sambil memandangi pemandangan alam. Namun untuk kedepannya, bukanlah hal yang tidak mungkin apabila wisata ini dikembangkan lagi dan ditambah fasilitasnya apalagi jika di bawah pengelolaan pemerintah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *